12 December 2011

Bisnis Boneka Barbie Muslim


Boneka merupakan permainan tertua yang paling populer di dunia. Boneka dianggap mampu merangsang imajinasi dan melatih anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Tidak aneh bila anak-anak menjadikan boneka sebagai teman bermain sehari-hari.
Bentuk dan karakter boneka berkembang sesuai dengan budaya di tiap negara. Boneka dari Amerika tentu akan menggunakan pakaian yang sesuai dengan budaya daerah tersebut. Bila dibawa ke Indonesia bisa jadi tidak pas dengan budaya kita. 
Misalnya boneka Barbie yang berbaju bikini. Di negara asalnya bisa jadi hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Namun ketika dibawa ke Indonesia belum tentu cocok dengan budaya ketimuran kita. Apalagi dengan kebiasaan umat islam yang harus menggunakan pakaian yang menutup aurat. Tentunya ini kurang baik bagi perkembangan anak-anak kita.
Bagi anda yang jeli hal ini tentu merupakan sebuah peluang. Kenapa tidak dibuat saja barbie ala Indonesia dengan busana muslimnya? Model pakaiannya bisa anda sesuaikan dengan motif kain dari Indonesia seperti batik atau songket misalnya. Sedangkan desainnya bisa anda tiru dari pakaian muslim yang lagi tren di masyarakat. Tentunya anda juga bisa berkreasi dengan merancang sendiri mode pakaian yang sesuai dengan keinginan anda.
Agar model pakaiannya sesuai dengan keinginan anak, tidak ada salahnya menanyakan kepada anak perempuan di sekitar anda. Kalau dia suka bisa jadi produknya akan diterima oleh pasar. Karena kalau mengandalkan penilaian kita belum tentu anak-anak menyukainya. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah memilih warna bahan yang cerah seperti pink, kuning, dan merah karena lebih disukai anak-anak.
Busana Barbie muslim
Selain menjual boneka berbusana muslim anda juga bisa menjual bajunya saja secara terpisah. Biasanya harga baju Barbie muslim berkisar antara Rp. 25.000-35.000. Sedangkan boneka yang lengkap dengan busana biasanya dijual dengan harga Rp. 50.000 sampai Rp. 75.000 per buah.
Strategi penjualan
Untuk memasarkan boneka barbie muslim anda dapat menjual dengan beberapa cara. Bisa dengan menjual di toko sendiri, di pameran dan bazaar, atau menjadi supplier. Cara lain yang cukup efektif adalah dengan membuka toko online di internet.
Peluang pasar
Prospek bisnis boneka barbie muslim masih sangat luas. Selain di Indonesia juga berpeluang dipasarkan di negara-negara muslim seperti Malaysia, Singapura, Brunei dan Timur tengah. Biasanya permintaan meningkat menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri. Untuk itu anda harus siap dengan stok yang memadai untuk memenuhi permintaan konsumen.
Proses pembuatan
Untuk pembuatan baju boneka bisa anda tempuh beberapa cara. Pertama menjahit sendiri. Untuk itu anda membutuhkan mesin dan peralatannya. Cara kedua adalah dengan makloon. Anda menyuruh orang lain dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cara ketiga, membeli baju yang sudah jadi  langsung dari penjahit. Pengerjaan dan bahan-bahan disiapkan sendiri oleh penjahit. Kita tinggal membayar harga baju yang sudah jadi dengan harga yang disepakati. Biasanya berkisar antara Rp. 5000-10.000 perbuah bergantung kepada model dan bahan yang digunakan.
Namun yang perlu diperhatikan, anda harus jeli mencari mitra bisnis. Karena untuk menjahit pakaian boneka yang berukuran kecil, dibutuhkan penjahit yang memiliki ketelitian dan kesabaran ekstra.
Bahan baku
Bahan utama yang anda butuhkan adalah boneka barbie yang belum diberi baju. Anda bisa membelinya di Pasar Pagi Asemka, khususnya di toko yang menjual pernak-pernik boneka barbie. Sedangkan untuk kotak kemasan barbie bisa anda pesan sendiri ke percatakan.
Untuk bahan pakaian anda bisa membeli kain sisa pabrik atau konveksi. Kalau tidak ada, Anda bisa membeli kain meteran di toko kain yang tentu harganya lebih mahal. Sedang pernak pernik dan asesoris seperti pita, mote dan bahan lainnya bisa anda beli di toko-toko konveksi yang ada di daerah anda. Salah satu pelaku usaha boneka barbie muslim adalah  Annisa. Anda dapat  mengklik di www.bonekaannisa.wordpress.com. Selamat mencoba!

Simak juga artikel berikut :
- Bisnis Rumah Barbie
- Bisnis Barbie Mote
- Bisnis Accessories Boneka Barbie


4 comments:

  1. di manasih beli Barbi muslimnya maaf ya mengngangu nama Ku Naya saya aslinya orang pontianak Boleh tau ngak Ni kamu Beli Barbi muslimnya di mana sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tukang loak bapakke inyong..😣

      Delete
    2. Di tukang loak bapakke inyong..😣

      Delete