12 December 2011

Kiat Menjadi Supplier



Menjadi suplier di toko dan supermarket merupakan cara pemasaran yang cukup efisien dan efektif. Kita tidak harus menyewa toko sendiri dan tidak harus menggaji karyawan. Semua urusan sudah menjadi tanggungjawab pemilik toko dan supermarket. Kalaupun ada yang perlu kita siapkan biasanya hanyalah display untuk produk kita, itupun kalau diminta.
Sebelum menawarkan barang ke sebuah toko, ada baiknya anda lakukan survey terlebih dahulu. Tujuannya agar barang kita bisa bersaing dengan produk sejenis yang sudah ada. Selanjutnya bawa beberapa sample produk anda ke toko atau supermarket yang akan anda tawarkan. Temui bagian purchasing dan sampaikan bahwa anda ingin menjadi supplier di tokonya. Presentasikan produk anda dengan berbagai kelebihannya serta berikan diskon yang menarik agar toko mau memasarkan  barang Anda.  
Ada beberapa sistim pembayaran yang biasa dilakukan terhadap suplier. Ada yang membeli dengan cash tapi pembayarannya mundur 1 bulan. Ada juga yang sistim konsinyasi dengan pembayaran 1 bulan. Kelihatannya hampir sama tapi kalau sistim cash semua barang yang kita kirim akan dibeli. Kalau konsinyasi yang dibayar hanya barang yang laku. Pembayaran biasanya dilakukan lewat giro, atau kalau jumlahnya sedikit langsung ditransfer ke rekening kita.
Biasanya kalau barang kita diterima di sebuah toko atau supermarket maka bagian pembelian langsung memesan barang kita dalam jumlah tertentu. Sebaiknya anda segera mengirimkan pesanan dan jangan sampai terlambat. Karena beberapa toko tidak menerima barang kalau sudah lewat 5 hari sejak pemesanan. Jadi pastikan stok barang anda sudah tersedia ketika akan menawarkan barang. Kalau anda terlambat mengirim  bisa mengurangi kredibilitas anda sebagai suplier. 
Kirimlah barang dengan kemasan yang rapi, pastikan jumlah yang dikirim sesuai dengan yang dipesan dan buatkan nota pengiriman. Setelah dikirim pastikan nota pegiriman anda sudah ditandatangani oleh bagian penerima barang dan sudah dicap stempel. Berikan bon warna merah dan bawa bon warna putihnya yang diperlukan saat kontra bon(pengambilan nota pembayaran). Biasanya kontra bon dilakukan seminggu setelah pengiriman barang.
Setelah melakukan kontra bon maka kita akan diberikan nota pembayaran. Biasanya kita disuruh kembali untuk mengambil Giro pembayaran 2 minggu setelah kontra bon. Namun ini berbeda di setiap toko bergantung kepada kebijakan yang digunakan. Setelah waktunya tiba maka nota pembayaran akan ditukar dengan giro. Giro ini dapat anda uangkan dan transfer ke rekening anda sesuai dengan tanggal yang tercantum di giro.
Demikianlah sekelumit pengalaman sebagai supplier. Mudah-mudahan bisa menambah sedikit wawasan anda yang ingin menjadi supplier.




3 comments:

  1. Kami produsen tasbih cantik unik dan modis berminat untuk menjadi supplier http://www.refiza.com ,tapi kebanyakan menawarkan konsinyasi

    ReplyDelete
  2. mampir juga ya ke halaman webBlog kami http://kangagusservisjok.blogspot.com situs web http://karyamandirisofa.weebly.com

    ReplyDelete
  3. Ke http://CVhardjaaceh.blogspot.co.id juga ya, salam sukses

    ReplyDelete