12 December 2011

Strategi Bisnis Mainan Edukatif


Bermain merupakan aktivitas utama bagi anak-anak. Oleh karena itu agar tidak sia-sia, sebagian orang tua lebih memilih mainan yang mengandung nilai pendidikan (edutoys) buat anaknya. Mainan edukatif biasanya terbuat dari bahan kayu yang dibentuk menjadi mainan yang mampu merangsang kreatifitas, kecerdasan, dan imajinasi anak. Ada yang berbentuk benda-benda, tumbuhan, huruf, angka, gambar, dan orang. Dengan ini aktivitas bermain tidak hanya mendatangkan kesenangan tapi juga mengandung nilai pendidikan.
Bagi anda yang tertarik untuk memproduksi mainan berbahan kayu ini maka anda tidak harus menyiapkan lahan yang luas. Anda bisa menggunakan ruang atau halaman di sekitar rumah anda. Peralatan yang diperlukan antara lain: mesin bor, kompresor, mesin potong kayu, gergaji triplek, semptrotan cat, dll.
Produk
Banyak sekali ragam produk yang bisa anda buat. Antara lain : alat pertukangan, alat perkebunan, balok bangunan, balok huruf, balok kreatif hewan, balok kreatif buah-buahan, bowling kayu, puzzel, dan lain sebagainya. Disamping itu, Anda bisa berimajinasi sendiri untuk membuat produk-produk baru dengan melihat perkembangan mainan impor dan kemudian mencoba membuatnya sendiri.
Agar menarik sebaiknya produk anda dicat dengan warna yang cerah. Tentunya dengan menggunakan cat yang tidak berbahaya dan aman buat anak-anak. Biasanya dengan menggunakan cat mobil yang berkualitas. Apalagi kalau dicampur dengan cat melamin maka tampilannya akan lebih cerah. Di samping itu daya tahan warna cat mobil lebih lama dari cat kayu biasa, bahkan bisa sampai 5 tahun.
Bahan
Bahan yang digunakan biasanya palet papan ukuran 3mm-15mm. Sedangkan palet balok yang biasa digunakan berukuran 4x6x90 cm. Papan ini bisa menggunakan limbah kayu. Untuk bahan lainnya seperti cat, tiner, dan amplas bisa dibeli di toko bangunan.
Bagi anda yang masih bingung untuk memproduksi, tidak ada salahnya anda mulai dengan menjadi penjual dulu. Anda bisa membelinya di Pasar Pagi Asemka dengan harga grosir. Tapi kalau sudah kenal dengan produsennya akan lebih baik anda langsung membelinya di sana agar harganya lebih murah.
Strategi pemasaran
Untuk mempromosikan produk anda sebaiknya dibuat brosur dan katalog. Kemudian bagikan di tempat-tempat umum, ke rumah-rumah dan sekolah terutama TK dan Play Group. Apalagi kalau anda sudah merambah ke dunia maya dengan membuat website maka wilayah pemasaran anda akan lebih luas lagi. Bisa jadi konsumen anda tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri.
Menjaga hubungan baik dengan konsumen tentu sebuah keharusan agar bisa jadi pelanggan tetap. Salah satunya adalah dengan mengikuti pameran karena sangat efektif untuk berpromosi dan memperkenalkan produk anda. Kalau kita sudah punya pelanggan maka kita bisa menentukan jumlah produksi setiap bulannya karena sudah ada pesanan yang tetap. Produsen akan sangat terbantu dengan adanya pelanggan tetap. Oleh sebab itu, utamakanlah pelayanan dan servis. Berikan juga diskon yang menarik agar agen semangat untuk menjual produk kita.
Sistim pembayaran sebaiknya anda lakukan dengan cash. Hal ini untuk menghindari resiko penipuan dan kerugian. Apalagi kalau kita masih skala UKM yang modalnya harus terus berputar. Kalau ada pembayaran yang macet bisa-bisa produksi berhenti. Terutama untuk pembeli luar kota, mintalah mereka untuk mentransfer uang berikut ongkos kirimnya terlebih dahulu. Kalau uang sudah masuk baru barang dikirim. Ini semata-mata untuk menghindar dari penipuan dan kerugian. Lebih baik anda memilih bermain aman dulu dan jangan terlalu percaya kepada orang lain yang belum anda kenal. Walaupun dia berjanji akan membeli dalam jumlah banyak sebaiknya jangan tergiur dulu. 
Untuk membantu anda maka carilah karyawan yang  menyukai pekerjaan ini. sebaiknya mereka ditraining terlebih dahulu. Kalau sudah bisa maka berilah kepercayaan agar tumbuh percaya dirinya sehingga dia bisa bekerja dengan lepas dan kreatifitasnya muncul. Karena SDM merupakan aset paling penting dan berharga bagi kita.
Strategi lain yang bisa dicoba adalah dengan pemasaran dan promosi door to door, lewat arisan, dan bazzar. Anda juga bisa membuka keagenan dengan memberikan diskon yang menarik. Ada baiknya anda juga menawarkan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk menjadi agen. Mereka sering berkumpul dengan teman-temannya dan ini bisa dijadikan sarana untuk menjual produk mainan edukatif.
Salah satu pasar yang prospek adalah Play group dan TK. Seiring dengan berkembangnya pendidikan anak usia dini (PAUD) maka permintaan akan permainan edukatif terus meningkat. Karena mainan tersebut mampu merangsang daya kreativitas dan IQ anak sejak dini.Selamat mencoba!



No comments:

Post a Comment