17 December 2011

Bisnis Accessories Boneka Barbie


Saat ini bisnis boneka Barbie terus mengalami peningkatan. Kita bisa dengan mudah menemukan produknya di berbagai mall dan toko-toko mainan. Tidak sedikit anak-anak bahkan orang dewasa yang mengoleksi boneka barbie. Bahkan beberapa komunitas kolektor barbie pun mulai bermunculan.
Ini tentu merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi didorong dengan gencarnya promosi di televisi. Hal ini turut mendongkrak minat anak-anak untuk membeli boneka Barbie dengan segala pernak-perniknya.
Di sisi lain, perkembangan boneka barbie ternyata juga diikuti oleh berbagai asesorisnya. Mulai dari baju barbie, sepatu, kalung, anting, kaca mata, tas, dll. Begitu juga dengan perabotan barbie lainnya seperti tempat tidur, sofa, ayunan, kursi, dan rumah barbie. 
Namun karena barbie merupakan produk impor, sudah barang tentu harganya cukup mahal bagi sebagian orang. Hanya orang-orang berduit saja yang bisa membelinya. Sedangkan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah hanya bisa gigit jari melihat harganya yang selangit.
Hal ini mendorong munculnya boneka barbie tiruan yang lebih murah, khususnya produk buatan China. Harganya jauh di bawah boneka barbie yang asli sehingga terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
Kondisi ini juga menginspirasi sebagian pengrajin lokal untuk membuat asesoris dan pernak-pernik barbie. Efeknya usaha perlengkapan barbie  semakin bergairah dan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.
Bagi anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis boneka barbie, maka ada dua alternatif yang bisa anda coba. Pertama, menjadi produsen pernak-pernik barbie dan memasoknya ke toko-toko dan grosir. Kedua, menjadi pedagang perlengkapan barbie. Anda tinggal membeli dari pengrajin atau grosir dan menjual secara eceran.
Kalau memilih jadi produsen, anda tidak harus memproduksi semua jenis perabotan barbie. Pilihlah salah satu. Misalanya tempat tidur barbie (spring bed). Untuk membuatnya anda bisa menggunakan limbah kayu dari pabrik atau tukang kayu. 
Untuk kainnya bisa dibeli di sentra-sentra textile di daerah anda. Tidak harus membeli yang meteran, karena harganya tentu lebih mahal. Beli saja kain sisa parik atau konveksi yang biasa dijual kiloan. Harganya akan jauh lebih murah. Pilihlah motif kain yang lucu dengan warna yang cerah khas anak-anak. Tentu akan lebih baik kalau motifnya boneka barbie. Khusus bagi anda yang tinggal di Bandung bisa membelinya di sentra kain Cigondewa atau di jalan Tamim, Pasar Baru.
Strategi lain adalah datang langsung  ke beberapa usaha konveksi yang ada di sekitar anda. Belilah sisa-sisa kain dengan minimal ukurang setengah meter persegi. Ini sudah cukup untuk membuat satu stel baju barbie. Anda bisa membelinya perkilo atau perkarung kalau stoknya memang banyak. Memang tidak ada harga standar jadi bergantung kepada negosiasi saja. Untuk itu pandai-padailah menawar agar dapat harga yang pantas. 
Lalu bagaimana dengan modelnya? Untuk modelnya anda bisa tiru spring bed barbie yang sudah ada di pasaran. Tidak ada salahnya anda membeli satu buah untuk dipelajari bahan-bahan dan cara pembuatannya.
Kalau sudah jadi anda bisa menjualnya ke toko grosir dan pengecer. Biasanya dijual dengan harga Rp. 10.000-15.000/buah. Namun semuanya tentu kembali kepda biaya produksi yang telah anda keluarkan. Hitunglah harga bahan, upah pengerjaan, biaya operasional, dan keuntungan yang anda inginkan.
Pernak pernaik lain yang bisa anda buat adalah baju barbie, khususnya bagi anda yang memiliki keterampilan menjahit. Agar ukurannya pas, ada baiknya anda membeli satu buah boneka barbie dan menyesuaikan ukuran baju yang anda buat.
Untuk membuat baju barbie memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Bagi anda yang terbiasa membuat baju ukuran standar, tentu butuh penyesuaian untuk membuat baju barbie yang berukuran kecil. Tapi kalau sudah terbiasa, dijamin anda tidak akan kesulitan.  
Untuk anda ketahui, baju barbie yang dijual di pasaran terdiri dari beberapa tipe. Baju kualitas rendah di pedagang grosir biasanya dijual Rp. 2000 perbuah. Untuk itu Anda bisa saja menjual baju barbie buatan anda Rp. 1.250-1.500/buah ke toko grosir. Namun harga biasanya disesuaikan dengan jumlah pesanan. Semakin banyak jumlah pembelian biasanya harga lebih murah. Sedangkan baju kwalitas 1, khususnya barbie muslim dijual eceran Rp. 15.000-20.000 perbuah. Sebagai produsen kita bisa menjual ke grosir dengan harga Rp. 5000-7000 perbuah.
Strategi Bisnis
Untuk berbisnis pernak pernik barbie sebaiknya anda membeli langsung ke pengrajin, bila anda belum bisa memproduksi sendiri. Karena harganya lebih murah di banding toko grosir. Beberapa pengrajin yang bisa anda kunjungi adalah ”Para Handycraft” yang berlokasi di jalan R.S. Fatmawati.  Tepatnya di depan rumah sakit Fatmawati Jakarta selatan. Sedangkan di Bandung anda bisa ke toko ”Carrisa” di jalan BKR yang terkenal dengan rumah barbie-nya.   
Selain itu ada juga bisa langsung berbelanja ke Pasar Pagi Asemka, Jakarta. Lokasinya tepat di bawah jembatan tol yang melintasi Pasar Pagi. Di sana dijual boneka barbie dengan berbagai pernak-perniknya, baik buatan lokal maupun impor.
Harga jual di toko grosir pun beragam. Boneka barbie tanpa baju biasanya dijual Rp. 10.000 perbuah, kasur berbagai model Rp. 17.000, meja rias Rp. 15.000, ayunan Rp. 20.000, sofa Rp. 20.000, sepatu Rp. 6000/lusin, dan baju Rp. 24.000 perlusin. Saat ini bisa jadi harga sebagin produk sudah mengalami kenaikan. Untuk itu ada baiknya anda langsung datang ke lokasi.   
Bagaimana dengan harga jual? Biasanya harga jual untuk kasur berkisar antara Rp. 30.000-40.000 perbuah, meja rias Rp. 30.000, lemari Rp. 25.000, meja makan Rp. 35.000, ayuan Rp. 40.000, kursi goyang Rp. 15.000 dll. Inilah gambaran harga sebagian dari pernak pernik barbie. Pada akhirnya Anda bisa menetapkan harga sesuai dengan kualitas bahan dan modelnya. Selamat mencoba!


6 comments:

  1. untuk peminat rumah barbie dibilangan jakarta barat, tanggerang dan sekitarnya. silahkan kunjungi toko kami yang menjual rumah barbie dengan kwalitas terbaik. atau bisa juga dengan melihat produk kami di www.barbiekebonjeruk.blogspot.com,dan kami akan mengirim pesanan langsung ke lokasi anda.

    ReplyDelete
  2. Permisi kamu belinya di mana nama ku naya saya aslinya orang pontianak
    kalimantan boleh tau ngak kamu beli tempat tidur nya di mana sih aku boleh tau ngak

    ReplyDelete
  3. Utk peminat aksesoris rumah boneka barbie bisa cek www.minicraft.weebly.com

    ReplyDelete
  4. Untuk furniture barbie,blythe,pullip bisa cek di www.minicraft.weebly.com

    ReplyDelete
  5. PT.GOLDEN INDAH PRATAMA, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door Undername Import , Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.
    Tujuan kami adalah untuk menawarkan pelanggan kepuasan dan kepercayaan pada saat mereka melakukan pengiriman udara bersama kami, Jaringan bisnis memungkinkan kami untuk menyediakan tabungan kepada pelanggan kami. Jaringan kami di seluruh dunia memberikan bantuan profesional dari titik asal ke titik pengiriman, sesuai dengan harapan pelanggan kami, Kami telah fokus pada pengembangan jaringan global terpadu angkutan untuk setiap bagian dari dunia, lebih cepat dan lebih aman dibandingkan dengan perusahaan lain.
    Melalui jaringan ini, kami menawarkan pelanggan efisiensi biaya, metode transportasi canggih, tenaga kerja lokal yang profesional dan ketersediaan dari perusahaan kami sebagai berikut :
    Air Freight
    Under Name Import (Perusahaan)
    Customs Clearance Import (Resmi)
    Customs Clearance All-In Import (Borongan)
    Customs Clearance Door To Door Import
    Domestics ke seluruh indonesia
    Adapun Operasional perusahaan kami Import customs clearance service :
    – Di Pelabuhan Tg Priok ( Jakarta )
    – Di Bandara Soekarno – Hatta
    – Di Pelabuhan Tg Perak ( Surabaya )
    – Di Pelabuhan Tg Emas ( Semarang )
    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Service lain, diperkuat dengan MOU Bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.
    Upaya ini telah memberikan perusahaan kami kepercayaan luar biasa dari pelanggan dan jauh lebih baik dari ratusan perusahaan, kita memperlakukan setiap pengiriman pelanggan kami secara individual dan menjamin pelanggan kami informasi yang lengkap dan perawatan profesional mengingat setiap pengiriman adalah prioritas. Konsep ini membantu kita mempercepat pengiriman pelanggan kami sesuai jadwal, Jaringan luas profesional yang berpengalaman yang menyediakan koneksi global yang fleksibel. Hal ini memungkinkan kita untuk merespon secara khusus persyaratan pengiriman pelanggan kami.

    Golden cargo your import solution….

    VIA DARAT,LAUT,DAN UDARA
    AMAN – CEPAT - MURAH

    PT.GOLDEN INDAH PRATAMA
    IRFAN
    082274217926
    081311353634
    irfanimport93@gmail.com
    jl.Raya Otista 141,Kel.Bindaracina,Kec.Jatinegara,Jakarta Timur

    ReplyDelete