17 December 2011

Bisnis Barbie Mote



Perkembangan mainan Barbie mengalami peningkatan yang signifikan akhir-akhir ini. Berbagai model busana dan kreasi muncul berkaitan dengan boneka Barbie. Salah satunya adalah baju Barbie dari bahan mote. Uniknya, boneka ini tidak hanya berfungsi sebagai mainan tapi juga berfungsi sebagai tepat tisu.
Sebenarnya kerajinan dari bahan mote sendiri sudah lama dikenal. Namun beberapa waktu belakanga ini cukup pesat perkembangannya. Orang membuat berbagai pernak-pernik dan asesoris dari mote seperti tas, dompet, boneka, dan baju barbie. Hal ini merupakan peluang bisnis tersendiri bagi pengrajin boneka barbie. Kalau anda tertarik, tidak ada salahnya anda mencoba bidang usaha ini.
Peluangnya cukup menjanjikan seiring dengan perkembangan boneka Barbie itu sendiri. Orang akan selalu mencari produk yang unik dan berbeda. Untuk itu membuat barbi dengan baju mote merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Modal dan Bahan
Modal awal bisa disesuaikan dengan kemampuan dan skala bisnis yang akan anda jalani. Minimal dengan uang Rp. 500.000 anda sudah bisa memulai usaha ini. Dengan uang sejumlah itu anda sudah bisa membeli mote, tali senar, tempat tisu dan boneka barbie.
Boneka barbie sendiri bisa anda beli di toko mainan dengan harga sekitar Rp. 10.000 perbuah. Tapi kalau membeli lusinan bisa lebih murah, sekitar Rp. 8000 perbuah. Sedangkan mote dan tali senar bisa anda beli di toko bahan-bahan konveksi.
Perlu anda ketahui, untuk membuat sebuah baju barbie dibutuhkan puluhan bahkan ratusan biji mote. Untuk itu diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam merangkai mote-mote tersebut. Kalau sabar dan tekun dijamin anda akan enjoy mengerjakannya.
Bahan lain yang diperlukan untuk membuat boneka barbie besar adalah wadah tisu roll(gulung). Tujuannya agar boneka barbie bisa berdiri dan bisa digunakan sebagai tempat tisu. Sedangkan untuk boneka kecil menggunakan wadah tusuk gigi agar bisa berdiri. Kedua bahan itu bisa anda beli di toko peralatan rumah tangga.
Mote yang biasa digunakan adalah mote padi yang harganya sekitar Rp. 18.000/pon (1/2 kg), mote bunga Rp. 28.000/pon, mote persegi Rp. 25.000/pon, mote pelangi Rp. 27.000/pon, boneka barbie Rp. 96.000/lusin, tali senar Rp. 3000/rol, dan tempat tusuk gigi 300/buah.
Untuk boneka besar bisa menghabiskan mote sebanyak lima ons. Sedangkan untuk boneka kecil menghabiskan 4 ons mote. Biasanya 1pon mote berisi 2000 buah mote ukuran 5mm.
Cara Pembuatan
Bagi anda yang belum tahu cara membuatnya tidak usah khawatir. Beberapa toko konveksi juga mengadakan kursus pembuatan kerajinan mote. Salah satunya adalah toko Hosana di jalan Sudirman, Bandung. Disamping menjual bahan-bahan konveksi, Hosana juga mengadakan kursus pembuatan berbagai kerajinan. Bahkan pernah dengan biaya Rp. 10.000 anda sudah bisa mengikuti pelatihan untuk satu kali pertemuan. Targetnya anda memiliki keterampilan dasar untuk membuat sebuah kerajinan. Selanjutnya tinggal mengembangkan kreasi anda sendiri.
Untuk lebih memudahkan ada baiknya anda memiliki buku keterampilan mote di rumah. Namun sayangnya buku karangan penulis Indonesia masih agak sulit dicari. Yang ada justru buku import dari Jepang dan Thailand yang harganya cukup mahal. Tapi kalau anda punya budgetnya tidak akan rugi membeli buku itu. Disamping banyak contoh-contohnya anda juga diajarkan secara detil, sehingga lebih mudah memahaminya.
Untuk membantu mengerjakannya anda bisa saja merekrut karyawan. Upah sebaiknya dibayar berdasarkan baju yang dihasilkan. Untuk satu buah baju barbie mote ukuran standar anda bisa membayar upah Rp.10.000-15.000/buah. Sedangkan untuk baju boneka kecil Rp. 5000-7000 perbuah. Namun semua bahan yang dibutuhkan harus anda sediakan. Biasanya dalam 1 hari, satu orang bisa menghasilkan dua buah busana barbie ukuran besar.
Jadi, kalau 5 hari kerja dalam seminggu maka bisa dihasilkan 10 baju dalam seminggu. Sehingga dalam satu bulan karyawan bisa mendapatkan penghasilan Rp. 400.000 – 600.000. Tentu tidak ada salahnya memberikan bonus tambahan kepada karyawan bila penjualan anda melebih target.
Saya yakin kalau anda serius menekuni usaha ini, maka investasi yang anda gunakan akan kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama. Percayalah tidak akan rugi berinvestasi untuk penambahan ilmu dan wawasan. Apalagi ilmu yang bisa digunakan sebagai lahan usaha.
Model
Model pakaian barbie mote bisa anda tiru dari baju-baju barbie yang sudah ada disamping membuat kreasi sendiri. Namun model baju ala putri kerajaan Eropa lebih banyak dipakai saat ini. Sedangkan untuk warna mote sebaiknya menggunakan warna cerah seperti pink, hijau, biru, dan kuning. Agar lebih menarik anda bisa mengombinasikan warna-warna tersebut.
Harga Jual
Harga jual barbie mote ukuran standar berkisar antara Rp. 75.000-100.000 perbuah. Untuk boneka yang lebih kecil Rp. 35.000-50.000 perbuah. Sedangkan harga barbie mote yang merangkap sebagai tempat tisu berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 250.000 perbuah. Untuk pembeli partai  anda bisa memberikan diskon 20-30%. Namun pada akhirnya harga bergantung pada tingkat kerumitan, mode pakaian, dan bahan yang digunakan.
Segmen pasar
Segmen pasarnya adalah anak-anak terutama pencinta boneka barbie. Namun tidak sedikit ibu-ibu yang menyukainya. Biasanya mereka menggunakan boneka barbie baju mote sebagai pajangan dan tempat tisu.
Pemasaran
Untuk pemasaran bisa anda awali dengan mengikuti bazaar-bazaar. Pilihlah event yang diadakan di tempat yang ramai. Dengan bazaar, biayanya lebih murah dan lebih cepat laku. Atau kalau anda punya budget bisa menyewa counter di mall-mall yang rame di kota anda.
Omset
Omset bergantung kepada jumlah boneka yang bisa anda produksi dan strategi penjualan yang anda terapkan. Kalau anda bisa menjual 100 buah boneka per bulan dengan harga rata-rata Rp. 75.000, misalnya maka anda bisa memperloh omset 7.5 juta rupiah. Bila anda mematok keuntungan 50% dari harga jual, anda sudah bisa mengantongi keuntungan sebesar Rp. 3.750.000/bulan. Kalau anda bisa memproduksi dan menjual lebih dari itu tentu omset pun akan meningkat sesuai dengan tingkat penjualannya. Selamat mencoba!  





No comments:

Post a Comment