12 December 2011

Prospek Bisnis Produk Anak


Anak merupakan investasi masa depan. Oleh karena itu, orang tua bekerja keras agar anaknya bisa sukses dan bahagia. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas.
Namun orang tua tidak ingin masa belajar sang buah hati menjadi sesuatu yang membebani. Orang tua berusaha agar proses belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak, bukannya menjadi sesuatu yang membosankan.
Untuk itu, berbagai sarana penunjang belajar disiapkan oleh orang tua. Seperti permainan edukatif yang bermanfaat untuk merangsang imajinasi, kreativitas, dan motorik anak. Peluang ini mendorong munculnya berbagai permainan edukatif lainnya dari berbagai jenis bahan.
Disamping itu muncul pula berbagai alat  peraga pendidikan. Salah satunya adalah poster-poster yang memudahkan anak dalam belajar membaca, berhitung, atau mengenal lingkungannya. Sebagian besar poster-poster peraga ini masih didominasi oleh produk-produk dari Cina.
Yang tidak kalah maraknya adalah berbagai perlengkapan alat tulis yang dibuat menarik dan penuh warna warni. Antara lain buku tulis, pensil, tas sekolah, penghapus, tempat pensil, dan berbagai perlengkapan sekolah buat anak. Semuanya itu tentu berperan dalam mendorong minat anak untuk belajar.
Berbagai produk kebutuhan anak di atas jelas merupakan peluang bisnis yang menarik bagi anda. Disamping  pasarnya sudah jelas, barangnya pun mudah didapatkan di pusat-pusat grosir di kota anda.
Berbisnis produk anak cocok untuk UKM atau pengusaha pemula. Disamping modalnya tidak terlalu besar, pasarnya juga luas dan tidak ada matinya. Karena setiap hari ada saja anak yang lahir dan sudah barang tentu harus dipenuhi segala kebutuhannya. Selama ada kelahiran maka kebutuhan akan produk anak akan terus ada.
Kalau tertarik, anda bisa memilih untuk menjadi produsen atau hanya sebagai penjual. Kalau pilihan bisnis anda menjadi produsen maka anda harus mulai dari awal. Mulai dengan membeli bahan baku dan memproduksi sampai jadi barang yang siap jual. Kalau memilih jadi penjual Anda tinggal belanja di toko grosir kemudian menjualnya secara eceran.
       Salah satu sentra grosir produk anak adalah Pasar Pagi (Asemka), Jakarta. Hampir semua kebutuhan anak mulai dari asesoris, mainan, kebutuhan sekolah, dan perlengkapan bayi ada di sana. Harganya yang murah apalagi jika membeli dalam partai besar membuat pasar ini tidak pernah sepi dari pembeli.
Untuk diketahui, Pasar Pagi tidak hanya dikunjungi oleh pedagang dari Jakarta tapi juga di kunjungi oleh pedagang dari sekitar Jakarta bakan dari luar pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena Pasar Pagi lebih lengkap dari segi produk dan merupakan pusat pendistribusian produk-produk impor khususnya dari China yang sedang laku di pasaran.
Bagi yang tidak mungkin ke Jakarta karena kendala jarak yang jauh, tidak usah kecewa. Anda bisa mencari grosirnya di daerah terdekat anda. Karena sebagian besar produk di daerah juga berasal dari Pasar Pagi yang dibeli langsung oleh pedagang grosir daerah. Untuk dapat menemukan toko grosir maka rajinlah berjalan-jalan mengelilingi pasar-pasar di kota anda terutama pasar grosir yang menjual dalam partai besar. Semoga sukses! 


No comments:

Post a Comment