29 November 2011

Agen Koran dan Majalah




Perkembangan internet saat ini membuat minat orang untuk membaca koran agak berkurang, terutama di kalangan anak muda. Namun bagi orang tua yang belum akrab dengan internet, membaca koran masih menjadi kebiasaannya setiap hari.
      Bagi orang tua yang sudah pensiun tentu memiliki banyak waktu luang. Untuk mengisi waktu, kegiatan membaca adalah sesuatu yang mengasyikkan bagi mereka. Bahkan setiap pagi orang tualah yang paling duluan membaca Koran. Mereka tidak harus buru-buru berangkat ke kantor, sehingga begitu koran datang  merekalah yang paling duluan membacanya.
Berbeda halnya dengan anak muda atau orang dewasa, terkadang mereka tidak sempat membaca koran pagi-pagi karena harus ke sekolah atau ke tempat kerja. Terkadang karena sibuk seharian, mereka tidak sempat membaca koran. Bagi mereka mungkin tidak masalah tidak baca koran barang sehari tapi bagi orang tua yang memang tidak lagi bekerja, sehari tidak baca koran rasanya ada sesuatu yang kurang. Mereka merasa ketinggalan informasi terkini.
Apalagi mereka sudah tidak terlibat lagi dengan aktifitas sehari-hari sehingga terkadang mereka merasa ketinggalan informasi. Untuk itu mereka memilih untuk membaca koran sebagai sumber informasi dan penambah wawasan.
Hal itu akan terasa ketika mereka bertemu dengan teman sebayanya ketika jogging, senam, atau di pengajian. Mereka biasanya membicarakan isu-isu terkini yang sedang  banyak diperbincangkan. Sehingga kalau tidak baca koran bisa-bisa mereka tidak nyambung bila ngobrol dengan teman sejawat.

Memulai Usaha
Sama halnya dengan bisnis yang lain, anda harus mengenal dulu seluk beluk bisnis ini. Proses pengenalan yang paling efektif adalah dengan magang dan terlibat dengan bisnis yang akan anda tekuni beberapa waktu. Minimal satu bulan sampai anda memamahi seluk-beluk bisnis tersebut sehingga anda tahu apa yang harus dilakukan ketika akan menjalani usaha ini.
Carilah kenalan agen koran yang ada di sekitar anda. Sering-seringlah main ke sana dan melihat bagaimana aktifitas bisnisnya. Kalau anda bisa magang dan bekerja di sana beberapa waktu akan lebih baik sampai anda siap untuk mandiri. Kalaupun tidak magang, dengan mengamati setiap hari pun anda sudah bisa mencobanya sendiri. Kenalilah dimana dia mengambil korannya, berapa harga dari distributor dan bagaimana strategi mencari pelanggan.
Kalau anda sudah paham selum beluknya maka tidak ada salahnya anda mencoba sendiri. Dengan modal yang anda miliki mulailah untuk berbisnis agen koran. Jangan menunggu modal gede dulu. Nanti kalau usaha anda sudah mengalami peningkatan maka tidak ada salahnya anda berpikir untuk menambah modal, apakah dari tabungan anda ataupun dari pinjaman.
Selanjutnya carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan dan di tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Kemudian kenali lokasi pendistribusian koran dari penerbit. Kalau di Bandung lokasinya yang terkenal adalah di Cikapundung dekat gedung Merdeka, jalan Asia Afrika. Anda harus datang subuh-subuh agar tidak kehabisan Koran dan tidak kelamaan antri. Biasanya para loper Koran sudah datang jam 4 subuh. Bahkan sebagian ada yang datang sebelum itu. Hal ini disebabkan karena ratusan loper Koran tumplek di sana untuk mendapatkan jatah Koran yang akan di jual.  
Setelah mengambil dari distributor, anda harus segera menggelar dagangan anda. Sambil menunggui kios sebaiknya anda menawarkan untuk berlangganan koran kepada konsumen. Buatlah brosur sederhana. Tulislah nama Koran yang bisa menjadi alternatif pilihan konsumen untuk berlangganan dan cantumkan harga berlangganan serta nomor telepon anda. Sehingga kalau ada yang berminat untuk berlangganan dia bisa langsung menghubungi anda.
Kalau anda sudah memiliki beberapa orang pelanggan maka sudah saatnya anda memiliki asisten. Apakah dia yang mengatarkan Koran ke pelanggan anda atau dia yang menunggui kios Koran anda. Tapi ada baiknya anda dulu yang mengantarkan koran ke pelanggan untuk mengenal alamat dan sekaligus untuk menyebarkan brosur usaha anda. Untuk sementara kios anda bisa ditunggui oleh asisten.
Sebaiknya anda jangan terburu-buru mencari karyawan tetap yang harus digaji tiap bulan, karena resikonya cukup besar kalau tiba-tiba usaha anda macet. Ajaklah adik atau saudara anda untuk membantu menunggui kios saat anda mengantarkan Koran ke tempat langganan. Diberi sedikit uang jajan pun dia sudah senang.
Kalau langganan anda sudah banyak maka anda harus siap-siap dengan modal tambahan, karena pembayarannya perbulan. Disamping itu Anda juga harus teliti dalam membuat fakturnya jangan sampai ada yang salah. Karena bisa-bisa tagihan anda tidak bisa dicairkan karena fakturnya hilang atau anda lupa mencatatnya.

Strategi Usaha
Harga berlangganan yang lebih murah dari harga eceran bisa menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen untuk memilih berlangganan. Hal ini bisa menjadi sarana promosi anda kepada pelanggan. Sampaikan apa keuntungannya kalau berlangganan. Disamping harga yang lebih murah, tidak usah capek datang ke kios Koran setiap hari, cukup menuggu di rumah setiap pagi sehingga menghemat ongkos.
Walaupun dengan berlangganan keuntungan anda lebih kecil dari pada eceran namun jumlahnya banyak dan rutin setiap hari jadi tetap saja untungnya lumayan. Apalagi pendapatan anda sudah jelas setiap bulannya. Kalau anda bisa terus menarik orang berlangganan Koran di tempat anda maka keuntungan anda akan terus berlipat.  
Untuk itu hubungan baik dengan setiap konsumen dan pelanggan mutlak diperlukan. Sikap yang ramah dan sopan akan membuat orang tertarik berlangganan Koran dengan anda. Begitu juga dengan pelanggan yang sudah ada, tidak berpaling ke orang lain, karena merasa puas dengan pelayanan anda. Jangan hanya sibuk mencari pelanggan baru, karena  mempertahankan pelanggan yang sudah ada juga penting. Ingat, bisnis agen Koran juga bisnis jasa yang sangat mementingkan kepuasan konsumen, bukan hanya sekedar jualan Koran.
Hal lain yang perlu anda ingat adalah waktu mengantarkan korannya. Semakin pagi semakin disukai oleh pelanggan. Biasanya pelanggan ingin segera mendapatkan informasi terbaru dari media massa. Kalau anda sering kesiangan mengantarkan korannya, siap-siap saja pelanggan akan kecewa dan beralih ke agen lain.
Di samping waktu pengiriman Koran, yang juga perlu diperhatikan adalah teknik penyimpanan Koran di rumah pelangan. Jangan asal lempar karena bisa-bisa korannya sobek atau terkena air hingga basah. Kalau sudah begini siap-siap pelanggan kecewa dan komplain.   Kalaupun terpaksa harus dilempar, sebaiknya Koran digulung dan diikat dengan karet agar tidak mudah sobek.
Lihatlah kondisi teras rumah langganan anda apakah basah atau tidak. Kalau basah bisa-bisa koranya ikut basah. Jadi intinya berikan Koran sebaik mungkin. Tentu berbeda halnya kalau anda bisa langsung masuk ke pekarangan rumah dan langsung menyerahkan ke pelanggan, ini akan lebih baik.

Analisa Usaha
Modal awal Rp. 4.000.000
Kios Rp. 500.000
Kulakan awal Rp. 3.000.000
Biaya operasional per bulan  Rp. 500.000
Pemasukan perbulan    Rp. 2.000.000
Laba perbulan      Rp. 1.500.000
Perhitungan balik modal Rp. 4.000.000 : Rp. 1.500.000 = 2.6 bulan


No comments:

Post a Comment

Post a Comment