04 May 2018

KUNCI SUKSES KEPEMIMPINAN


Setiap saat lahir pemimpin-pemimpin baru di dunia ini. Baik dalam bidang politik, bisnis dan sosial kemanusiaan. Sebagian menganggap bahwa pemimpin itu dilahirkan.Dia sengaja ditakdirkan menjadi pemimpin. Tapi realitanya seorang pemimpin justru diciptakan. Mereka sengaja mempersiapkan diri menjadi pemimpin.

Pemimpin adalah orang yang telah membekali dirinya dengan perangkat-perangkat yang memungkinkan dia menjadi pemimpin. Apa saja perangkat-perangkat itu? Berikut akan dibahas 3 hal yang membuat seseorang bisa jadi pemimpin.

Pertama, pengaruh.
Tidak bisa dipungkiri pemimpin adalah orang yang paling berpengaruh dalam sebuah organisasi [masyarakat]. Dengan keilmuan, keahlian dan berbagai kelebihan yang dimilikinya dia bisa mempengaruhi komunitasnya sehingga dengan sukarela mengangkatnya jadi pemimpin.

Namun Hal ini lebih terlihat dalam kepemimpinan informal.  Karena dalam kepemimpinan formal seperti kepala daerah belum tentu memiliki pengaruh terhadap masyarakat. Justru yang berpengaruh adalah para pimpinan informalnya.

Jadi yang disebut sebagai pemimpin sejati adalah pemimpin yang diakui dan bisa mempengaruhi masyarakat. bukan pemimpin formal pemerintahan karena mereka belum tentu memiliki pengaruh di masyarakat. Pengaruhnya hanya bersifat formal.

Nilai seorang pemimpin justru dilihat dari pengaruhnya. Seberapa besar pengaruhnya sebesar itulah kepemimpinannya. Salah satu kunci yang membuat orang berpengaruh adalah kredibilitas [kepercayaan]. Orang percaya karena perkataannya sama dengan perbuatannya. Apa yang dia katakan itu yang dia lakukan.

Kedua, disiplin diri
Seseorang tidak akan sukses di bidang apapun tanpa kedisiplinan. Begitu juga dengan pemimpin, dia akan sukses bila terus berbuat baik bagi orang lain secara konsisten dan disiplin.

Tidak dipungkiri disiplin berat bagi orang yang tidak terbiasa. Tapi bagi orang yang sudah komitmen, disiplin merupakan rutinitas yang tidak memberatkan. Makanya tidak aneh orang yang disiplin dan konsisten akan menjadi pemimpin yang sukses.

Ketiga, keteladanan.
Pemimpin yang hebat adalah yang bisa melahirkan pemimpin-pemimpin lainnya. Dia menularkan kepemimpinannya tanpa takut tersaingi. Justru dia memberikan kesempatan bila ada anggotanya yang lebih baik darinya untuk memimpin.

Contoh terbaik dalam hal ini adalah nabi Muhammad saw. beliau berhasil menjadikan pengikutnya menjadi pemimpin- pemimpin yang berhasil di bidangnya masing-masing. Beliau memimpin dengan keteladanan, sesuai perkataan dan perbuatan, lembut dalam bertutur kata, santun, dan membaur dengan umatnya.

Pantas bila beliau terpilih menjadi pemimpin paling berpengaruh di dunia. Sebagaimana ditulis dalam buku “Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah” karya Michael H. Hart.
Sumber: www.Arryrahmawan.net

No comments:

Post a Comment