27 November 2011

Pentingnya Komunitas bisnis



Salah satu sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial adalah selalu ingin berteman. Mereka akan selalu mencari teman dan kelompok yang memiliki kesamaan dalam minat, kegemaran, hobi, dan prinsip. Dalam komunitas itu pada akhirnya akan timbul interaksi yang kemudian melahirkan visi, misi, dan aksi bersama.

Dalam dunia entrepreneur juga dibutuhkan adanya komunitas. Banyak sekali manfaatnya, antara lain: pertama, dengan adanya komunitas akan timbul akselerasi atau percepatan pertumbuhan usaha anggota. Kedua, dalam komunitas yang baik biasanya antar anggota akan saling mendukung satu sama lain. Ketiga, segala potensi yang ada akan tergali dan terlatih. Keempat, adanya bantuan atau peluang modal usaha, bantuan konsultasi dan bimbingan usaha, pertukaran informasi, pelatihan, riset. Dengan adanya manfaat di atas setiap anggota akan terpacu untuk maju dan berkembang.

Sudah barang tentu dengan adanya komunitas mereka akan semakin kuat. Oleh karena itu, komunitas(berjamaah) wajib hukumnya bagi entrepreneur. Kalau kita bekerjasama tentu  akan lebih mudah berhubungan satu sama lain karena sudah saling kenal, apalagi dalam satu komunitas. Dalam sebuah komunitas ada kesadaran bahwa kesuksesan kita adalah ketika kita berhasil mensukseskan orang lain.

Menurut Purdie E Chandra, owner Primagama, Komunitas bisnis berpeluang besar untuk menjadi sebuah jaringan bisnis yang kuat dan kokoh. Karena sesama entrepreneur akan tercipta kepercayaan yang kuat. Hal ini sangat diperlukan karena dalam bisnis kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses. Apalagi dengan semakin banyak anggota komunitas bisnis maka semakin banyak peluang usaha yang bisa dibidik dan eksekusi.

Beberapa keuntungan lain bergabung dengan komunitas bisnis diantaranya: anggota akan termotivasi dan berani untuk terus menjadi entrepreneur. Kedua, dunia bisnis penuh dengan tantangan dan resiko sehingga komunitas bisa dijadikan sarana untuk curhat, konsultasi, pengembangan jaringan, dan mempererat persaudaraan.

Karena dalam sebuah komunitas biasanya ada Network, bertemunya peluang, Sharing ilmu, informasi, dan konsultasi Permasalahan. Sehingga dengan potensi kecil bila berkumpul akan lebih kokoh dan kuat. Harapannya komunitas mampu menumbuhkan minat serta berperan dalam pengembangan kewirausahaan. Hal ini tentu mendorong lahirnya entrepreneur baru, menjalin kekuatan bersama untuk saling memajukan usaha, menjadi wadah berkumpul calon entrepreneur dan praktisi entrepreneur

Disamping itu, sebuah komunitas juga berfungsi sebagai wadah belajar, sarana mencari informasi, peluang bisnis, menjadi simpul penghubung antara entrepreneur dengan pihak-pihak yang peduli dengan pengembangan entrepreneur. Wallahua’lam.***





No comments:

Post a Comment