06 May 2018

KIAT PERCAYA DIRI BAGI PEMIMPIN


Percaya diri merupkan modal utama seorang pemimpin dan sangat membantu dalam segala aktifitasnya. Lalu bagaimana cara membangkitkan percaya diri seorang pemimpin? Berikut paparannya:

Pertama, mengubah sikap mental. cara-cara yang dapat dilakukan antar lain:
1] Berbicaralah terus terang dan apa adanya. Jangan merekayasa pembicaraan dengan berbohong agar kelihatan bagus dan menarik.
2] Percayalah bahwa kita bisa menjadi yang terbaik.
3] Jangan takut kepada manusia tapi takutlah hanya kepada tuhan.
4] Sadarilah bahwa setiap orang memiliki keunikan. Tidak ada orang yang sama persis di dunia ini. Sidik jari berbeda, suara berbeda, bahkan wajah pun berbeda satu sama lain. Kesadaran bahwa diri kita unik dan tidak ada duanya bisa menimbulkan percaya diri.
5] Tetapkan sasaran organisasi dan buatlah rencana yang jelas untuk meraihnya. Uraikan  menjadi sasaran jangka panjang dan jangka pendek. Dengan adanya kejelasan tujuan organisasi maka kita akan merasa optimis dalam menjalani amanah sebagai pemimpin.
6] Sadarilah bahwa kekuatan spiritual adalah kekuatan yang paling besar di dunia yang mampu memecahkan berbagai masalah. Tanpa melibatkan Tuhan dalam setiap aktivitas kepemimpinan maka kita akan didera ketegangan, kecemasan dan stres.
7] Yakinlah bahwa tidak ada pemimpin yang bisa tenang kecuali dengan melibatkan tuhan dalam kepemimpinannya.
8] Penuhilah otak dengan pikiran-pikiran keberhasilan. Buang segera pikiran negatif yang tidak bermanfaat dan merusak. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan membaca buku-buku motivasi, menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif, dan bergaul dengan orang-orang yang positif.
9] Hilangkan perasaan bersalah, akut dan khawatir. Hal itu akan membuat kita semakin tertekan dan terpuruk. Sibukkan diri dengan melakukan hal-hal yang positif dan produktif. 
10] Lakukan introspeksi diri secara rutin. Inilah kebiasaan orang-orang sukses. seorang pemimpin konsisten melakukannya akan merasakan manfaatnya yang sangat dahsyat.
11] Hindari alasan. Jangan suka berdalih dan mencari-cari alasan bila ada suatu pekerjaan yang tidak beres. Akuilah kesalahan dan segera minta maaf.
12] Gunakan daya imajinasi. Biasakan bermimpi tentang visi dan cita-cita organisasi. pemimpin yang tidak mempunyai mimpi cendrung tidak bersemangat dan tidak percaya diri. Percayalah, mimpi yang divisualisasikan berulang-ulang dan terus-menerus akan membimbing kita untuk meraihnya.
13] Jangan takut gagal. Kegagalan adalah sesuatu yang biasa dialami oleh seorang pemimpin yang ingin sukses. Oleh karena itu, tidak perlu ditakuti. Yang penting kita berusaha  semaksimal mungkin. Tidak semua hal bisa dikendalikan oleh pemimpin. Kegagalan kadang memberitahukan kepada kita cara-cara yang tidak bekerja sehingga terdorong mencari cara yang lebih efektif.
14] Perhatikanlah penampilan. Penampilan yang menarik akan menambah percaya diri seorang pemimpin.
15] Simpanlah catatan sukses masa lalu. Ada baiknya seorang pemimpin menyimpan catatan sukses masa lalu. Hal ini untuk menunjukkan kepada diri sendiri bahwa kita adalah orang yang berprestasi. Sekecil apapun prestasi yang pernah kita raih akan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Kedua, mengubah cara kita bertindak. Hal-hal yang bisa kita lakukan antar lain:
1] Biasakanlah untuk duduk di kursi terdepan bila mengikuti pelajaran di kelas, rapat, seminar, training dan acara lainnya. Hal ini akan melatih kepercayaan diri kita. Orang yang selalu memilih untuk duduk di kursi belakang adalah ciri orang yang kurang percaya diri.
2] Biasakanlah mengadakan kontak mata ketika berbicara dengan orang lain. Dengan menatap mata lawan bicara secara wajar akan menunjukkan kepercayaan diri dan ketulusan kita. Orang merasa kurang dihargai bila pandangan mata kita tertuju ke yang lain ketika sedang berbicara.
3] Berjalanlah lebih cepat. Hal ini menunjukkan bahwa seorang pemimpin mempunyai tujuan jelas yang akan dicapai. Salah seorang pemimpin yang dikenal jalannya cepat adalah nabi Muhammad. Beliau kalau sedang berjalan seolah berjalan dengan merunduk seakan-akan jalanannya menurun.
4] Tersenyum lebar. Tersenyumlah dengan sungguh-sungguh jangan setengah-setengah.  Senyum yang sungguh-sungguh dan tulus dapat menurunkan stres dan berdampak besar terhadap peningkatan kepercayaan diri seorang pemimpin.

No comments:

Post a Comment