07 May 2018

SIKAP SEORANG PEMIMPIN


Permasalahan yang menimpa seorang pemimpin bisa jadi sama dengan masalah yang menimpa orang lain. Pernah mengalami musibah, kerugian atau ditinggal oleh orang yang dicintai. Namun sikap terhadap kejadian berbeda pada setiap orang. Ada yang menyikapi dengan reaktif, marah, dan menggerutu. Tapi ada juga yang menyikapinya dengan sikap positif dan sabar.

Sikap atau respon terhadap suatu peristiwa jelas akan memengaruhi tingkat kebahagiaan. Oleh karena itu, orang yang sikapnya bergantung kepada tindakan orang lain maka kehidupannya akan sangat labil karena sikap orang lain tidak bisa kita kendalikan.

Sikap berarti cara kita mengomunikasikan suasana hati. Oleh karena itu sikap sangat dipengaruhi oleh kondisi hati. Orang yang hatinya penuh dengan kedengkian dan kemarahan cendrung berperilaku jelek. Sebaliknya orang yang hatinya baik maka akan baiklah sikapnya. Oleh karena itu, kalau ingin memiliki sikap yang baik maka sudah sepantasnyalah kita memperbaiki kondisi hati secara terus menerus.

Manusia sendiri memiliki sifat yang khas. Apabila kita mengenal sifat ini maka kita akan lebih mudah membentuk kepribadian dan lebih mudah menyikapi orang lain. Diantara sifat-sifat dasar manusia itu adalah:

Pertama, setiap orang akan senang bila dihargai, dihormati dan diperhatikan kepentingannya.

Kedua, setiap manusia selalu berusaha untuk mempertahankan diri. Bila dihina dia akan berusaha membela diri. Kalau ada yang mengancam keselamatannya dia akan berusaha menghindar.

Ketiga, setiap manusia ingin dihargai dengan tulusKarena itu merupakan bentuk pengakuan atas kelebihan seseorang.

Kepribadian seseorang pemimpin bisa diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Karena kepribadian akan matang seiring dengan pengalaman dalam menghadapi setiap masalah. Agar kita bisa menyikapi setiap kejadian dengan baik maka ada beberapa hal yag bisa kita lakukan:
  1. Terus mengevaluasi diri. Sadari dan perbaiki kekurangan diri. Lakukanlah evaluasi secara berkala agar kita semakin tepat dalam menyikapi setiap kejadian.
  2. Tingkatkan wawasan dan cakrawala berpikir. Belajarlah untuk mengomunikasikan pandangan dan sikap kepada orang lain. Hal ini akan meminimalisasi penyikapan yang salah dari orang lain.  
  3. Bersikaplah lemah-lembut. Dengan ini orang akan nyaman bersama kita. 
  4. Selalu berpakaian yang baik. Tidak harus memakai pakaian yang mahal yang penting bersih dan rapi. Karena pakaian yang tepat  menentukan sikap orang lain kepada kita. Gunakanlah pakaian tertentu yang cocok dan bisa mencerminkan kepribadian kita.
  5. Selalu tampil dengan wajah yang cerah ceria. Hal ini akan mudah bagi orang yang hatinya bersih. Orang yang berhati bersih akan memancarkan wajah yang cerah dan menyejukkan.
  6. Berusahalah untuk menjadi diri sendiri. Setiap orang adalah unik, tidak ada yang sama persis dengan kita. Maka tampilkanlah jati diri dan jangan meniru orang lain karena hal itu menunjukkan ketidakpercayaan diri kita.
  7. Yakinlah bahwa sikap positif dalam menghadapi setiap permasalahan akan selalu membuat kita jadi pemenang.

No comments:

Post a Comment