06 May 2018

BERBICARA DARI HATI


Seorang pemimpin tidak pernah lepas dari aktivitas komunikasi. Kegiatan inilah yang paling banyak dilakukan dan berperan besar dalam melancarkan segala urusan seorang pemimpin. Tentunya bila pemimpin berkomunikasi dengan efektif.

Komunikasi yang  efektif adalah komunikasi dari hati ke hati, dimana proses komunikasi tidak ditutupi oleh berbagai prasangka. Komunikasi dari hati ke hati akan efektif dan lebih mudah dipahami serta mencerminkan kejujuran seorang pemimpin. Sebaliknya orang yang tidak jujur dan tertutup, kata-katanya sulit dipahami.

Di lain pihak ada orang yang lebih mendominasi pembicaraan dan tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Padahal sejatinya komunikasi dari hati adalah komunikasi yang lebih banyak mendengar.

Dalam bahasa inggris heart(hati) berasal dari kata “hear” dan “art” artinya seni mendengar. Jadi komunikasi dari hati merupakan sebuah seni mendengarkan. Oleh karena itu, perbanyaklah mendengar dari pada bicara. Itulah hikmahnya kita diberi dua telinga dan satu mulut. Artinya kita harus lebih banyak mendengar dari pada bicara.

Komunikasi dari hati ini cocok sekali diterapkan oleh pemimpin dalam setiap situasi dan keadaan. Terutama dalam aktivitas organisasi sehari-hari. Percayalah, komunikasi dari hati akan banyak menyelesaikan berbagai  persoalan.

No comments:

Post a Comment