29 November 2011

Counter Jus Sehat


Sebagaimana kita ketahui jus merupakan minuman kesehatan yang banyak dimanfaatkan orang sebagai sarana terapi dan pengobatan, terutama oleh orang tua. Namun kita masih jarang melihat orang menjual jus khusus untuk kesehatan. Padahal peminatnya cukup banyak. Bahkan untuk dietpun sebagian orang menggunakan terapi minum jus secara teratur.
Apalagi proses pebuatan jus termasuk mudah sehingga bisa dilakukan oleh laki-laki maupun wanita. Dengan adanya blender, pekerjaan pedagang jus menjadi sangat mudah.  Ditambah lagi dengan adanya gelas-gelas plastik untuk jus dengan berbagai ukuran yang semakin memperindah penyajian jus. Oleh sebab itulah peluang usaha minuman jus cukup prospek.

Memulai usaha
Untuk memulai usaha ini anda harus menyiapkan tempat berjualan terlebih dahulu. Sebagaimana halnya bisnis makanan, anda bisa mulai dari teras atau garasi rumah. Tapi kalau anda punya modal memadai, silakan cari tempat yang srategis di pinggir jalan.
Salah satu tempat yang cocok untuk usaha jus adalah dengan menyewa counter di depan minimarket. Saat ini perkembangan usaha minimarket sangat pesat sehingga sudah sampai ke kampung-kampung. Biasanya pihak minimarket menyewakan counter-counter di depan tokonya. Dengan harga sewa Rp. 200.000 – 300.000/bulan untuk ukuran 1 x 1,5 meter anda sudah bisa membuka usaha jus anda.   
Selanjutnya siapkan alat-alat seperti blender, gelas palastik, sedotan dan karet. Tentunya  siapkan juga buah-buahan sebagai bahan utamanya. Jangan lupa sebagai pemanis sebaiknya menggunakan madu atau gula merah agar sehat. Hindari penggunaan gula pasir. Disamping harganya mahal juga efeknya tidak baik untuk kesehatan, apalagi kalau berlebihan.
Selanjutnya buatlah brosur dan plang nama kios. Tulislah nama-nama jus yang kita jual beserta harganya. Kalau perlu tulis kelebihannya dibanding jus yang lain. Tidak ada salahnya anda promosikan jus anda sebagai jus kesehatan. Sebarlah brosur anda di tempat-tempat keramaian.

Strategi usaha
Pilihlah buah yang segar dan jangan yang sudah lama disimpan. Tambahkan sedikir jeruk nipis agar warna buah tetap cerah.  Kemudian sarankan ke konsumen untuk segera meminum agar kandungan vitaminnya tidak hilang. Bandrolah jus anda dengan harga yang lebih murah dibanding  pesaing anda. Kemudian kemaslah dengan gelas cup yang menarik dan bersih.
Ada baiknya anda tawarkan pembelian berlangganan. Namun pembayarannya di depan,  tentu dengan harga yang lebih murah dibanding harga eceran. Untuk pelayanan maka buatlah program antar ke alamat. Jangan lupa untuk mencoba meracik berbagai jenis jus kesehatan lainya dengan membaca dari buku-buku. Tulislah khasiat dari setiap jenis jus anda agar konsumen mengetahui manfaatnya.
Ada alternatif lain dalam berbisnis jus. Selain anda membuat sendiri berbagai menu jus sehat, anda juga bisa menjadi agen dari salah satu pengusaha jus yang sudah besar.  Hal ini tentu akan lebih mudah karena semua bahan baku biasanya dipasok oleh distributor, anda tinggal menjualnya. Tapi anda akan sulit untuk berinovasi dalam bisnis ini karena sudah ada prosedur tetapnya dari pemilik usaha, termasuk harga jualnya.  
Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah masalah cuaca. Biasanya pada musim hujan penjualan jus agak menurun bila dibandingkan dengan musim panas. Untuk itu anda harus bisa memperkirakan berapa stok buah-buahan yang harus anda siapkan dan beli ketika musim hujan. Tujuannya agar buah yang anda beli tidak menumpuk dan busuk.

Analisa usaha
Modal awal
2 blender Rp. 300.000  = Rp 600.000
2 juicer Rp 300.000 Rp 600.000
 Tot Rp. 1.200.000
Pengeluaran sebulan
Listrik dan air Rp 500.000
Belanja buah Rp 200.000
Gelas plastik Rp 50.000
Lain-lain Rp. 50.000
 Total pegeluaran sebulan Rp 800.000
Penjualan jus perhari 30 gelas x 4000 =120.000 x 30 = Rp 3.600.000
Keuntungan Rp. 3.600.000 - 800.000  = Rp 2.800.000
Balik modal Rp. 2.000.000:2.800.000 = 0.7 bulan


No comments:

Post a Comment