02 May 2018

SUMBER KEKUATAN PEMIMPIN


Pemimpin adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain. Dia memiliki kekuatan kepribadian yang ia gunakan untuk mengelola organisasinya untuk mencapai tujuan tertentu. Orang lainpun dengan sukarela mengikutinya karena memang dia memiliki kelebihan tertentu dan pantas untuk diikuti. Lalu apa saja kekuatan seorang pemimpin yang membuat orang mau mengikutinya?

Pertama, expert power (Kekuatan keahlian)
Seseorang berpeluang diangkat sebagai pemimpin apabila dia memiliki keahlian dan pengetahuan yang melebihi orang lain. Dengan pengetahuannya dia bisa mempengaruhi oran lain untuk melakukan apa yang dia inginkan. Contohnya seorang yang memiliki pengetahuan agama lebih dari orang lain sehingga dia bisa menjadi pemimpin agama (ustad).

Kedua, position power (kekuatan jabatan)
Kekuatan yang dimiliki oleh seseorang karena memiliki otoritas atau jabatan yang diakui oleh organisasi dan masyarakat. Seperti direktur sebuah perusahaan. Dia mendapatkan jabatan dari pemegang saham sehingga dia bisa menjadi pemimpin dalam menjalankan sebuah usaha.

Ketiga, reward power (kekuatan penghargaan)
Seseorang  yang bisa memberikan reward (penghargaan) buat orang lain  maka dia berpeluang menjadi pemimpin. Dia akan memiliki pengaruh terhadap orang lain. Contoh orang kaya yang sering memberikan bantuan (sedekah) kepada warga sekitarnya berpeluang jadi pemimpin di daerahnya.

Keempat. Coercive power (kekuatan paksaan)
Seseorang yang memiliki wewenang untuk memaksa orang lain melakukan sesuatu. Contohnya polisi yang bisa menindak orang yang melakukan pelanggaran. Dia memiliki hukum yang harus ditaati oleh orang lain.

Kelima, referent power (kekuatan rujukan)
Orang yang memiliki kekuatan karena menjadi rujukan orang lain. Semakin bergantung orang lain kepadanya semakin kuat kepemimpinannya. Ketika seorang berperilaku baik maka dia akan menjadi rujukan orang lain dan orang akan mengikutinya. Contohnya tokoh masyarakat yang dihargai karena kepribadiannya berpeluang menjadi pemimpin masyarakat.
sumber : www. gmpjconsulting.com

No comments:

Post a Comment