02 May 2018

KUNCI MEMBANGUN PEMIMPIN EFEKTIF


Secara konsep, pemimpin adalah pembentuk visi dan misi organisasi. Dia memegang peranan penting dalam menggerakkan dan mendelegasikan berbagai aktivitas. Dalam mewujudkan misi dan visinya dia dibantu oleh tim dan anggotanya. 

Pemimpin mampu merumuskan, mewujudkan dan menerjemahkan visi anggota. Dia memberi kesempatan kepada anggota untuk bersama-sama meraih visi misi yang sudah ditetapkan.

Disamping itu pemimpin juga menyatukan berbagai potensi dan kemampuan anggotanya. Kemudian bekerja bersama-sama meraih tujuan yang sudah ditetapkan.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif yang memiliki keterampilan di atas maka seseorang  harus memiliki Karakter-karakter sebagai berikut :

Pertama, menggerakkan.
Pemimpin adalah orang yang menginspirasi dan menggerakkan anggotanya untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan. 

Kedua, hasrat untuk memimpin.
Seorang pemimpin memiliki hasrat dan keinginan untuk memimpin orang lain. Dia mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu yang dianggapnya penting buat organisasi. Untuk itu dia bersedia memikul tanggungjawab sebagai pemimpin dengan segala resikonya.

Ketiga, integritas.
Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki integritas moral, kepribadian yang kokoh dan bisa menjadi teladan bagi orang lain.

Keempat percaya diri.
Pemimpin adalah seorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.  Dia bisa menularkan rasa percaya dirinya kepada orang lain. Dengan kepercayaan dirilah cita-cita organisasi bisa tercapai.

Kelima, intelegensi.
Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki kecerdasan lebih dibanding anggotanya. Dia mampu mengelola berbagai informasi dan mengambil keputusan dengan tepat untuk kemajuan organisasi.

Keenam, memiliki pengetahuan yang relevan.
Seorang pemimpin sebaiknya memiliki pengetahuan yang relevan dengan organisasi yang dia geluti. Kalau dia memimpin organisasi bisnis maka sebaiknya dia memiliki latarbelakang pengetahuan dalam bidang bisnis baik secara formal maupun informal.

Oleh karena itu untuk menjadi pemimpin yang sukses dibutuhkan keterampilan-keterampilan di atas. Namun tentu semuanya membutuhkan waktu dan berproses. Perjalanan waktulah yang akan menjawab apakah seorang pemimpin sudah berjuang maksimal atau belum.

Sebagai ujung tombak organisasi maka sudah sepantasnya seorang pemimpin menguasai keterampilan di atas. Tanpa itu sulit bagi pemimpin menjadi orang yang akan membawa organisasinya pada kemajuan.
Sumber : www. rajapresentasi.com

No comments:

Post a Comment