02 May 2018

LANGKAH LANGKAH MENJADI PEMIMPIN YANG EFEKTIF


Kepemimpinan adalah sebuah seni yang bisa dipelajari Sebagaimana halnya mempelajari seni lukis, seni patung dan seni lainnya. Namun untuk menguasainya tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan waktu, perjuangan dan kerja keras sebagaimana waktu untuk menjadi seorang seniman yang hebat.

Disamping itu, untuk menjadi pemimpin tidak cukup dengan keterampilan teknis, tapi juga harus didukung oleh keterampilan intrapersonal [kepribadian]. Pada akhirnya semua ini akan melahirkan pemimpin yang efektif. Lalu bagaimana langkah-langkahnya agar bisa menjadi pemimpin yang efektif?

Pertama, mengakui (Recognize)
Kepemimpinan adalah sesuatu yang terus berkembang dan bergerak dinamis. Oleh karena itu seorang pemimpin harus terus belajar dan mengembangkan diri. Seperti lewat buku-buku, pelatihan maupun lewat internet. Jadi seorang pemimpin harus menjadi seorang pembelajar seumur hidup.

Kedua, menyadari (Realize)
Seorang pemimpin harus sadar bahwa dia tidak akan sukses tanpa menjalin relasi dengan orang lain. Semua itu harus berawal dari kepedulian kepada anggota dan orang lain. Pemimpin yang baik sadar bahwa dia adalah pelayan bagi pengikutnya, bukan orang yang akan mengambil kentungan dari anggotanya.

Ketiga, mengingat [Remember]
Seorang pemimpin sadar bahwa dia akan diperlakukan sebagaimana dia memperlakukan orang lain. Ibarat sebuah gema ketika berteriak di sebuah gua, suara kita akan kembali kepada kita. Oleh karena itu pemimpin harus hati-hati dalam bertindak karena setiap perilakunya akan dilihat dan bisa jadi ditiru oleh anggotanya.

Keempat, meniru[Replicate]
Seorang pemimpin yang rendah hati tidak malu untuk meniru orang lain kalau ada suatu kebaikan. Bahkan dia sengaja belajar dari pemimpin lain untuk memperbaiki organisasinya. Dia belajar dari kesalahan orang lain agar tidak masuk ke lubang yang sama dua kali.

Dia tidak mau trial dan eror karena berdampak kepada anggotanya. Dia meniru yang benar dan meninggalkan yang salah. Hobinya membaca biografi pemimpin-pemimpin sukses guna mempelajari kelebihan serta kekurangannya.

Kelima, menghidupakan kembali [Resurrect]
Pemimpin yang baik adalah seorang motivator yang hebat. Dia bisa membangkitkan semangat anggotanya yang kendor akibat kegagalan, tidak mudah meyalahkan anggotanya bila terjadi kesalahan, memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk memperbaiki kesalahan, serta memberikan semangat kepada anggotanya untuk bangkit dan maju.

Keenam, menemukan kembali [Reinvent]
Dalam organisasi terkadang terjadi kejenuhan karena rutinitas yang monoton. Dalam hal ini pemimpin berperan sebagai orang yang membangkitkan kembali semangat anggotanya agar bangkit kembali. Dia bisa menemukan spirit baru untuk menyemangati anggotanya. Terkadang dia berpikir out of the box, berpikir dari luar kebiasaan. Untuk menemukan ide-ide baru dalam  menjalankan organisasi.





No comments:

Post a Comment