01 May 2018

SIKAP PEMIMPIN


Tidak dipungkiri organisasi yang baik merupakan cerminan dari tim yang tangguh. Namun kunci utama penentu kesuksesan sebuah organisasi berawal dari pemimpin yang memiliki kekuatan kepribadian dan manajemen.

Karena kalau sekadar jadi pemimpin banyak orang yang bisa, tapi untuk menjadi pemimpin yang baik butuh kerja keras. Untuk itu ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ingin sukses.

Pertama, fokus.
Tugas pemimpin adalah mengarahkan tim dan anggotanya menuju sasaran yang sudah ditetapkan. Untuk itu seorang pemimpin harus fokus kepada satu sasaran yang jelas dan  menentukan prioritas yang akan diraih bersama. Sehingga dengan adanya fokus dan prioritas anggota tidak akan kehilangan arah.

Kedua, percaya diri.
Peercaya diri merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang apalagi pemimpin. Tidak mungkin dia bisa mengarahkan anggotanya kalau dia sendiri tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Ketiga, transparan
Pemimpin ibarat seorang nakhoda kapal atau pilot pesawat terbang. Dia dituntut untuk transparan kepada penumpangnya [anggotanya]. Apalagi dalam situasi genting dia harus menjelaskan keadaan yang sebenarnya dan mencari solusi bersama untuk mengatasi berbagai permasalahan.

Semakin terbuka pemimpin maka semakin mudah anggota menyampaikan masukan dan kritikan yang membangun untuk kemajuan organisasi. Ini tentu akan menjadi bahan bakar bagi pergerakan organisasi.

Keempat, komunikasi yang baik dan terbuka.
Keterbukaan komunikasi menjadi awal kemajuan organisasi dalam menghadapai berbagai persoalan. Dalam hal ini pemimpin dituntut memiliki skill berkomunikasi yang mumpuni agar dia bisa menakhodai organisasi dengan cekatan.

Pemimpin juga harus bisa menjadi jembatan penghubung antara berbagai pihak dalam organisasainya. Dengan itu dia bisa mengakomodir berbagai pemikiran. Ini tentu sangat bermanfaat untuk membangun fondasi organisasi yang kuat.

Pemimpin juga harus bersikap fleksibel dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan.  Walaupun rencana sudah ditetapkan diari awal namun pelaksanaannya tidak harus kaku dan statis. Semua bisa disesuaikan dengan kondisi yang dihadapai di kemudian hari.

Kelima, sabar.
Sabar merupakan salah satu rumus kesuksesan seorang pemimpin. Tidak ada yang bisa diraih dengan instan, karena semuanya membutuhkan usaha, perjuangan dan kesabaran. Apalagi dalam sebuah organisasi dimana situasi yang dihadapi turun naik. Hanya dengan kesabaran semua itu bisa dijalani.

Pemimpin harus bersikap tenang dalam berbagai kondisi baik saat meraih kesuksesan maupun saat terpuruk. Seorang pemimpin harus selalu berpikir tenang dan dingin sehingga kejernihan pikirannya selalu terjaga. Itulah yang akan melahirkan keputusan yang brilian.
sumber : www. dailysocial.id

No comments:

Post a Comment