01 May 2018

KETERAMPILAN PEMIMPIN


Sebagaimana kita ketahui, pemimpin adalah orang yang mempengaruhi orang lain melakukan hal yang benar dengan cara yang benar dan bersedia diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Namun orang melakukannya dengan kesadaran bukan karena paksaan.

Pemimpin adalah orang yang membantu dirinya dan orang lain melakukan hal yang benar. Dia menentukan tujuan dan membangun visi yang inspiratif serta menggerakkan. Untuk itu seorang pemimpin harus memiliki keterampilan yang bisa mengantarkannya kepada tujuan di atas. Berikut akan dipaparkan keterampilan terpenting yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Pertama, membangun visi yang inspiratif dan menggerakkan.
Visi berarti gambaran realistis yang meyakinkan dan menarik untuk diraih. Visi yang jelas akan membuat orang memiki gambaran tentang masa depan yang akan diraih. Seorang pemimpin harus mampu membuat visi menjadi sesuatu yang menarik dan menggairahkan serta bisa memotivasi anggotanya untuk meraih visi bersama yang sudah ditetapkan.

Disamping itu pemimpin harus mengenali kelebihan organisasinya dan menjadikan sebagai sumber kekuatan untuk meraih cita-citanya. Untuk itu dia bersikap proaktif dalam memecahkan berbagai masalah dan kendala yang terjadi.

Kedua, memotivasi dan menginspirasi orang lain.
Orang butuh dorongan dan motivasi dalam meraih tujuan-tujuannya. Karena tidak dipungkiri pengaruh lingkungan terkadang membuat orang lupa akan tujuannya. Disinilah peran pemimpin yaitu membantu orang lain dalam meraih tujuannya. Dan modal dasar dalam memotivasi orang lain adalah kredibilitas. Dengan kredibilitas orang akan percaya, mau mendengar dan mengikuti sang pemimpin.

Ketiga, mengelola dan mengedepankan visi.
Seorang pemimpin berpijak pada visi yang akan dicapai dan memastikan visi itu sampai kepada semua anggotanya. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus memahami manajemen. Dengan itu dia tahu kapan harus bicara, kapan harus bertindak dan kapan harus mendelegasikan tugas-tugasnya untuk meraih visi bersama.

Keempat, melatih tim dalam meraih visi.
Seorang pemimpin juga berperan sebagai guru dan pelatih. Dia harus melatih anggotanya dengan berbagai keterampilan yang akan mempercepat sampai kepada tujuan. Disamping itu seorang pemimpin harus melatih anggotanya menjadi pemimpin-pemimpin baru. Karena salah satu ukuran kesuksesan seorang pemimpin adalah seberapa banyak dia melahirkan pemimpin.

KETERAMPILAN UTAMA
Ada 3 keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ketiga keterampilan ini harus saling melengkapi sehingga menjadi kunci sukses keberhasilan seorang pemimpin.

Pertama, technikal skill.
Yaitu keterampilan teknis dalam bidang spesialisasi tertentu yang biasanya didapat dari hasil pendidikan formal. Keahlian ini bersifat fisik dan bisa kelihatan oleh orang lain. Seperti keahlian menggambar bangunan yang dimiliki oleh arsitek, keahlian mengobati pasien yang dimiliki oleh seorang dokter atau keahlian memasak yang dimiki oleh seorang koki.

Kedua, conceptual skill.
Yaitu kemampuan memahami persoalan secara menyeluruh. Keterampilan ini sangat penting dalam mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa yang diinginkan oleh pemimpin. Keterampilan yang tercakup di dalamnya antara lain kemampuan perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan terhadap berbagai kegiatan. Keterampilan ini bisa dipelajari baik lewat jalur pendidikan formal maupun jalur non formal(pengalaman).

Ketiga,  soft skill.
Keterampilan ini tidak dipelajari di jalur pendidikan formal tapi lewat pendidikan non formal (pengalaman). Seperti kemampuan untuk mengendalikan diri, mempengaruhi orang lain dan mengelola konflik di dalam sebuah organisasi. 

Tentunya tidak mudah untuk memiliki ketiga keterampilan di atas sekaligus. Tidak jarang seorang pemimpin hanya memiliki satu atau dua keterampilan saja. Apalagi untuk menguasai soft skill. Inilah yang paling sulit dikuasai karena karena tidak ada sekolah formalnya. Yang bisa dirasakan oleh orang lain hanyalah efeknya.

Namun demikian alangkah baiknya bila seorang pemimpin berusaha memiliki ketiga keterampilan tersebut agar kepemimpinannya efektif. Beruntunglah sebuah organisasi yang memiliki pemimpin dengan ketiga keterampilan di atas. Sehingga roda organisasi akan berjalan dengan lancar, sehingga tujuan organisasi akan mudah tercapai. 

sumber 
www.ikhtisar.com

No comments:

Post a Comment