29 April 2018

RAHASIA INSTAGRAM MARKETING



1.       AKUN
  • Buat akun khusus jualan, bukan akun pribadi
  • buat nama toko [username] yang singkat, unik, dan mudah diingat.
  • lengkapi akun dengan keterangan produk yang dijual
  • Tulis alamat rumah/toko tempat anda berjualan
  • cantumkan nomor telepon/wa
  • publikasikan nama, tempat tinggal, jualan apa saja, dan informasi pribadi anda yang sifatnya boleh untuk di publikasikan. Jangan menyembunyikan identitas asli anda.
2.       PROFIL
  • Buatlah bio yang menarik agar orang yang yang melihat semakin percaya dengan bisnis Anda  
  • Buatlah bio berguna yang memberikan informasi tentang brand seperti alamat atau kontak.
  • kerangka bio : [apa bisnis Anda + Apa keunggulannya + Buat semenarik mungkin]
  • kasih emoticon. contoh @txture
  • buat indentitas sejelas mungkin. Lengkapi profil, identitas bisnis, alamat, info kontak, dll.
  • Jangan Digembok [mengaktifkan fitur ‘private account’.]
3.       NICHE
  • fokus di satu niche. [ceruk pasar yg spesifik]
  • Buat akun Instagram yang spesifik sesuai dengan produk anda [mis boneka]
  • promosikan dan jual hanya boneka di akun tersebut.
4.       POSTING
          Tujuan orang buka instagram bukan untuk melihat penawaran dari suatu brand. Tapi melihat updatean terkini, meLihat foto idola, Cari hiburan, dan menyegarkan pikiran mereka dengan foto-foto yang mengikat emosi.
  • relasikan brand Anda dengan tujuan di atas.
  • relasikan emosi dan suasana hati calon pelanggan dengan produk yang kita tawarkan. Contoh @pattengoods
  • Rutin Posting Gambar Setiap Hari
  • usahakan Instagram Anda mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya.
  • Bila anda tidak mempunyai foto untuk dibagikan, bagikan foto yang menarik atau quote populer
  • Jangan posting foto secara bersamaan.
  • Post di Waktu yang Tepat : pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, dan 22.00 malam.
  • Jangan berlebihan Maksimal 10 foto per-hari.
  • tambahkan deskripsi/caption lengkap mengenai produk
  • Tulis Produk knowledge yang detil seperti Bahan yang di gunakan, ukuran, warna, harga, cara pemesanan. Caranya : tulis langsung di foto atau di bagian kolom foto yang anda posting.
  • selingan dengan meng-upload foto-foto yang tidak berkaitan secara langsung dengan penawaran barang, tapi masih terkait dengan barang yang dijual. Misalnya Anda menjual boneka, maka dapat meng-upload foto yang mengarah pada tips merawat boneka. Dengan demikian, follower Anda merasa mendapat manfaat dari akun Anda.  
  • mempersiapkan minimal 3 – 9 foto yang harus sudah diupload duluan.
  • Pakai aplikasi Instagrid
  • Berikan konten yang mengikat relasi & emosi audiens
  • aplikasi upload foto secara terjadwal : Hootsuite atau Buffer.
  • Dalam sehari anda bisa upload foto 20-100.
  • Upload Bukti Transaksi seperti foto saat barang dikirimkan, testimoni pelanggan agar orang percaya
  • Setiap upload foto/video selipkan humor agar orang senang dan tersenyum
  • Cari Inspirasi & Strategi Dimanapun, termasuk kompetitor kita. buka akun kompetitor Anda, analisis foto yang memiliki engagement paling tinggi. buatlah konten dengan standar foto tersebut dan lakukan peningkatan/modifikasi.
  • Setiap kali posting di instagram bagikan ke sosial media lain. [Facebook]
  • cari teman yang menggunakan instagram di facebook kemudian follow mereka
  • perkecil tingkat hard selling dalam Instagram. gunakan copywriting yang menarik daripada melakukan hard selling. Contoh @sharpie.

5.       GAMBAR /DESAIN
  • Kuncinya Terletak Pada Pemilihan Gambar dan Kualitasnya.
  • semakin menarik gambar yang Anda bagikan, interaksi (like dan komentar) akan banyak pula.
  • Tampilkan Produk Anda Dengan Desain Yang Kreatif
  • edit menggunakan Photoshop agar hasil lebih maksimal.
  • Perbaiki kualitas foto. usahakan menarik, jelas, dan fotogenik.
  • Pengambilan foto yang berkualitas dan terlihat profesional
  • Jangan rusak profile Instagram Anda dengan foto-foto kualitas rendah.
  • Hindari foto yang ‘pecah’ dan nge-blur.
  • amati dan tiru bagaimana akun-akun profesional dalam memposting foto. [contoh @yourviel dan @voyej]
  • Berikan warna yang ‘sedarah’ dengan karakter brand
  • Setiap foto yang Anda upload harus sewarna dan sesuai dengan karakter brand Anda.
  • Gunakan filter atau proses editing yang sama dan sejenis. Contoh @wxglimited
  • Buat tulisan yang menarik di atas foto seperti quotes, call-to-action, promosi atau diskon
  • perhatikan juga desain dan tata letak tulisannya. Gunakan aplikasi Canva.com
6.       HASTAG
·         Hashtag = kata kunci sebuah produk
  • sertakan hashtag dari setiap produk yang di-upload.
  • fungsinya :
·         untuk mengelompokan sebuah topik
·         memudahkan audiens menemukan apa yang mereka cari.
·         memudahkan orang untuk melihat produk Anda
·         membuat produk Anda semakin dikenal.

  • buat hastag dengan kata yang bervariasi.  
  • 3-5 hashtag sudah cukup.
  • kalau mau menggunakan lebih banyak hashtag, sembunyikan di kolom komentar.
  • Kategorikan semua posting Anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption).
  • Kalau anda menjual boneka bikin hastag #bonekabarbie.
  • buat beberapa Hashtag yang berkaitan seperti #Bonekamuslim, #bonekalucu dll.
  • Pilih hashtag yang paling populer dan sesuai dengan konten yang kita post.
7.       IKLAN
Cara beriklan
1.       lakukan advertising[iklan berbayar] ketika akun Instagram Anda sudah siap untuk naik level.
2.       Pakai Teknik SFS
·         saling mempromosikan sesama online shop
·         SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online shop yang memiliki produk berbeda
3.       Endorse Produk
·         berpromosi dengan memberikan produk secara gratis ke selebriti/pejabat/orang terkenal dengan syarat mereka harus memposting status dengan tujuan mempromosikan produk tersebut.
·         cari akun selebriti yang menerima endorse.
·         tawarkan secara langsung ke para selebriti tadi.
·         Postingnya bisa berupa foto, tulisan rekomendasi, video, dan lain-lain.
8.       KERJASAMA
Jalin Kerjasama untuk Memperluas Jaringan. Caranya :
·         kenali siapa yang akan Anda ajak kerjasama.
·         cari akun-akun Instagram yang punya jumlah followers tinggi.
kerjasama ini dibagi jadi 2 jenis:
1. Berbayar.
·         membayar akun Instagram partner untuk promosiin produk kita.[endorsement]
·         Mintalah mereka untuk mempromosikan akun Instagram Anda ke followersnya.
·         sertakan call-to-action kepada pelanggan, Seperti follow akun Instagram kita atau buka link website. 
2. gratis
·         memberikan produk secara gratis kepada akun Instagram yang akan melakukan promosi.
·         menghubungi calon partner terlebih dahulu.
·         Lakukan negosiasi.
·         Langkah kedua adalah dengan metode ‘shared for shared’
·         saling mempromosikan konten masing-masing dengan partner tersebut.
·         Anda harus punya followers yang sebanding dengan akun partner tersebut.
9.       PROMO
  • berikan potongan harga
  • berikan hadian. gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. [mis. 3 hadiah]
  • minta customer berbagi foto produk Anda dg menggunakan hastag
  • Tingkatkan Engagement dengan Kampanye  Buatlah sesuatu yang mengajak audiens Anda untuk mengambil action dengan cara yang kreatif. seperti mengajak audience buat double tap alias love foto kita. yang beruntung bakal dapat hadiah.
  • Harga Coret. tambahkan tulisan harga yang dicoret. berikan harga yang lebih murah di foto produk yang anda upload. Pastikan harga diskon yang anda berikan lebih murah dari kompetitor
  • Promosi Halus. membuat foto yang anda upload tidak terlihat seperti foto promosi. Caranya dengan tidak fokus ke produknya.

10.   FOLLOWER
·         Perbanyak Followers Instagram Anda
  • Kalau sulit dapat Followers! anda saja yang follow mereka
  • Cari – Follow – Interaksi – FollowBack – Unfollow
  • follow pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk Anda. [kompetitor]. follower di toko tersebut merupakan pangsa potensial Anda. 
  • Follow sebanyak mungkin akun yang sesuai dan lakukanlah secara bertahap.
  • Usahakan cari yang folowersnya banyak dan juga tingkat komen serta likenya tinggi.
  • Lakukan  hingga follower mencapai angka puluhan ribu.
  • Kalau ingin praktis Gunakan tool : Celebgramme. Tool ini membuat akun anda berinteraksi secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target anda.
  • Lakukan interaksi dengan mereka yang sudah Anda follow.
  • Love atau berikan komentar di foto mereka.
  • Komentar tersebut gak boleh bersifat promosi, penawaran atau jualan.
  • puji foto mereka. orang senang dengan pujian.Tapi jangan berlebihan.
  • Berikan kesan yang positif kepada brand Anda sendiri.
  • Setelah followers kita meningkat, unfollow untuk memperkecil jumlah following kita. Dari pada timeline Instagram Anda dipenuhi oleh update-an dari calon pelanggan, lebih baik penuhi timeline dengan akun Instagram kompetitor atau akun yang bisa menginspirasi.
11.   RESPON
  • respon secara cepat dan sabar
  • Follow dan komen orang yang menggunakan hashtag yang sama.
  • Like dan Komentari Foto Teman (Followers).
  • like dan komentari foto di setiap hashtag yang anda target.
  • pastikan anda aktif dengan mereka agar akun anda terlihat di publik.
  • Hindari spam [promosi di sembarangan tempat] dan komentar sembarangan
  • Jalinlah hubungan dengan audiens secara natural, selayaknya kita melakukan pertemanan
12.   EMAIL LIST
Kumpulkan email list dari Instagram. Caranya :  
1.       Buat call-to-action singkat dan menarik di bio beserta link menuju lead page.
2.       Post konten yang isinya promosi sesuatu yang bisa ditukar dengan email.
3.       beri perintah di konten yang baru Anda post, agar audiens klik link yang ada di bio. Bila Audience klik link, Anda akan mendapatkan email list dari Instagram.

13.   TOOLS
Beberapa tool instagram yg bisa digunakan :
1.       Visual Creator:
2.       Canva.com
3.       Ease.ly
4.       Manajemen & Analisis
5.       Hootsuite
6.       Later.com
7.       Iconsquare
8.       Editing foto:
9.       VSCO Cam
10.   Instagrid
11.   Layout (Instagram)

No comments:

Post a Comment