07 May 2018

CIRI PEMIMPIN SUKSES


Setiap pemimpin pasti ingin sukses. Namun tidak semuanya tahu bagaimana caranya. Untuk itu seseorang perlu mengenali terlebih dahulu apa ciri-cirinya.  

Pertama, memiliki keahlian dalam satu bidang. Pemimpin yang berprestasi memiliki ciri yang mudah dikenal yaitu ahli dalam satu bidang yang spesifik. Misalnya, ahli dalam  hukum, militer, atau politik.

Kedua, mencintai pekerjaan. Pemimpin yang sukses melakukan setiap aktivitasnya dengan semangat. Bekerja baginya tidak ada bedanya dengan bermain. Hobi dan pekerjaan sudah menyatu dalam aktivitasnya.

Ketiga, sangat menghargai waktu. pemimpin sukses sangat sadar dengan modal hidupnya yang utama yaitu waktu. Oleh karena itu, dia tidak mau menyia-nyiakannya.

Keempat, gigih. pemimpin sukses selalu gigih dalam meraih cita-citanya. Kegigihannya timbul karena dia sangat menginginkan cita-citanya terwujud. Tanpa kegigihan sulit untuk meraih kesuksesan.

Kelima, fokus. Orang sukses selalu fokus pada cita-citanya. Rencana yang terfokus suatu saat akan menunjukkan hasilnya. Sedangkan rencana yang kabur dan tidak fokus akan sulit dicapai.

Keenam, merasakan adanya kesempatan. Orang sukses merasakan adanya kesempatan untuk sukses. Dia tidak menyia-nyiakan setiap ada peluang dan dia memanfaatkan kesempatan itu untuk meraih cita-citanya.

Namun setiap tujuan dan cita-cita tentu tidak bisa diraih dalam sekejap. Semuanya harus dicapai setahap demi setahap dengan melewati proses tertentu. Agar kita bisa melewati proses itu dengan lancar dibutuhkan kiat-kiat tertentu.
Pertama, kita harus sungguh-sungguh menginginkannya. Keinginan kuat untuk meraih  cita-cita akan menjadi daya penggerak untuk terus berjuang.
Kedua, siapkan rencana tertulis untuk meraih tujuan dan lengkapi dengan target waktu yang jelas.
Ketiga, ambil tindakan dan raih tujuan secara konsisten. Hasil tidak akan mengkhianati perjuangan.
Keempat, lakukan evaluasi atas rencana apakah berjalan atau tidak. Kalau tidak, ubah cara pendekatan. Kalau berjalan, terus tingkatkan.
Kelima, terus bekerja dan fokus pada hasil yang diinginkan. Jangan berhenti sebelum tercapai. Tindakan yang fokus dan konsisten adalah awal dari kesuksesan.

Dalam meraih kesuksesan tentu akan berhadapan dengan berbagai kendala, baik yang datang dari luar maupun dari diri sendiri. Berikut ini akan dipaparkan penghalang-penghalang kesuksesan yang datang dari diri sendiri.

Pertama, meremehkan impian. Meremehkan impian adalah pembunuh kesuksesan. Karena hakikatnya segala sesuatu yang terjadi berawal dari mimpi yang diyakini.

Kedua, merasa waktunya sudah terlambat. Jangan merasa terlalu tua atau terlalu muda untuk mulai mengubah hidup dan meraih prestasi.

Ketiga, takut dengan perubahan. Segala sesuatu berubah setiap saat. Oleh karena itu tidak ada yang perlu ditakutkan dengan perubahan. Kalau kita tidak berubah maka kita akan digilas oleh perubahan itu sendiri. 

Kelima, melemahkan diri sendiri. Jangan mau dikalahkan oleh diri sendiri. Kejarlah terus mimpi-mimpi kita sampai berhasil. Jangan ikuti pikiran-pikiran yang melemahkan atau pikiran yang berusaha menahan langkah kita menuju sukses.

Keenam, menyalahkan diri sendiri. Jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri bila terjadi kegagalan. Maafkalah diri kita dan segera bangkit kembali.

No comments:

Post a Comment