20 April 2018

KELEBIHAN BISNIS ONLINE DENGAN SOSMED


Sebenarnya masing-masing aplikasi bisnis online memiliki kelebihan dan kekurangan. Di samping itu juga bergantung pada kecocokan setiap orang. Ada yang suka dengan sosmed (facebook, instagram, twitter.) Ada yang suka dengan market place (shopee, tokopedia, bukalapak). Ada juga yang suka dengan blog atau aplikasi chatting ( WA dan BBM).

Akhirnya kembalikan ke diri kita, aplikasi mana yang lebih cocok. Apakah dengan sosmed, aplikasi chatting atau dengan market place. Namun pada paparan berikut ini akan dibahas apa saja kelebihan bisnis online dengan medsos.

Pertama, sederhana
Aplikasi medsos mudah digunakan karena fiturnya sederhana. Wajar bila medsos banyak digunakan untuk berbisnis khususnya di Indonesia. Diawali dengan membuat akun secara gratis, setelah itu sudah bisa posting foto produk dan mulai berjualan. Aksesnya juga bisa lewat gadget yang hampir setiap orang memilikinya.  

Kedua, gratis
Jualan dengan medsos tidak membutuhkan biaya besar. Kecuali sekedar untuk beli kuota saja. Bahkan kita bisa download aplikasi medsos seperti facebook, instagram dan twitter secara gratis. Setelah itu bisa langsung digunakan.

Kecuali kalau kita sudah mulai memasang iklan yang berbayar seperti di facebook ads, baru dikenakan biaya yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Jadi benar- benar simple. Anda hanya butuh smartphone dan koneksi internet.

Namun disamping beberapa kelebihan juga ada kekuranganya, antara lain:

Pertama, rendahnya kepercayaan konsumen.
Tingkat kepercayaan konsumen cukup rendah ketika berbelanja di sosmed. Hal ini disebabkan karena konsumen tidak bertatap muka langsung dengan kita sebagai penjual. Wujud barangnya pun hanya bisa lihat di foto. Apalagi follower di akun sosmed kita sedikit dan tidak punya website yang profesional. Wajar konsumen ragu karena takut tertipu. Seperti pesanan tidak dikirim, barang tidak sesuai dengan yang di foto dan banyak kekhawatiran lainnya.

Untuk itu dibutuhkan berbagai strategi untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk kita. Harus ada garansi yang membuat konsumen percaya. Misalnya dengan mencantumkan alamat lengkap, foto, no telepon dan apapun yang membuat orang percaya.

Kedua, manual
Terkadang masih ada konsumen yang bertanya dan memesan langsung di DM (Dirrect Massage) atau kolom komentar sosmed kita. Padahal sudah dicantumkan no WA untuk pemesanan. Akibatnya kalau tidak jeli bisa-bisa pesanannya sudah tidak terlihat lagi.

Kalau ini terjadi terpaksa kita harus melihat-lihat lagi secara manual di kolom komentar atau DM untuk mengetahui pesanan konsumen. Untuk itu kita harus memastikan kepada konsumen agar memesan barang lewat aplikasi chatting seperti WA. Hal ini tentu akan mempermudah anda mengetahui pesanan konsumen.
www.entrepreneurcamp.id

No comments:

Post a Comment