20 April 2018

CARA MENGGUNAKAN MEDSOS UNTUK BISNIS ONLINE


Medsos (Media Sosial) seperti facebook, instagram dan twitter memang sudah akrab dengan kehidupan kita. Namun selama ini penggunaannya sebatas untuk berinteraksi dan posting foto aktivitas keseharian kita. Sedangkan untuk berbisnis diperlukan cara-cara khusus dalam menggunakan sosmed. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah  menggunakan medsos untuk bisnis online.

Pertama, buat perencanaan.
Sebelum menjual sesuatu lewat medsos, butlah perencanaan pemasaran terlebih dahulu. Tanpa rencana pemasaran anda akan kehilangan arah dan fokus. Akibatnya tingkat pencapaian bisnis sulit bisa diukur.

Ada beberapa hal yang perlu ditentukan. 1) Apa tujuan bisnis anda? 2) Apa target yang ingin dicapai? 3) Siapa target pasar anda? 4) Bagaimana kebiasaan mereka dalam menggunakan sosmed? 5) Apa pesan yang ingin anda sampaikan pada calon konsumen?

Selanjutnya, untuk tahap awal lakukanlah survei kecil-kecilan untuk mengetahui postingan seperti apa yang disukai oleh follower anda. Kalau sudah ketemu fokuslah dengan jenis postingan tersebut.

Disamping itu sosmed juga bisa digunakan untuk mengedukasi konsumen dengan artikel-artikel bermanfaat berkaitan dengan produk. Tujuannya agar konsumen semakin memiliki wawasan tentang produk sehingga mereka membeli bukan karena dorongan emosional semata tapi karena paham manfaat dan kelebihannya.

Di dalam artikel tersebut anda bisa melakukan soft selling(penawaran secara halus) dengan menyelipkan promosi. Konten-konten ini pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada produk anda.

Pada akhirnya dengan menggunakan sosmed anda harus mendapatkan traffic ke situs web anda, mendapatkan konversi(pembelian), orang sadar dan kenal dengan brand(merek) produk anda, serta bisa berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen.

Kedua, konten penentu.
Pastikan setiap postingan anda adalah konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. Jangan hanya memposting foto produk secara berlebihan yang membuat orang tidak mau membaca konten kita. Lakukan variasi postingan antara text, gambar, video, atau info grafik yang berkaitan dengan produk.

Ketiga, konsisten dengan brand image
Promosi di sosmed bermanfaat untuk memperkenalkan brand agar mudah diingat, karena memiliki ciri khas yang ditampilkan secara konsisten. Jadi ketika meng-update status di sosmed pastikan brand image tampil konsisten sehingga orang langsung mengenali  brand anda.

Keempat, buat blog
Blog juga berfungsi sebagai sarana pemasaran yang efektif, khususnya untuk memposting konten yang besar kapasitasnya. Kalau ada konten yang ingin anda share di sosmed maka share link-nya saja. Tujuannya agar bisa mengarahkan folower ke situs web kita. Sehingga follower tidak hanya berselancar di sosmed anda.

Kelima, ukur keberhasilan dengan analytics.
Google sendiri menyediakan fasilitas bernama google analytics. Dengan fitur ini anda bisa mengukur keberhasilan bisnis di sosmed atau di blog anda. Seperti domisili pengunjung web, produk yang sering dilihat, produk yang sering ditanyakan dan dicari, dan lain-lain.
(referensi : www.smartbisnis.co.id)

No comments:

Post a Comment