19 April 2018

PENYEBAB BISNIS ONLINE GAGAL


Penyebab kegagalan dalam bisnis apapun hampir sama termasuk dalam bisnis online. Biasanya bukan disebabkan oleh hal teknis tapi justru oleh hal non teknis. Seperti tidak sabar, tidak kosisten dan tidak disiplin dalam menjalankan aturan yang sudah ditetapkan. Untuk itu perlu kita ketahui apa saja yang menyebabkan kegagalan seorang pebisnis online.

Pertama, terus belajar tanpa mempraktekkannya
Ilmu tentang bisnis online sangat berlimpah di buku-buku dan di internet. Namun karena melimpahnya ilmu, sulit untuk mempraktekkannya. Sehingga fokusnya hanya menambah ilmu bukan mempraktekan. Itu sama saja dengan keledai yang membawa puluhan buku di punggungnya. Buku itu  tidak akan berdampak apa-apa buat si Keledai.

Jadi ilmu apa yang sudah didapatkan hari ini langsung dipraktekkan jangan ditunda. Karena bisa bisa ilmu yang sudah didapatkan itu tertimbun oleh ilmu yang baru. Atau kita lupa kalau sudah mempelajarinya sehingga susah untuk diingat kembali.

Di tengah membanjirnya ilmu pengetahuan, kita dituntut fokus pada ilmu tertentu yang spesifik. Pilih yang sesuai dengan bidang pekerjaan kita. Tidak usah ingin segala tahu.  Sekarang yang dibutuhkan adalah orang yang memiliki spesialisasi keilmuan bukan yang segala tahu. Orang yang segala tahu pasti tahunya sedikit.

Kedua, jangan banyak berandai-andai
Kalau anda punya rencana dan target, segera laksanakan jangan hanya menghayalkan. “Coba kalau begini, Coba kalau begitu.” Stop berandai-andai tapi langsung dipraktekkan dan jalankan setiap rencana yang sudah ditetapkan. Mulailah dengan rencana-rencana kecil kemudian meningkat ke rencana besar.

Ketiga, tidak memanfaatkan waktu dengan efektif
Waktu bagaikan pedang, kalau tidak hati-hati memanfaatkannya bisa-bisa kita kena tebasannya. Apalagi waktu yang sudah berlalu tidak bisa diulang kembali. Disamping itu jangan sampai kehilangan konsentrasi dan fokus. Apalagi dalam bisnis online mudah sekali seseorang kehilangan konsentrasi. Sedang asyik posting foto produk malah terpengaruh dengan postingan teman yang lagi jalan-jalan atau makan-makan. Akhirnya kita malah melihat-lihat status teman.

Keempat, Tidak percaya diri
Terkadang kita minder melihat bisnis teman yang sudah maju. Sayangnya itu bukan membuat kita termotivasi tapi justru membuat kita minder. Akhirnya kita berhenti dan mundur. Oleh karena itu jangan pernah minder dengan kemajuan orang lain. Anda pasti bisa kalau mau belajar dan terus mencoba.

Kelima, menunggu sempurna
Sebagian kita menunggu jadi ahli dulu baru kemudian terjun ke bisnis online. Padahal tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelemahan. Bahkan orang yang sudah sukses sekalipun masih memiliki kekurang. Jadi jangan menunggu sempurna, jangan menunggu cukup ilmu, cukup modal, cukup pengalaman. Karena bisa-bisa anda tidak mulai-mulai. Lengkapilah ilmu sambil jalan.

Keenam, tidak fokus
Bisnis online itu banyak jenisnya maka fokuslah di bidang yang anda pilih. Jangan menggeluti semua jenis bisnis. Kalau anda berjualan produk maka fokus berjualan produk. Kalau jualan jasa maka fokus di jasa. Kalau jualan software fokus di sana. Tidak ada orang yang bisa menjalankan semua jenis bisnis di internet. Kecuali kita sudah jago dalam satu bidang dan sudah punya tim untuk menjalankan maka tidak ada salahnya mencoba bidang lain.
(referensi : www.kaskus.co.id)

No comments:

Post a Comment