Disamping sebagai sarana
chatting, Whatsapp (WA) juga banyak digunakan untuk berjualan. Hal ini disebabkan
karena fitur-fitur yang terdapat di whatsapp mudah digunakan untuk berinteraksi
dengan orang lain terutama konsumen. Kita bisa berkirim tulisan, gambar dan
suara. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan whatsapp untuk berjualan? Berikut
langkah-langkahnya.
Pertama, perbanyak kontak.
Teman dan follower kita di medsos
biasanya mencantumkan no wa di akunnya. Sebaiknya anda simpan no itu di kontak
wa anda. Bagi yang tidak mencantumkan no wa anda bisa memintanya dengan cara membagikan
ebook atau konten gratis. Namun untuk mengaksesnya harus dengan mencantumkan no
wa.
Cara lain adalah dengan membuat
grup wa sebagai sarana untuk berbagi dan promosi. Sebagai admin anda harus
membuat aturan tegas yang harus dipatuhi oleh anggota grup. Kalau ada yang
melanggar anda berhak memberi peringatan. Tujuannya agar grup wa memberikan
dampak positif bagi bisnis anda bukan malah berefek negatif.
Kedua, perbanyak sharing.
Porsi berbagi harus lebih banyak
dari pada jualan. Misalnya 5 x berbagi, 1x jualan. Jangan sebaliknya, lebih
banyak jualan dari pada sharing. Pada prinsipnya orang tidak suka ditawari berbagai
produk terus-menerus. Andapun pasti akan terganggu bila ada orang yang setiap
ketemu selalu menawarkan barang dagangan.
Selanjutnya bangun kedekatan
dengan anggota sehingga meningkat menjadi teman dekat. Orang biasanya lebih
percaya kepada teman dekat dan lebih tertarik membeli kepada orang yang sudah
dipercaya. Jadi berinteraksilah dengan grup jangan sebatas melihat-lihat status
orang tanpa bersosialisasi.
Ketiga, kuasai copywriting
copy writing adalah ilmu tentang cara-cara
membuat naskah iklan. Disini biasanya dipelajari cara membuat judul yang
memikat dan membuat tulisan yang menarik. Disamping itu juga diajarkan cara
clossing yang mendorong orang untuk segera membeli.
Cara-caranya antara lain dengan
memberikan bonus, menetapkan batas waktu, memberikan promo (paket hemat, paket
ekslusif, discount), pree order, memberikan pilihan produk dan pilihan cara
transfer. Intinya berikan pilihan kepada konsumen jangan suruh mereka
menentukan sendiri.
Kemudian orang yang pernah
menghubungi kita jangan didiamkan. Hubungi kembali dan tawarkan promo dan paket
yang sedang anda jalankan. Ketika menghubungi sebut namanya agar dia merasa
dihargai.
Keempat. Mulai berjualan.
Buatlah jadwal promo pada peak
time antara jam 7-9 pagi, 12-13 siang, 4-6 sore dan 7-9 malam. Yaitu jam-jam
ketika orang sedang menuju tempat beraktifitas, pulang kerja, atau ketika
sedang istirahat. Karena saat itu orang banyak menggunakan sosmed. Promo ini harus kita lakukan secara rutin agar
setiap orang membuka sosmed, postingan kita bisa terlihat.
Perhatikan juga tanggal promo.
Biasanya di tanggal muda peluang orang membeli lebih besar. Untuk itu berikan
pemberitahuan menjelang promo. Misalanya 3 haris sebelum promo kita sudah
menginformasikan bahwa tanggal sekian kita akan promo sehingga orang sudah
mempersiapkan budgetnya. Atau bisa juga dengan menerapkan pree order dengan
memberikan bonus atau harga yang lebih murah agar mereka tertarik untuk segera
order. Untuk diketahui pada saat memulai
chatting jangan langsung menawarkan barang. Alangkah baiknya berkenalan dulu sambil
membangun keakraban.
Kelima, pisahkan wa pribadi
dengan wa jualan.
Jangan sampai anda menawarkan barang di wa pribadi. Karena
tidak semua orang senang bila ditawarkan barang dagangan. Kalau dia merasa terganggu bisa-bisa nomor wa kita diblokir dan dispam.
No comments:
Post a Comment