25 April 2018

CARA JUALAN DI WHATSAPP


Disamping sebagai sarana chatting, Whatsapp (WA) juga banyak digunakan untuk berjualan. Hal ini disebabkan karena fitur-fitur yang terdapat di whatsapp mudah digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain terutama konsumen. Kita bisa berkirim tulisan, gambar dan suara. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan whatsapp untuk berjualan? Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, perbanyak kontak.
Teman dan follower kita di medsos biasanya mencantumkan no wa di akunnya. Sebaiknya anda simpan no itu di kontak wa anda. Bagi yang tidak mencantumkan no wa anda bisa memintanya dengan cara membagikan ebook atau konten gratis. Namun untuk mengaksesnya harus dengan mencantumkan no wa. 

Cara lain adalah dengan membuat grup wa sebagai sarana untuk berbagi dan promosi. Sebagai admin anda harus membuat aturan tegas yang harus dipatuhi oleh anggota grup. Kalau ada yang melanggar anda berhak memberi peringatan. Tujuannya agar grup wa memberikan dampak positif bagi bisnis anda bukan malah berefek negatif.

Kedua, perbanyak sharing.
Porsi berbagi harus lebih banyak dari pada jualan. Misalnya 5 x berbagi, 1x jualan. Jangan sebaliknya, lebih banyak jualan dari pada sharing. Pada prinsipnya orang tidak suka ditawari berbagai produk terus-menerus. Andapun pasti akan terganggu bila ada orang yang setiap ketemu selalu menawarkan barang dagangan.

Selanjutnya bangun kedekatan dengan anggota sehingga meningkat menjadi teman dekat. Orang biasanya lebih percaya kepada teman dekat dan lebih tertarik membeli kepada orang yang sudah dipercaya. Jadi berinteraksilah dengan grup jangan sebatas melihat-lihat status orang tanpa bersosialisasi.

Ketiga, kuasai copywriting
copy writing adalah ilmu tentang cara-cara membuat naskah iklan. Disini biasanya dipelajari cara membuat judul yang memikat dan membuat tulisan yang menarik. Disamping itu juga diajarkan cara clossing yang mendorong orang untuk segera membeli.

Cara-caranya antara lain dengan memberikan bonus, menetapkan batas waktu, memberikan promo (paket hemat, paket ekslusif, discount), pree order, memberikan pilihan produk dan pilihan cara transfer. Intinya berikan pilihan kepada konsumen jangan suruh mereka menentukan sendiri.

Kemudian orang yang pernah menghubungi kita jangan didiamkan. Hubungi kembali dan tawarkan promo dan paket yang sedang anda jalankan. Ketika menghubungi sebut namanya agar dia merasa dihargai.  

Keempat. Mulai berjualan.
Buatlah jadwal promo pada peak time antara jam 7-9 pagi, 12-13 siang, 4-6 sore dan 7-9 malam. Yaitu jam-jam ketika orang sedang menuju tempat beraktifitas, pulang kerja, atau ketika sedang istirahat. Karena saat itu orang banyak menggunakan sosmed.  Promo ini harus kita lakukan secara rutin agar setiap orang membuka sosmed, postingan kita bisa terlihat.

Perhatikan juga tanggal promo. Biasanya di tanggal muda peluang orang membeli lebih besar. Untuk itu berikan pemberitahuan menjelang promo. Misalanya 3 haris sebelum promo kita sudah menginformasikan bahwa tanggal sekian kita akan promo sehingga orang sudah mempersiapkan budgetnya. Atau bisa juga dengan menerapkan pree order dengan memberikan bonus atau harga yang lebih murah agar mereka tertarik untuk segera order. Untuk diketahui pada saat memulai chatting jangan langsung menawarkan barang. Alangkah baiknya berkenalan dulu sambil membangun keakraban.

Kelima, pisahkan wa pribadi dengan wa jualan. 
Jangan sampai anda menawarkan barang di wa pribadi. Karena tidak semua orang senang bila ditawarkan barang dagangan. Kalau dia merasa terganggu bisa-bisa nomor wa kita diblokir dan dispam. 

No comments:

Post a Comment