21 April 2018

CARA BERJUALAN DI FACEBOOK


Seperti sudah kita bahas sebelumnya,  facebook merupakan sosial media yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu banyak orang memanfaatkannya untuk berjualan online. Lalu bagaimana cara menggunakan facebook sebagai sarana berjualan? Untuk diketahui ada beberapa fitur yang bisa kita gunakan untuk berjualan di facebook.

Pertama, akun personal
Menurut aturannya akun personal tidak diperbolehkan untuk berjualan. Bagi yang ingin memanfaatkan facebook untuk berjualan, facebook sudah menyediakan fitur halaman facebook. Namun pada kenyataannya tetap saja banyak orang yang memanfaatkan akun personal untuk berjualan karena kemudahan penggunaannya.

Walaupun kita menggunakan halaman facebook untuk berjualan, kita tetap harus memiliki akun personal. Tujuannya agar kita tetap bisa mengakses fasilitas promosi lainnya seperti fanspage, grup dan facebook ads. Bagi anda yang tetap ingin berjualan dengan akun personal, berikut langkah langkahnya.

Buatlah akun personal terlebih dahulu. Akun ini nantinya akan menjadi toko online atau brand anda. Misalnya anda ingin berjualan boneka maka anda bisa membuat akun facebook dengan nama “jual boneka barbie”, misalnya.

Kemudian pasanglah foto profil dengan foto produk anda. Tujuannya agar orang lebih mudah mengenal produk dan brand. Setelah itu mulailah memposting foto produk yang anda jual. Lengkapi dengan keterangan produk, bahan, cara pemesanan dan nomor kontak anda.

Langkah selanjutnya adalah memperbanyak teman di facebook. Semakin banyak teman di facebook semakin luas jangkauan pemasaran dan semakin banyak yang akan melihat postingan anda.

Sebaiknya anda mencari teman atau meng-add target pasar anda. Kalau sasarannya ibu-ibu maka add sebanyak-banyaknya ibu-ibu yang mungkin akan tertarik dengan produk anda.

Kemudian berinteraksilah dengan teman yang sudah anda add. Aktifklah memberikan komentar kepada teman-teman karena bisa jadi mereka akan menjadi konsumen anda.

Kedua, grup facebook
Grup facebook ada dua. Pertama grup yang anda buat sendiri, kedua grup yang dibuat oleh orang lain. Tentu yang paling nyaman digunakan untuk berjualan adalah grup yang anda buat sendiri. Namun berjualan di grup sendiri tidak seperti kita punya lapak toko untuk berjualan, dengan seenaknya menawarkan barang dan produk kita di grup.

Caranya adalah dengan membuat komunitas. Misalnya anda seorang penjual buku yang anda tulis sendiri. Maka buatlah komunitas pembaca buku anda. Buat grup facebook-nya kemudian undang mereka untuk bergabung di grup.

Lakukan interaksi dengan anggota grup. Silakan mereka untuk bertanya, sharing dan konsultasi tentang buku-buku anda. Sekali-kali andapun harus berbagi ebook atau video tutorial gratis kepada anggota. Tujuannya agar mereka senang bergabung di grup anda karena banyak manfaatnya.

Setelah hubungan cukup akrab barulah anda melakukan soft selling dengan menawarkan buku secara halus. Ketika anda menerbitkan buku baru postinglah cover bukunya di grup. Namun usahakan porsi jualannya tidak lebih banyak dari porsi berbaginya.

Kalau produk anda berbeda maka cara kerjanya hampir sama. Misalanya anda menjual produk kecantikan, maka buatlah grup tentang kecantikan. Buatlah artikel-artikel seputar kecantikan. Minta komentar dan tanggapan dari anggota grup.

Posisikan diri anda sebagai admin grup. tugas anda adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Setelah ada interaksi baru tawarkan produk anda secar halus.

Sementara untuk berjualan di grup orang lain tidaklah semudah kita berjualan di grup kita sendiri. Justru kita dilarang berjualan oleh adminnya. Untuk itu gunakan grup orang lain untuk promosi saja bukan untuk berjualan.

Ketiga, halaman facebook
Halaman facebook banyak digunakan untuk berjualan bahkan oleh brand-brand terkenal sekalipun. Caranya, pertama buatlah sebuah halaman di facebook.   Gunakan brand anda sebagai nama halamannya. Atau nama lain yang masih berkaitan dengan produk anda. Kalau anda penjual boneka maka tidak harus memberi nama “Jualan boneka”. Tapi anda bisa memberi nama halaman dengan “komunitas pecinta boneka” misalnya. Tujuannya agar orang-orang yang menyukai boneka tertarik bergabung di halaman facebook anda.

Selanjutnya isilah halaman anda dengan konten-konten yang menarik dan “bergizi” sehingga orang tertarik untuk membacanya. Jadi jualah di sosmed khususnya facebook tidak selalu menawarkan produk, tapi dengan mengedukasi anggota, memperkenalkan brand atau menginformasikan kegiatan/event yang akan anda adakan.

Selanjutnya perbanyaklah anggota dan fans halaman.  Semakin banyak fans semakin banyak pula orang yang melihat produk dan konten kita.

Keempat, facebook ads. (iklan facebook)
Facebook menyediakan fitur untuk beriklan secara berbayar. Fitur ini sangat efektif kalau anda bisa menggunakannya dengan tepat.

Secara umum fitur ini bisa kita manfaatkan untuk mengiklankan toko online, mempublikasikan penawaran produk dan menginformasikan event yang berkaitan dengan bisnis kita.

Untuk diketahui, dari sekian banyak fitur di facebook fitur inilah yan paling efektif dan praktis untuk beriklan. Karena kita dibantu oleh facebook sendiri dalam mempromosikan produk kita.

Caranya kita tinggal membuat iklan. Kemudian iklan itu akan ditayangkan kepada target audien yang sudah kita atur sebelumnya. Seperti domisilinya, jenis kelaminnya, usianya, hobinya, dll. Kita bisa mengatur sesuai dengan konsumen sasaran kita. Bahkan dengan biaya yang kecil anda bisa menjangkau ribuan orang.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memanfaatkan fitur facebook ads ini? Caranya dengan menyiapkan sebuah akun facebook yang aktif. Kemudian siapkan sarana pembayarannya untuk membayar biaya iklan. Bisa dengan menggunakan kartu kredit, paypal atau lewat ATM. Setelah menyiapkan dua hal itu anda sudah bisa beriklan di facebook ads. (Referensi : www.jefferlysuperclub.com)

No comments:

Post a Comment