Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menggunakan akun
facebook personal sebagai sarana berjualan. Pada tahap awal lakukan setting
dasar akun dengan memilih “public”. Tujuannya agar setiap postingan di timeline
bisa dilihat oleh orang banyak, tidak sebatas teman facebook kita saja.
Khusus untuk akun yang baru ada beberapa hal yang harus dilakukan agar
aman dari pemblokiran oleh pihak facebook.
1. Lengkapi
profil.
2. Aktivitas
di facebook seperti posting dan add friend jangan sampai lebih dari 50 kali
sehari.
3. Berinteraksi
dengan teman dengan memberikan like, share dan comment.
Intinya kita harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman
facebook, sehingga akun terlihat alami
dan natural oleh pihak facebook.
Kemudian, mulai memposting foto produk di timeline. Namun jangan
melulu posting foto produk tapi selingi dengan postingan yang bersifat
informatif seperti tips, tutorial dan artikel inspirasi. Kalau terlalu sering jualan orang tidak suka. Akibatnya
mereka tidak mau melihat postingan kita lagi.
Apalagi akun yang baru, porsinya harus lebih banyak sharing dari pada
jualan. Kecuali kalau teman kita sudah menunjukan ketertarikannya kepada produk
kita, tidak ada salahnya menawarkan langsung.
Lalu berapa perbandingan antara postingan jualan dengan postingan informatif?
Untuk tahap awal anda bisa mencobanya dengan memposting tiga status informatif
dan satu posting promosi atau jualan. Namun aturan ini tidak baku, anda bisa
memodifikasinya. Nanti berdasarkan pengalaman akan anda temukan perbandingan
yang tepat. Untuk jumlah postingan bisa
anda coba minimal lima kali sehari.
Lalu kapan waktu posting yang paling efektif? Apakah bisa kapan saja atau
ada waktu-waktunya? Sebaiknya posting status pada jam-jam orang banyak menggunakan
facebook, seperti pada jam-jam istirahat. Tujuannya agar postingan kita terlihat
oleh pengguna facebook. Karena pada saat istirahat banyak yang menggunakan
facebook. Kalau kita posting di luar jam tersebut maka status kita tidak akan terlihat
oleh orang, sudah tertimpa oleh status orang lain yang terbaru.
Sebelum melakukan promosi maka temukan dulu dimana calon konsumen kita
berkumpul. Biasanya mereka berkumpul di grup dan fanspage yang berkaitan dengan
produk yang kita jual. Untuk itu cari fanspage yang anggotanya banyak, masih
aktif dan interaksi (like dan comment) antara sesama anggotanya banyak. Tempat
lainnya adalah di grup facebook. Carilah grup-grup yang berkaitan dengan produk
yang kita jual.
Langkah selanjutnya adalah add friend dari fanspage dan grup yang
sudah anda temukan. Tapi jangan terlalu bayak, maksimal 50 orang perhari. Lakukan secara rutin setiap hari di akun
personal kita. Facebook membatasi 5000 teman yang bisa kita add di facebook
pribadi. Setelah itu mulailah anda melakukan penjualan baik dengan cara soft
selling (menjual secara halus) atau dengan hard seling (penjualan secara
langsung).
referensi : www.bisnisfokus.com
No comments:
Post a Comment