12 December 2011

Strategi Bisnis Asesoris Wanita




Asesoris biasanya lebih banyak diperuntukkan untuk wanita. Produknya sangat beragam mulai dari ikat rambut, jepit rambut, kalung, anting dan berbagai asesoris imitasi lainnya yang kebanyakan berasal dari China.
Bisnis asesoris wanita memiliki prospek yang cerah dan akan terus berkembang. Karena sudah menjadi kebutuhan wanita untuk selalu mempercantik penampilannya dengan berbagai asesoris.
Sebagaimana kita maklumi, asesoris lokal mengalami mati suri karena tidak bisa bersaing dengan asesoris impor dari China yang harganya jauh lebih murah. Sehingga tidak aneh kalau pedagang lebih memilih untuk menjual asesoris impor dari China.  
Asesoris yang laku di pasaran biasanya asesoris yang sedang tren di kalangan selebritis. Hal ini biasanya karena ada artis terkenal yang memakai  asesoris tersebut.
Yang cukup menarik adalah kebiasaan wanita yang sering kehilangan asesorisnya, terutama yang kecil-kecil seperti jepit rambut, ikat rambut, dan bros. Mungkin karena menyimpan sembarangan sehingga sering lupa ketika diperlukan. Ujungnya mereka memilih untuk membeli yang baru dari pada menghabiskan waktu untuk mencarinya. Jadi wanita akan sering membeli asesoris, bukan hanya karena butuh tapi karena perubahan mode dan kehilangan.

Jenis produk
Produk asesoris sangat beragam seperti ikat rambut, jepit, cincin, kalung, bandana, bros dll. Inilah sebagian produk asesoris yang lazim dipakai oleh wanita disamping masih banyak produk asesoris lainnya. tentunya Anda harus  menyesuaikan dengan segmen pasar anda.

Prospek usaha
Untuk skala bisnis silakan disesuaikan dengan kemampuan modal yang anda miliki, apakah menjadi pedagang eceran atau grosir. Tapi kalau pemula sebaiknya mulai dengan pedagang eceran dulu sambil mempelajari seluk beluk bisnisnya. Kalau sudah paham dan modal mencukupi, tidak ada salahnya mencoba menjadi pedagang grosir. Karena jelas menjual ke pedagang akan mendatangkan omset dan keuntungan yang lebih besar di banding sekedar menjual kepada pemakai langsung.

Lokasi
Lokasi yang cocok untuk berjualan asesoris biasanya dekat  sekolah, di mall, dan di tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungii Di samping itu di acara-acara pameran tertentu khususnya acara yang banyak dikunjungi oleh wanita tentu akan menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Modal
Untuk membuka usaha asesoris tidak harus dengan modal besar. Bahkan dengan modal 500 ribu rupiah pun sudah bisa untuk mengawali bisnis asesoris. Dengan merintis dari bawah dan modal kecil maka resiko pun bisa diperkecil. Disamping itu kemampuan mengelola uang bisa kita lakukan secara bertahap. Kalau kita mulai dari modal besar maka resikonya tentu besar pula.
Disamping itu harga barang-barang asesoris juga beragam mulai dari yang murah sampai yang mahal. Produk asesoris juga lebih awet dan tahan lama. Bahkan modelnya pun tidak pernah kadaluarsa karena biasanya tren asesoris berulang. 

Pusat grosir
Sebaiknya anda belanja di toko grosir agar lebih murah. Biasanya kalau anda belanja di grosir,  hitungannya lusinan(12 buah) atau per gros(144 buah). Belanja 1 gros tentu lebih murah dari pada belanja 1 lusin.
Juallah barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen anda agar lebih laku. Jangan lupa mengecek barang-barang yang kita beli karena ada saja beberapa buah yang rusak dan patah.
Di Bandung ada beberapa toko grosir asesoris seperti di Pasar Baru, Cibadak, dan Dewi Sartika. Tapi kalau ingin lebih lengkap bisa langsung ke Pasar Pagi, Jakarta. Bila belanja ke Jakarta sebaiknya membeli dalam jumlah banyak karena ongkosnya juga harus diperhitungkan.
Seperti sudah disampaikan, pusat grosir asesoris terlengkap ada di Pasar pagi Asemka, Jakarta.  (China Trade Center). Rutenya kalau dari arah blok M bisa naik busway dan turun di Glodok. Kemudian jalan kaki sekitar 500 m ke arah kiri. Selain itu masih ada beberapa pusat grosir lainnya seperti Pasar Jatinegara, tepatnya di dekat stasiun Jatinegara. Sedangkan untuk asesoris yang harganya cukup mahal dan bermerk ada di ITC Mangga Dua. Anda bisa naik angkot dari stasiun Jakarta kota menuju ke ITC Mangga Dua. Di sana anda bisa membeli dalam jumlah partai ataupun eceran.
Kalau mau menjadi pedagang grosir sebaiknya anda berbelanja di Jakarta karena lebih lengkap dan lebih murah. Tapi kalau  hanya sebagai pengecer, anda bisa belanja di toko grosir yang ada di kota anda.

Pengemasan
Sebaiknya setiap barang dikemas dengan plastik agar tidak cepat kotor dan rusak. Disamping itu barang kita bisa lebih tahan lama kalau  dikemas, sehingga kita bisa menjual dalam jangka waktu yang panjang. Di toko grosir biasanya juga dijual plastik dan label kemasan. Anda bisa membeli langsung di sana. Namun sebagian produk asesoris sudah dilengkapi dengan plastik pembungkus, sehingga kita tidak harus membeli lagi.
Lebih baik lagi kalau barang anda diberi label dengan merek sendiri supaya lebih ekslusif. Anda bisa memesan sendiri ke percetakan bentuk dan model label yang anda inginkan. Anda bisa meniru label yang ada di pasaran dengan sedikit memberikan modifikasi agar tampak lebih unik dan menarik.  

Harga jual
Harga jual bergantung pada keuntungan yang ingin kita dapatkan dengan memperhitungkan biaya-biaya yang telah dikeluarkan. Biasanya harga jual 2-3 kali lipat dari modal. Namun anda harus melihat juga harga pesaing. Kalau harga jual anda lebih mahal bisa jadi orang akan beralih ke pesaing Anda. Tidak ada salahnya anda menerapkan strategi: sedikit untung banyak laku, yang penting perputarannya cepat.

Keuntungan
Keuntungan berjualan asesoris bisa mencapai 100%-200%. Disamping itu, beberapa produk asesoris harganya relatif murah sehingga bisa kita geluti dengan modal kecil. Keuntungan lainnya, produk asesoris lebih awet dan tidak cepat kadaluarsa.
     Tren asesoris biasanya berulang, oleh karena itu jangan takut kalau barang belum habis. Suatu saat ketika tren asesoris kembali berulang, anda bisa menjual kembali asal kemasannya masih rapi dan barang tidak cacat.

Pengaturan keuangan
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah masalah pencatatan keuangan. Pencatatan yang rapi dari awal akan sangat membantu dalam pengembangan usaha anda ke depan. Apalagi anda yang baru mulai berbisnis, pencatatan yang rapi akan memudahkan anda mengetahui untung dan rugi serta perkembangan usaha anda. Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment