17 December 2011

Bisnis Rumah Barbie



Seiring dengan boming-nya mainan boneka barbie, maka berbagai asesorisnya pun diminati. Mulai dari rumah barbie, tempat tidur, sofa, meja rias, ayunan, dan berbagai perlengkapan barbie lainnya. Hal ini tentu bisa anda jadikan sebagai peluang usaha. Apalagi bagi anda yang senang membuat kerajinan berbahan kayu.
Jenis produk
Rumah boneka barbie sendiri bisa anda buat dalam berbagai ukuran. Untuk ukuran kecil biasanya terdiri dari satu lantai dengan ukuran 50x50x60 cm. Harga jual yang dipatok biasanya Rp. 250.000. Kemudian untuk ukuran sedang terdiri dari dua lantai dengan ukuran 80x80x115 cm. Harganya dua kali lipat dari ukuran kecil yaitu sekitar Rp. 500.000. Sedangkan untuk ukuran besar yang terdiri dari 3 lantai dan berukuran 80x80x120cm. harganya mulai dari Rp. 650.000 – Rp. 800.000. Namun ukuran dan harga ini relatif. Anda bisa menentukan sendiri standar produk masing-masing.
Untuk mendapatkan bahan yang murah, anda bisa membeli kayu sisa-sisa bangunan atau membeli dari pemulung. Namun barangnya tidak selalu tersedia. Untuk itu anda harus membeli bahan yang masih baru di toko bangunan. Tentunya dengan harga yang lebih mahal. Tapi demi kualitas, tidak akan rugi menggunakan bahan yang bagus. 
Rumah boneka yang berkualitas biasanya tahan 2 - 3 tahun, asal dirawat dengan baik. Sebagai servise tambahan, anda bisa memberikan layanan pengecatan ulang kepada konsumen. Tentunya dengan harga yang terjangkau.
Bahan dan alat
Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan rumah barbie antara lain : triplek, kayu reng jenis meranti, cat duco, tiner, paku, dan amplas. Sedangkan untuk pewarnaan sebaiknya menggunakan cat mobil. Selain tidak bau, cat mobil juga lebih tahan cuaca. Di samping itu anda juga perlu mempersiapkan beberapa peralatan seperti semprotan cat, gergaji, palu, dan tang yang semuanya bisa anda beli di toko bangunan.
Ada baiknya anda mengerjakan rumah barbie ini dengan memperhitungkan cuaca. Kalau mengerjakan di musim hujan kemungkinan catnya akan susah kering. Sebaliknya kalau di musim panas tentu akan lebih cepat kering. Karena untuk pengeringan cat masih bergantung kepada sinar matahari.
Pemasaran
Untuk pemasaran bisa anda tempuh beberapa cara. Antar lain dengan membuka toko sendiri, supplier di toko mainan, atau lewat pameran dan bazzar. Tentunya kalau kualitas produk kita bagus, orang akan puas dan akan menjadi pelanggan kita. Bahkan konsumen pun tidak akan segan-segan merekomendasikan kepada temannya.***




3 comments:

  1. tepat sekali gan,, salam saya dari Toko Rumah Barbie Kebon Jeruk, Jakarta Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow ..saya sering lewat didepan toko anda..bagaimana penjualan Rumah Barbie yang anda geluti selama ini.. Luar biasa kah?..terimakasih sharenya

      Delete
  2. visit http://barbiekebonjeruk.blogspot.com/

    ReplyDelete