26 November 2011

Memotivasi diri, Orang lain, dan Tim



Motivasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Motivasi merupakan penggerak  seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi harus diterapkan bukan hanya kepada diri sendiri tapi juga perlu dilakukan terhadap orang lain dan tim, terutama bagi para pengusaha.

Berikut akan kita bahas satu persatu bagaimana memotivasi diri, orang lain dan tim.

Memotivasi Diri
Untuk memotivasi diri maka ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Langkah-langkah ini akan efektif kalau benar-benar diterapkan.
  1. Tetapkanlah target kita dan siapkan sebuah hadiah bagi diri kita bila berhasil mencapai target. Tidak usah menunggu hadiah dan penghargaan dari orang lain. Cukup kita sendiri yang menyiapkan dan kita sendiri yang tahu. Ini akan membantu memotivasi diri sendiri.
  2. Carilah tokoh panutan yang bisa dijadikan tauladan. Mereka bisa dijadikan motivator kita dalam kesuksesan. Dengan adanya tauladan, akan lebih mudah bagi kita untuk meraih sasaran karena ada contohnya.
  3. Bayangkan tujuan kita dan simpan dalam pikiran. Yakinah kalau hal ini kita lakukan secara kontinyu maka tujuan kita akan lebih mudah terwujud.
  4. Carilah lingkungan yang kondusif.. Hal ini akan sangat membantu kita untuk tetap termotivasi. Bahkan ketika kita sudah tidak sanggup lagi memotivasi diri maka peranan itu akan diambil alih oleh lingkungan kita.
  5. Jangan menjadi orang yang setengah-setengah dan suka menahan diri. Jadilah orang yang berjuang sekuat tenaga untuk meraih impian kita.
  6. Jangan pernah kehilangan motivasi dalam situasi sesulit apapun. Kalau kita kehilangan motivasi maka kita tidak memiliki apa-apa lagi. Kemampuan kita memotivasi diri akan menjadi kekayaan terakhir kita ketika segalanya sudah tidak ada.

Memotivasi Orang Lain
Untuk memotivasi orang lain maka ada beberapa cara yang dapat kita lakukan
  1. Ketahui apa yang diinginkan oleh orang lain. Kalau perlu bantulah mereka untuk mengetahui keinginannya. Tidak sedikit orang yang bingung dengan apa yang diinginkannya. Kalau kita sudah mengetahui, tunjukkan dan beritahukan bagaimana cara mendapatkannya.
  2. Jadilah pendengar yang baik dan jangan mendominasi pembicaraan. Dengan banyak mendengar, orang merasa dihargai dan akan termotivasi untuk berubah menjadi lebih baik.
  3. Jangan menyalahkan orang lain, tapi katakanlah hal-hal yang sudah dilakukannya dengan benar. Selanjutnya kita tinggal memberi saran dan masukan untuk lebih meningkatkan hasilnya.
  4. Sampaikanlah berita yang positif dan informasi yang mendukung orang untuk maju. Jangan menggunakan kata-kata yang melemahkan.
  5. Berikanlah harapan-harapan yang realistis dan bisa diraih. Setiap orang akan bisa bertahan dalam segala situasi dan kesulitan apabila dia mempunyai harapan yang lebih baik di masa depan. Kalau kita bisa memberikan harapan maka orang akan termotivasi.

Memotivasi Tim
Sebagai seorang entrepreneur  tentu kita akan memiliki karyawan dan staf yang akan menjalakan operasaional usaha kita sehari-hari. Agar tim kita bisa bekerja dengan optimal, kita dituntut memiliki kemampuan memotivasi. Cara yang dapat dilakukan  adalah :
  1. Meyediakan bagi tim kita kondisi kerja yang baik. Dengan adanya suasana kerja yang baik dan kondusif maka karyawan akan bisa bekerja dengan optimal dan efektif.
  2. Jelaskan kepada tim apa visi perusahaan kita. Apa yang ingin diraih dan dicapai. Dengan jelasnya visi perusahaan maka karyawan akan memiliki tujuan yang jelas sehingga dia akan bekerja dengan semangat.
  3. Berikan tim sebuah sasaran yang jelas dan bisa dicapai. Hal ini akan membantu tercapainya misi perusahaan.
  4. Promosikanlah identitas tim. Hal ini akan menimbulkan rasa kebersamaan dan kekompakkan dalam tim. Dampaknya,  pekerjaannya akan lebih mudah diselesaikan karena bersama-sama.
  5. Pastikan tim kita menjadi orang-orang yang positif. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu berbicara hal-hal positif dan baik kepada tim kita. Jangan bicara sesuatu yang negatif dan kontra produktif dengan misi perusahaan.
Disamping itu perlu juga kita waspadai hal-hal yang akan menghambat proses motivasi. Diantaranya adalah:
  1. Perasaan kurang percaya diri. Perasaan ini akan menyebabkan orang tidak yakin dengan kemampuan dirinya terutama dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Akibatnya dia kehilangan kemampuan untuk memotivasi diri sendiri.
  2. Perasaan cemas juga menjadi penghalang motivasi. Hindari dengan banyak melakukan hal yang positif. Pikiran negatif biasanya mudah merasuki orang yang kurang pekerjaan dan banyak melamun.
  3. Berpikir negatif. Pikiran negatif datangnya dari setan. Setan tidak pernah membisikkan kecuali kebohongan dan tipuan. Oleh karena itu, jangan pernah larut dengan pikiran negatif. Segera kembali menyibukkan diri dengan pikiran positif dan kegiatan yang produktif. Kalau tidak hal ini akan menghambat kemampuan kita dalam memotivasi diri. Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu).” (QS Faathir [35]:6)
  4. Merasa tidak memiliki masa depan. Perasaan ini akan membuat kita tidak bersemangat dan putus asa karena merasa tidak punya masa depan. Yakinlah dalam situasi sesulit apapun orang akan dapat bertahan kalau dia masih memiliki secercah harapan akan sesuatu yang lebih baik di masa depan. Berharaplah kepada Allah yang tidak akan pernah mengecewakan. Merasa diri tidak penting. Perasaan ini akan membuat kita minder dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Akibatnya kita akan semakin merasa terkucil. Hal ini jelas akan menghambat motivasi kita.
  5. Merasa tidak tahu dengan apa yang sedang terjadi. Jangan sampai ketinggalan informasi terutama tentang kejadian yang sedang hangat dibicarakan di lingkungan kita. Wallahua’lam. ***






No comments:

Post a Comment