06 November 2011

Hakikat Doa


Dalam bukunya ”Doa orang-orang sukses”, ustad Aam Amirudin menjelaskan pengertian doa dan peranannya dalam kehidupan. 
Pertama, Doa berarti permintaan kepada Allah Swt. Hal ini tercermin dari ayat,  “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS al mukmin [40]: 60) Kata-kata berdoalah kepada-Ku berarti mintalah kepada-Ku kata Allah maka pasti akan Aku kabulkan. 
Kedua, doa bermakna permohonan, seperti dijelaskan pada ayat berikut. “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al A’raf[7]:55) Pada ayat ini Allah memerintahkan agar kita berdoa dengan merendahkan diri. Artinya memohon dengan dibarengi perasaan bahwa kita orang yang sangat butuh dan rendah diri di hadapan Allah. 
Ketiga, doa bermakna panggilan, hal ini dijelaskan dalam ayat, “Yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, bahwa kamu tidak berdiam kecuali sebentar saja.” (QS Al Isra [17]: 52). 
Keempat, doa bermakna pujian, seperti disebutkan dalam ayat “Katakanlah, ‘Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaul husna dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS Al Isra [17]: 110). Ayat ini memberi tuntunan bahwa kalau kita berdoa sebaiknya diawali dengan asmaul husna yang merupakan pujian pada Allah Swt. 
Oleh karena itu, dapat disimpulkan doa artinya ucapan yang disampaikan dengan kerendahan hati, penuh harapan, yang berisi permohonan atau pujian kepada Allah Swt. dan dilakukan dengan cara-cara tertentu.
Salah satu keunikan doa adalah ibadah ini tidak menuntut syarat dan rukun yang ketat. Doa bisa dilakukan kapan dan di mana saja kita perlukan. Ditinjau dari ilmu psikologi modern diketahui bahwa doa merupakan bentuk penegasan berulang ulang kepada pikiran bawah sadar kita untuk meraih keinginan kita. doa merupakan sebentuk sugesti kepada diri kita dan orang lain yang memberikan efek dan dampak yang positif. Sehingga lewat doa kita bisa mengatasi berbagai masalah.***(Yopi Nasir)


No comments:

Post a Comment