05 November 2011

Sukses Bisnis dengan Doa


Satu hal yang selalu ada dalam kehidupan kita adalah masalah. Bahkan kehidupan kita adalah perpindahan dari satu masalah ke masalah yang lain. Mulai sejak bangun tidur Sampai tidur lagi kita berhadapan dengan yang namanya masalah dan kita harus mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi.
Begitulah tabiat kehidupan yang dijadikan sebagai ladang ujian bagi manusia. Ujian itu berguna untuk mengetahui mana manusia yang beriman dan mana yang tidak. Sebagaimana firman Allah Swt, ”Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap harta dan dirimu.” (QS ali imran [3]:186).
Namun, kita tidak usah khawatir dengan setiap masalah yang menghadang kita. Allah sudah menyediakan solusi dan jalan keluarnya. Syaratnya hanya dua, asal kita mau berdoa dan berikhtiar. Kalaupun kita tidak mampu menyelesaikan maka kita disuruh menyerahkan dan memasrahkan semua permasalahan kita kepada Allah Swt.
Lalu kenapa ada masalah yang berlarut-larut sehingga membuat manusia stres? Hal ini terjadi karena manusia tidak mengembalikan masalahnya kepada Allah. Dia berusaha memikirkannya sendiri. Padahal otak manusia sangat terbatas kemampuannya. Sehingga tidak setiap masalah bisa kita atasi dengan mengandalkan otak kita. Namun dengan bermohon kepada Allah dan meminta bantuan-Nya, maka setiap masalah pasti akan bisa kita selesaikan.
Bakankah saat ini sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan kedahsyatan dan keampuhan doa? Hasilnya, doa sangat efektif dalam mengatasi setiap masalah manusia. Sebagaimana firman Allah swt, ”Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS al Mukmin [40]:60)
Hebatnya lagi, doa tidak hanya berdampak buat diri kita tapi juga buat orang lain yang kita doakan. Sebagaimana kita ketahui manusia merupakan ikatan energi yang saling berhubungan. Hubungan antar energi ini salah satunya bisa dilakukan lewat doa. Ketika kita berdoa dengan ikhlas maka ada energi yang kita lepaskan dan alirkan kepada orang lain. Energi ini akan bekerja sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ketika kita mengharapkan kebaikan buat orang lain maka kebaikan itu akan sampai kepada orang yang kita doakan.
Hal ini mungkin sudah sering kita lakukan dan alami. Kita pernah minta doa dari kiai, orang saleh, orang tua, bahkan dari teman untuk kesembuhan penyakit atau kelancaran suatu urusan. Hal ini dipahami oleh ilmu modern dengan meminta kiriman energi positif dari mereka sehingga apa yang kita harapkan tercapai.
Dari sisi psikologi pun diketahui bahwa kita akan mendapatkan apa yang selalu kita harapkan. Ketika harapan itu kita ulang-ulang di setiap doa-doa kita maka akan tersimpan dalam pikiran bawah sadar kita sehingga suatu saat akan terwujud dalam kehidupan nyata.
Itulah sebabnya Allah menyuruh kita beribadah selama hidup  karena pada intinya ibadah itu adalah doa. Sebagaimana disabdakan dalam sebuah hadist rasulullah, ”Doa itu adalah inti ibadah.” (HR Turmudzi) Di hadist yang lain juga dikatakan, “Doa adalah senjata tiap orang beriman, dasar islam dan pelita bumi dan langit.” (HR al Hakim)
Namun, selama ini doa hanya sering dipanjatkan di mesjid-mesjid dan di acara-acara keagamaan. Padahal doa itu merupkan senjata yang bisa digunakan dalam setiap urusan. Bahkan di setiap tahapan bisnispun doa sangat efektif digunakan untuk membantu agar bisnis kita terhindar dari kerugian, jauh dari cara-cara yang haram, mendapatkan keuntungan yang berlipat, dan agar bisnis kita tetap berada di jalan Allah.  Yakinlah bahwa bisnis yang disertai dengan doa akan menghasilkan keuntungan yang berkah dan melimpah. “Doa itu adalah senjata bagi orang Mukmin, tiang agama, dan cahaya di langit mau­pun di bumi.” (HR. Hakim).





No comments:

Post a Comment