27 November 2011

Peluang Bisnis Muslim



Seiring dengan meningkatnya kebutuhan umat Islam akan informasi dan produk Islami maka hal ini telah membawa dampak yang positif bagi perkembangan produk-produk Islami.

Umat Islam sekarang mulai gandrung dengan brand Islami. Umat Islam mulai bangga dengan identitas keislamannya. Wanita tidak malu-malu lagi menunjukkan keislamannya dengan berpakaian muslim lengkap dengan jilbabnya. Hal ini tidak dipungkiri karena meningkatnya perekonomian dan keilmuan umat Islam yang jumlahnya mayoritas di Indonesia.

Berbeda halnya sebelum tahun 90-an dimana orang masih malu-malu menunjukkan keislamannya. Masih jarang orang yang memakai jilbab dan buku-buku keislamannya pun belum sebanyak sekarang. Bahkan sebagian orang malu mengakui keislamannya. Aktifitas dan kegiatan keislaman pun tidak sebebas sekarang. Masih banyak pelarangan-pelarangan dari aparat pemerintah dan keamanan. Sampai-sampai dakwahpun selalu diawasi agar tidak berujung kepada sikap antipati terhadap pemerintah.

Namun masa itu sudah berlalu. Sekarang adalah masa kebangkitan Islam di Indonesia. Walaupun di sana sini masih banyak kekurangannya tapi dibanding dulu sudah ada peningkatan. Bank-bank syariah bermunculan begitu juga asuransi syariah, hotel syariah, swalayan syariah dan lain sebagainya yang berbau syariah.

Semua itu jelas ada implikasinya kepada sektor bisnis. Banyak sekali peluang bisnis bermunculan seiring dengan meningkatnya animo masyarakat kepada keIslaman. Diantara bisnis muslim yang berkembang adalah buku-buku keislaman, busana muslim, mainan edukasi muslim, swalayan muslim, asesoris muslim, multi media Islami, salon muslimah, Islamic wedding, dan banyak lagi bisnis Islami lainya yang tumbuh bak jamur di musim hujan.

Banyak yang sudah sukses menggeluti bisnis Islami ini. Di bidang penerbitan antara lain ada mizan, syamil, GIP, Diponegoro, Fatahillah, Alkautsar,  Di bidang busana muslim ada Syafira, Rabbani, dannis, Nun collection, Permata. Di bidang mainan edukasi muslim ada Haula toys dan Annisa. Di bidang multi media ada NCR (nada cipta raya), ikhlas media, trusco, dll. Di bidang pernak pernik Islam ada Amani, alwustho, kitijar. Dan masih bayak lagi pebisnis muslim yang sukses menangkap peluang pasar muslim ini.

Sekarang tinggal menentukan bisnis apa yang akan anda geluti. Silakan anda mencermati peluang-peluang yang ada di lingkungan anda dan anda mempunyai peluang utuk mencobanya. Masih banyak bidang-bidang bisnis muslim yang terbuka untuk dikembangkan termasuk bisnis pengobatan Islami, Islamic wedding, salon muslimah, hotel muslim, dan makanan muslim, semuanya menunggu untuk dikembangkan.

No comments:

Post a Comment