30 November 2011

Jualan Sandal



Sandal sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Tidak hanya di luar rumah, di dalam rumah pun orang biasa menggunakan sandal. Apalagi bagi orang tua yang sudah tidak kuat menginjak lantai keramik di rumahnya karena dingin, sehingga sudah menjadi keharusan bagi mereka untuk menggunakan sandal di rumah. Bedanya sandal yang digunakan di rumah lebih ringan, tipis dan bahannya lebih lembut.
Di samping sandal rumah ada juga jenis sandal lainnya yang sering digunkan oleh para orang tua. Diantaranya adalah sandal kesehatan, sandal jepit, dan sandal untuk ke luar rumah.
Untuk anda ketahui wanita lebih sering bergonta ganti sandal. Mereka membeli sandal bukan karena butuh saja tapi juga mengikuti trend dan menyesuaikan dengan busana yang dipakai. Sehingga peluang bisnis sandal wanita akan lebih prospek dibanding menjual sandal pria.

Memulai Usaha
Banyak jenis sandal yang bisa anda jual khususnya kepada para manula. Manula sering  mengalami gangguan kesehatan sehingga yang laku biasanya sandal kesehatan. Salah satunya adalah sandal jarum yang dapat mengobati rematik dan melancarkan peredaran darah. Sandal ini terbuat dari bahan plastik yang ada duri-duri kecilnya. Sandal ini memang dirancang untuk memperlancar peredaran darah bila dipakai. Harganya juga terjangkau sekitar Rp. 15.000/pasang. Kalau harga grosiran tentu akan lebih murah lagi.
Selain itu juga ada sandal kesehatan dari kayu. Bentuknya hampir sama cuma bahannya terbuat dari kayu. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan bila rutin menggunakan sendal kesehatan ini. Diantaranya penyakit mata, jantung, paru-paru, usus, dan pencernaan. Kayu-kayu yang menonjol pada sandal ini berfungsi untuk memijit titik syaraf pada telapak kaki dan memperlancar peredaran darah.  Harganya sekita Rp. 25.000/pasang.
Kalau tertarik anda bisa mencoba membelinya secara kulakan di Pasar pagi Jakarta. Salah satunya adalah di toko Mutiara yang merupakan importir berbagai produk cina. Di sana berbagai sandal kesehatan dijual dengan harga yang terjangkau. Sedangkan di Bandung anda bisa membelinya di Pasar Baru. Berbagai jenis sandal juga ada di sana.
Jenis sandal yang juga prospek untuk orang tua adalah sandal rumahan. Sandal ini terinspirasi dari sandal yang disediakan di kamar hotel. Sandal ini tidak diperjualbelikan tapi sudah menjadi salah satu fasilitas untuk tamu hotel. Namun kalau di hotel bahannya tipis sedangkan sandal rumahan yang model baru dibuat lebih tebal. Biasanya dijual Rp.6000. dari sana kita sudah bisa untung Rp. 2000-3000 dari satu buah sandal.

Strategi Usaha
Sandal cocok di jual di event-event bazaar, pasar kaget mingguan, dan di pasar-pasar di daerah anda. Pilihlah sandal-sandal yang sedang trend karena akan banyak dicari oleh konsumen. Disamping itu sandal jepit dengan berbagai merek tetap bagus penjualannya. Sandal ini biasanya digunakan untuk berbagai aktifitas terutama di rumah. Salah satu grosirnya ada di jalan Sudirman, Bandung.
Strategi penjualan lainnya adalah dengan menjadi suplier di toko-toko. Anda bisa mengambil dari pabrik atau distributor kemudian menitipkannya di toko-toko sandal. Pilihlah produk-produk yang cocok untuk konsumen orang tua. Biasanya salah satu lokasi yang cocok adalah di sekitar mesjid. Selalu saja ada orang yang kehilangan sandal di mesjid dan biasanya dia akan membeli sandal sementara berupa sandal jepit. Ini merupakan peluang tersendiri bagi anda.

Analisa usaha
Modal awal Rp. 5.000.000
Sewa lapak/stand Rp.500.000
kulakan Rp. 4.500.000
Biaya operasional per bulan Rp. 300.000
Pemasukan perbulan Rp. 3.500.000
Laba per bulan Rp. 3.200.000
Perhitungan balik modal Rp. 5.000.000: Rp. 3.200.000 =1.5 bulan

1 comment:

  1. BUTUH ANGKA JITU DAN AKURAT YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL JAMIN 100% KARNA ANGKA RITUAL AKI MANGKUBONO -0852-0333-3887

    ReplyDelete