30 November 2011

Jualan Tongkat



Peluang bisnis alat kesehatan sangat cocok dengan segmen pasar manula. Karena faktor usia yang terus bertambah manula sering mengalami masalah dengan kondisi kesehatan. Namun bisnis alat kesehatan ini cakupannya sangat luas. Berbagai peralatan rumah sakit juga termasuk di dalamnya. Oleh sebab itu, ada baiknya anda fokus menggarap produk kesehatan berupa alat-alat kesehatan praktis yang sering dibutuhkan oleh manula. Salah satunya adalah tongkat untuk alat bantu berjalan. 
Sebagaimana kita ketahui, kemampuan kaki para manula untuk menopang tubuh sudah mulai berkurang sehingga tidak sedikit orang tua yang membutuhkan bantuan tongkat ketika berjalan. Apalagi manula yang habis menjalani perawatan rumah sakit karena stroke, mereka biasanya membutuhkan tongkat untuk berjalan.
Namun pada dasarnya penggunaan tongkat sudah identik dengan manula. Setiap orang yang sudah lanjut usia biasanya memiliki tongkat yang sering dibawa-bawa ketika berjalan. Apalagi yang kakinya sudah tidak kuat atau terkena penyakit. Sehingga sampai saat ini tongkat masih menjadi kebutuhan utama bagi manula.
Saat ini model dan bentuk tongkat sudah banyak mengalami perkembangan dan tampak semakin praktis dan multifungsi. Hal ini tentu merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. 

Memulai Usaha
Untuk memulai usaha ini anda bisa awali dengan menjadi pengecer. Belilah berbagai model tongkat di grosir alat kesehatan. Saat ini banyak tongkat multifungsi produk impor dari Cina yang beredar di pasaran. Salah satu pusat kulakannya ada di Pasar Pagi Jakarta, tepatnya toko Mutiara yang merupakan importir produk-produk Cina.
Kalau tidak memungkinkan ke Jakarta, anda bisa membelinya lewat internet. Cobalah  searching dengan mengetik kata “alat kesehatan” maka anda akan menemukan banyak grosir dan distributor alat kesehatan.
Banyak model tongkat yang bisa jadi pilihan anda untuk dijual. Salah satu tongkat multifungsi yang cukup diminati saat ini adalah tongkat yang berfungsi sebagai kursi yang dijual dengan harga sekitar seratus ribuan perbuah. Kalau anda membeli kulakan tentu harganya lebih murah.
Disamping itu anda akan menemukan beragam tongkat lain dengan model dan harga yang beragam. Anda bisa membelinya dengan harga grosir dan kemudian menjual secara eceran. Namun anda harus memperhitungkan ongkos kirimnya yang nantinya akan menjadi komponen harga jual kepada konsumen. 

Strategi Usaha
Setelah anda membeli dari grosir maka anda bisa mulai menjualnya di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh manula atau di tempat-tempat keramaian lainnya. Seperti di lapangan olah raga, taman lansia, puskesmas, rumah sakit atau langsung ke panti-panti jompo dengan menawarkan langsung kepada pengelolanya.
Namun sebaiknya anda menjual tongkat dengan beragam pilihan dan harga. Tujuannya agar konsumen memiliki banyak alternatif. Salah satunya adalah dengan menjual tongkat sederhana dari rotan atau jenis kayu lainnya yang lebih terjangkau harganya. Biasanya produk ini merupakan produk dalam negeri. Anda bisa mencobanya terutama untuk segmen menengah ke bawah.

Analisa Usaha
Modal awal Rp. 5.000.000
Sewa lapak perbulan Rp.500.000
Kulakan Rp. 4.500.000
Biaya operasional per bulan Rp. 500.000
Pemasukan perbulan Rp. 2.500.000
Laba per bulan Rp. 2.000.000
Perhitungan balik modal Rp. 5.000.000: Rp. 2.000.000 =2.5 bulan


No comments:

Post a Comment