29 November 2011

Counter Kaos Kaki



Kaos kaki merupakan kebutuhan setiap orang. Dari anak-anak sampai orang tua membutuhkan kaos kaki. Apalagi di daerah-daerah yang suhu udaranya cukup dingin seperti kota Bandung. Sehingga tidak heran kebutuhan akan kaos kaki terus mengalami peningkatan.
Apalagi saat ini produk kaos kaki sudah sangat beragam dan bervariasi, baik dari segi model, fungsi maupun harga. Hal ini membuat pilihan konsumen semakin banyak. Semua ini tentu akan membuat bisnis kaos kaki akan semakin bergairah dan menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Memulai Usaha
Mulailah dengan membeli beberapa lusin kaos kaki di distributor yang ada di daerah anda. Tentunya disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Harganya berfariasi sesuai dengan kualitas, model, dan ukurannya. Harganya berkisar antara Rp. 36.000 – Rp. 96.000/lusin. Bahkan ada kaos kaki obral yang lebih murah lagi. Harga jualnya Rp. 5.000/2 pasang atau Rp. 10.000/3 pasang. Kalau kita beli kulakan tentu akan lebih murah lagi.
Lalu dimana sebaiknya berjualan kaos kaki? Salah satu tempat berjualan kaos kaki yang bagus adalah di tempat-tempat pengajian atau majelis taklim. Apalagi kaus kaki muslimah, cocok sekali dijual di sana. Lokasi lain adalah di event-event bazaar kegiatan muslim dan pameran buku islam.
Berdasarkan pengalaman, kaos kaki merupakan produk yang cukup laku di event bazzar. Bahkan pernah dalam sebuah pameran buku selama 9 hari, dengan memajang di satu rak berukuran 1x1 meter saja omsetnya bisa mencapai 7 juta lebih. Ini termasuk besar untuk produk kaos kaki.

Strategi Usaha
Khusus untuk orang tua, kaos kaki yang disukai biasanya yang polos dan tidak terlalu banyak motifnya. Begitu juga dengan pilihan warna, orang tua lebih suka dengan warna alami seperti coklat muda, hitam atau putih. Jadi kalau segmen pasar anda orang tua sebaiknya warna inilah yang diperbanyak.
Disamping itu tren kaos kaki saat ini khususnya untuk muslimah adalah kaus kaki yang praktis. Hal ini sudah ditanggapi oleh produsen kaos kaki dengan memproduksi kaos kaki wudu. Kaos kaki ini sedang trend saat ini dimana untuk membukanya tidak harus keseluruhannya. Cukup dengan menggulung ujung kaos kaki ke bagian atas maka kaki sudah bisa dicuci terutama ketika berwuduk. Setelah selesai bisa diturunkan lagi ke bawah. Hal ini cukup memudahkan bagi manula yang biasanya agak kerepotan membuka dan memasang kembali kaos kaki ketika berwudu.
Produk lain yang sejenis dengan kaos kaki adalah manset. Sebagian muslimah  yang sangat menjaga aurat masih menggunakan manset untuk menutupi aurat pergelangan tangan. Harganya hampir sama dengan kaos kaki dan produsennya juga satu pabrik dengan kaos kaki. Jadi tidak ada salahnya anda juga melengkapi dengan menjual manset.
Salah satu produsen yang bisa anda hubungi adalah CV al Amin di Bandung. Dengan menjadi agen kita bisa mendapatkan diskon sampai 35%. Bahkan kalau menjadi distributor bisa mendapat diskon sampai 45%. Bagi anda yang dekat dengan kawasan Jakarta anda bisa belanja di pusat grosir, Pasar Pagi Jakarta.

Analisa Usaha
Modal awal Rp. 3.000.000
Sewa lapak/stand Rp. 500.000
kulakan Rp. 2.500.000
Biaya operasional per bulan Rp. 250.000
Pemasukan perbulan Rp. 2.000.000
Laba per bulan Rp. 1.750.000
Perhitungan balik modal Rp. 3.000.000: Rp. 1.750.000 =1.7 bulan




No comments:

Post a Comment