15 May 2018

TIPE PEMUDA AKHIR ZAMAN


Sebagai populasi terbesar dalam Islam, pemuda memegang peranan penting dalam menentukan kondisi umat. Kalau pemudanya baik maka baiklah umat. Kalau pemudanya jelek maka jelek juga umatnya. Lalu seperti apakah tipe-tipe pemuda yang mewarnai kondisi umat di akhir zaman ini?

1.       Pemuda yang taat dan mengajak kepada ketaatan.
Inilah tipe pemuda calon ahli surga. Merekalah pemuda dambaan umat dan ujung tombak kebangkitan Islam. Ciri-cirinya : terdidik dengan baik, tahu kebenaran dan meyakininya, tidak mau baik sendirian tapi juga mengajak orang lain dan aktif memelopori kegiatan kemaslahatan umat [pengajian dan kegiatan sosial].

2.       Pemuda yang cenderung pada ketaatan
Inilah tipe orang kebanyakan. Yaitu pemuda yang hatinya cenderung kepada kebaikan dan berusaha mengikuti setiap ada kegiatan positif. Namun dia belum sanggup mengajak orang lain. Dalam sebuah kegiatan pengajian dia memilih sebagai jamaah saja bukan sebagai panitianya.

3.       Pemuda yang jahat dan mengajak pada kejahatan.
Inilah tipe pemuda yang jahat. Mereka kurang mendapatkan pendidikan agama di keluarga. Bahkan tidak sedikit orang tuanya yang bercerai. akibatnya mereka berontak dan kecewa. Untuk pelampiasannya mereka melakukan hal-hal negatif dan memperturutkan hawa nafsu semata. Bahkan dia juga mengajak orang lain pada kejahatan. Sehingga secara tidak langsung mereka sudah menjadi wakil setan di bumi.

Oleh karena itu Allah mengajarkan doa agar hati tidak condong pada kejahatan. "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)" [QS.3:8]. Jadi ketika hati kita condong pada kebaikan itu semata karena pertolongan Allah. “Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka.” [QS.17:74]

4.       Pemuda yang cenderung pada kejahatan.
Pemuda tipe ini cenderung pada hal-hal yang negatif. Mereka adalah penikmat acara sia-sia dan melalaikan. Namun dia hanya sebagai pengikut, bukan penggerak. Inilah yang banyak jumlahnya. Tipe pemuda ini masih berpeluang untuk tobat dan didakwahi.

Mereka melakukan kejahatan karena kalah dengan bisikan setan. “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.” [QS. 2:268]

5.       Pemuda yang labil.
Pemuda tipe ini sangat tergantung pada pengaruh lingkungan. Kalau lingkungannya positif dia akan terbawa positif. Kalau negatif maka dia akan terbawa negatif. Biasanya usia smp, sma dan mahasiswa yang jumlahnya sangat banyak. Mereka masih mencari jati diri namun kurang mendapatkan bimbingan. Tipe pemuda inilah yang harus menjadi sasaran dakwah. Namun untuk mendakwahinya butuh pendekatan berbeda.
  
Setiap tipe pemuda di atas berpeluang menjadi baik. Tidak jarang pemuda yang pernah terjerumus dalam kemaksiatan, lebih kuat keislamannya setelah bertobat. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan siapapun.

No comments:

Post a Comment