19 April 2018

STRATEGI MENGHADAPI PESAING




Persaingan dalam bisnis adalah sesuatu yang lumrah dan wajar. Tidak ada bisnis yang tanpa pesaing. Apalagi dalam bisnis online, pesaing sangat cepat bertambah karena orang mudah untuk meniru suatu bisnis. Oleh karena itu, tidak usah menghindari persaingan tapi bagaimana caranya agar bisa memenangkan persaingan. Berikut akan dijabarkan langkah-langkahnya:

Pertama, belajar tiada henti. Bisnis online adalah bisnis berbasis pengetahuan. Tanpa ilmu dan kemauan belajar, kita tidak akan bisa menjalankan bisnisnya apalagi bersaing dengan kompetitor. Apalagi sistem bisnis di dunia online terus berkembang dan berubah. Kita harus mau mengikuti perkembangannya dan menyesuaikan diri. Kalau kita berhenti belajar maka berhenti pula bisnis kita. Pada akhirnya yang terpenting adalah mempraktekkan apa yang kita pelajari.

Kedua, selalu berinovasi. Bisnis online adalah dunia yang sangat dinamis, terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Hanya orang yang mengikuti perubahan yang bisa bertahan. Sementara orang yang tidak mau berubah tidak akan bisa bertahan. Dia akan tergilas dan ditinggal oleh perubahan.

Tiga, evaluasi. Usaha yang dijalankan harus dievaluasi tingkat  pertumbuhannya. Kalau strategi yang kita terapkan tidak berjalan maka evaluasi apa penyebabnya dan kemudian cari solusinya.

Keempat, bangun tim yang tangguh. Kemajuan bisnis tidak bisa berjalan tanpa dukungan tim. Apalgi untuk mengalahkan pesaing, membutuhkan input dan masukan dari tim. Dengan dukungan merekalah pesaing bisa dikalahkan.

Kelima, tingkatkan target perusahaan. Kalau target tinggi maka usaha akan tinggi. Kalau target rendah usaha juga akan rendah. Seseorang dibimbing oleh cita-citanya. Orang yang cita-citanya 100 sudah senang bila tercapai 90. Begitu juga orang yang cita-citanya 10, sudah puas bila tercapai nilai 9. Sekarang keputusan terpulang kepada anda. Apakah puas dengan nilai pencapaian 90 atau puas dengan nilai pencapaian 9?

Keenam, perbaiki sistem bisnis. Evaluasi sistem bisnis dari waktu ke waktu kalau-kalau ada yang salah dan tidak berjalan. Terkadang permasalahan bisnis terjadi bukan karena sdm-nya tapi karena sistemnya yang kurang tepat.

Ketujuh, tingkatkan pelayanan. Inilah aturan penting dalam bisnis yaitu servise atau pelayanan. Pada akhirnya konsumen akan beralih ke penjual yang memberikan layanan terbaik. Walaupun harga lebih mahal tidak jadi masalah karena pelayanannya memuaskan. Apalagi konsumen menengah ke atas sangat mementingkan pelayanan. mereka rela membayar mahal untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Lalu bagaimana teknis penerapannya? Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah : 
Pertama, lihat pesaing yang menjual produk yang sama dengan kita. Bandingkan harga pesaing apakah lebih murah atau lebih mahal? Kalau lebih murah, bisa-bisa orang beralih ke pesaing kita. Maka apa strategi yang harus diterapkan? Apakah menurunkan harga atau memberikan bonus yang tidak diberikan oleh pesaing?

Kedua, perhatikan tampilan dan konsep toko online pesaing. Bisa jadi penataan dan tampilannya lebih menarik, fotonya bagus dan jelas, lebih mudah diakses, informasi produk lengkap sehingga memudahkan konsumen mengenali produk. Kalau pesaing lebih baik maka tidak ada salahnya untuk mengikuti dan mempelajari sisi baiknya.

Ketiga, perhatikan cara jualan pesaing. Apakah mereka sering menarik perhatian konsumen dengan memberikan promo, hadiah atau bonus? Pastikan andapun melakukan hal yang sama agar konsumen tertarik berbelanja di toko online anda.

Jadi mulailah evaluasi toko online anda dan perbaiki kekurangannya. Bandingkan dengan toko online pesaing yang menjual produk yang sama agar lebih mudah diikuti. Gunakan strategi ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Untuk itu sering-seringlah melihat toko online atau akun sosmed pesaing. Lihat bagaimana perkembangan dan perubahan tampilan dan cara-cara yang mereka lakukan dari hari ke hari. Tiru kalau ada sesuatu yang baik. Namun dalam meniru pesaing jangan copy paste tapi lakukan modifikasi agar anda tidak sama dengan pesaing tapi justru lebih baik.

Anda harus senang melihat kemajuan dan perkembangan pesaing. Justru dengan itu anda bisa pelajari dan jadikan motivasi serta cambuk untuk lebih baik. Karena kalau tidak ada pesaing kita cendrung stagnan dan tidak berkembang. Tapi dengan adanya pesaing justru kita akan terus tertantang untuk lebih baik.* 
(referensi : www.hzcrash.my.id)

No comments:

Post a Comment