Di era internet yang semakin
berkembang saat ini masih banyak orang ragu untuk meng-online-kan bisnis mereka. Salah satu alasannya adalah tidak
mengetahui seberapa besar prospek internet terhadap kemajuan bisnis saat
ini.
Terlebih pengguna internet di
Indonesia pada tahun 2017 mencapai 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari
total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Bahkan pengguna internet
terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar
65% dari total pengguna internet.
Terlihat dari pengguna internet yang
semakin meningkat, maka sudah waktunya Anda harus berani Go Online! Jaman sudah
berubah, maka marketing pun juga harus berubah. Jika Anda ingin tahu
perbandingan marketing jaman dahulu dengan era digital kini, berikut
perbedaaanya.
|  | 
Tradisional  | 
Online  | 
| 
1 | 
Tidak Tepat Target Market. 
Bayangkan
  jika seorang pengusaha memasang iklan di billboard yang besar di pinggir jalan,
  apakah orang yang melihat adalah target market sebenarnya? Lalu, bagaimana dia
  tahu apakah efisien menggunakan iklan dari billboard tersebut? Tentu ini
  harus jadi pertimbangan.  | 
Target Market Tepat Sasaran. 
Di
  digital Anda bisa menentukan iklan perusahaan Anda muncul kepada orang yang
  tepat saja. Karena iklan bisa diukur dan ditargetkan berdasarkan usia, gender atau lokasi. Bahkan calon
  customer menyukai apa
  saja, Anda bisa tahu secara detail. | 
| 
2 | 
Tidak Terukur. 
Ketika
  kita memasang iklan di baliho maka akan sulit mengukur seberapa banyak orang
  yang melihat iklan tersebut, berapa banyak yang menghubungi lewat telepon dan
  berapa banyak yang berujung dengan penjualan? Tentu akan sulit mengukurnya.  | 
Terukur. 
Di
  digital, Anda bisa mengetahui jumlah orang yang melihat iklan Anda dengan
  biaya yang sudah di keluarkan, serta berapa banyak hasil yang Anda dapatkan
  dari iklan tersebut. | 
| 
3 | 
Cara Tradisional mulai Ditinggalkan. 
Beriklan
  di koran atau majalah kini sudah mulai ditinggalkan. Perusahaan media seperti
  radio, billboard, majalah, dan pemiliki TV swasta pun sudah mulai mempunya
  asset onlinenya. Seperti liputan 6 yang dulunya di tv sekarang masuk ke dunia
  internet di liputan6.com. Radio yang dulunya hanya bisa didengarkan di
  saluran radionya, sekarang mulai membuat aplikasi untuk fitur streamingnya.
  Artinya, sudah saatnya kita juga masuk ke dunia digital mengikuti
  perkembangan jaman. | 
Internet Kini Mulai Berkembang. 
Ditambah
  fakta yang sudah disebutkan sebelumnya jika setengah penduduk Indonesia sudah
  beralir ke internet. Terlebih banyak dari mereka yang menghabiskan waktunya
  dengan menggunakan gadget dibandingkan menonton TV atau majalah. | 
| 
4 | 
Biaya Iklan Kurang Flexible. 
Biaya
  iklan baris di koran biasanya sekitar Rp. 100.000/hari. (tergantung
  perusahaan). Apalagi ketika memasang iklan 1 halaman full di koran yang mencapai
  puluhan juta rupiah per hari. Ini tentu biaya iklan yang sangat besar.   | 
Biaya Lebih Flexible. 
Iklan
  secara online bisa di mulai dari budget Rp 10.000,- bahkan Rp. 1.000,-pun
  Anda sudah bisa beriklan,  tinggal mau seberapa sering iklan Anda muncul
  di Internet. | 
| 
5 | 
Respons Lama. 
Memasang
  iklan secara tradisional akan menghasilkan respons dari pembaca dalam waktu
  yang lama. Anda harus menunggu report dari media hingga kontrak Anda habis. Setelah
  itu barulah report dikirimkan. | 
Respons Sesuai Waktu Iklan Berjalan. 
Lewat
  online, setiap respons akan langsung masuk ke dalam notifikasi Anda, sehingga
  Anda dapat mengukur langsung bahwa iklan Anda efektif atau tidak, dan tidak
  perlu menunggu sampai menerima report berapa banyak yang melihat iklan Anda,
  berapa banyak yang klik, berapa banyak yang beli, dan bisa melihatnya sendiri
  secara langsung. | 
| 
6 | 
Proses Ganti Materi terlalu Lama. 
untuk
  mengganti materi iklan Di koran perlu menunggu 1-2 hari iklan berjalan.
  Lamanya proses membuat Anda tidak efektif melakukan penjualan produk kepada
  customer. | 
Proses Ganti Materi Cepat 
Di
  dunia digital, perubahan materi bisa langsung di lakukan dalam hari yang sama,
  jika ada hal yang kurang dari materi iklan atau merasa tidak efektif, Anda
  tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. | 
Jadi Apa lagi yang harus Anda pikirkan? jika Anda sebagai pemilik usaha
kecil sudah saatnya Go Online sekarang juga agar bisa
meningkatkan penjualan bisnis lebih tepat. 
(Sumber : www: swa.co.id)

 
 
No comments:
Post a Comment