17 April 2018

BISNIS TRADISIONAL VS BISNIS ONLINE Tips bisnis online buat anak muda


Sebenarnya bisnis online mengadopsi cara-cara bisnis tradisional. Perbedaannya terletak pada cara dan media yang digunakannya. Aturan-aturan bisnis tradisional seperti kualitas produk, harga yang bersaing dan kepuasan pelanggan tetap diperhatikan saat menjalankan bisnis online.

Perbedaannya antara lain terletak pada modal yang dibutuhkan lebih murah dan waktunya lebih cepat dengan bisnis online. Resiko kerugian pun lebih mudah dicegah dan diatasi. Oleh karena itu, bila kedua cara bisnis ini disinergikan maka akan membuat bisnis seseorang melejit.

Kalau kita punya toko baju yang dipasarkan secara online maka toko kita akan bisa dikenal orang hingga ke luar negeri. Tapi kalau tidak dipasarkan dengan online mungkin yang tahu hanya orang di kota kita saja atau di kawasan pasar tempat kita berjualan.

Kalaupun kita akan mempromosikan toko kita ke luar negeri tentu dibutuhkan biaya yang sangat mahal dan waktu yang lama. Namun dengan meng-online-kan bisnis kita maka biayanya lebih murah dan waktunya lebih cepat untuk membuat toko kita go internasional.

Jadi bisnis tradisional dan bisnis online tidak harus dibenturkan. Mereka bisa berjalan seiring dan saling mendukung. Bisnis tradisional membuat orang semakin percaya dengan bisnis online kita. Begitu juga bisnis online akan memperluas jangkauan pemasaran bisnis tradisional  anda.

Oleh karena itu, apapun bisnis anda sudah saatnya memanfaatkan bisnis online. Karena sekarang sudah eranya bisnis online. Orang-orang sudah mulai beralih ke online karena kemudahan dan kenyamanan berbelanja.

Begitu juga bagi pebisnis akan sangat menghemat biaya operasional. Kalau dengan toko tradisional anda harus punya toko, karyawan, gudang bahkan pabrik maka dengan berbisnis online semua itu tidak mutlak lagi.

Anda pun tidak harus berangkat pagi pulang malam lagi ke tempat usaha anda. Dengan full di rumah dari pagi sampai malam pun duit bisa tetap mengalir ke rekening anda.

Walaupun bisnis online bisa dilakukan sambil duduk manis di kamar bukan berarti bisnis ini bisa dijalankan dengan malas-malasan. Tetap saja harus dilakukan dengan serius tapi santai.

Jadi prinsip-prinsip bisnis seperti; kerja keras, fokus dan keseriusan tetap harus dijalani. Anda harus disiplin menjalani bisnis pada waktu yang sudah ditentukan. Dan yang perlu diingat, bisnis online  harus dijalani dengan bekerja cerdas, tidak cukup dengan kerja keras saja.

Dengan mulai menjalankan bisnis online sejak usia sekolah akan memudahkan anda nantinya untuk mandiri. Karena sudah punya pengalaman berbisnis. Ujung-ujungnya setelah tamat sekolah anda juga akan bekerja. Dan saat ini pilihan untuk berwirausaha adalah pilihan yang terbaik di tengah persaingan kerja yang sangat ketat.

Bisnis online bisnis anak muda
Bisnis online sangat cocok untuk anak muda dan pelajar. Berikut beberapa alasannya:

Pertama, pelajar punya waktu-waktu kosong yang biasanya diisi dengan kegiatan yang tidak produktif dan tidak bermanfaat seperti kebut-kebutan, tawuran, nongkrong, dan lain lain. Alangkah baiknya bila kegiatan seperti itu diganti dengan berbisnis online.

Kedua, bisnis online tidak menyita waktu khusus, sehingga bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa menyesuaikannya dengan waktu-waktu luang anda.

Ketiga, dengan berbisnis online akan bisa menambah uang jajan dan bisa meringankan beban orang tua. Andapun bisa membeli kebutuhan sendiri tanpa harus meminta ke orang tua.

Sebenarnya bisnis online tidak serumit yang dibayangkan. Mulailah bisnis melalui Facebook, instagram atau twitter  lebih dulu. Tawarkan produk Anda ke semua teman Facebook, follower instagram maupun twitter Anda. Jika berhasil, saya yakin Anda pasti akan ketagihan.

Orang tua andapun pasti tidak akan keberatan dan bahkan bisa jadi mendukung selama tidak mengganggu waktu belajar anda. Bisa-bisa orang tua akan ikut membantu kalau hasilnya sudah kelihatan dan anda sudah kewalahan dengan order yang membanjir. Selamat mencoba.*

No comments:

Post a Comment