Halaman facebook (fanspage) adalah
fitur facebook yang banyak digunakan untuk berjualan. Salah satu alasannya karena fitur ini bisa
digunakan secara gratis. Bagi yang mempunyai anggaran yang memandai biasanya
menggunakan facebook ads untuk beriklan karena lebih efektif. Tapi bagi pemula yang
anggarannya terbatas bisa memanfaatkan halaman facebook untuk berjualan. Berikut
akan dipapakan tips-tipsnya.
Pertama, posting konten yang
bermanfaat dan berkualitas. Buat sendiri kontennya dan jangan hanya copy paste
dati postingan orang lain. Bisanya orang senang dengan konten yang original dan
unik. Salah satu tips membuat postingan adalah mengaitkannya dengan isu yang sedang
hangat diperbincangkan oleh masyarakat.
Jadi awali dengan sharing, bukan
langsung menawarkan produk apalagi secara bom bardir terus-menerus. Karena pada
dasarnya orang tidak suka dengan posting jualan. Facebook sendiri awalnya bukan
sarana untuk jualan tapi untuk berinteraksi dan bersosialisasi.
Kedua, posting status pada waktu yang
tepat. Kelola fanspage dengan serius dan profesional karena ini akan membuat
konsumen percaya. Perlu diketahui modal utama bisnis di sosmed adalah
kepercayaan. Kalau orang percaya maka dia akan membeli apapun dari anda.
Salah satu pendongkrak kepercayaan
adalah bila fanspage dikelola secara profesional. Indikatornya antara lain banyaknya
like, komentar, kontennya berkualitas, dan diposting secara konsisten. Karena lebih
baik anda membuat postingan satu kali sehari tapi rutin, dari pada membuat lima
postingan perhari tapi besoknya tidak ada postingan.
Kalau tidak bisa memposting setiap hari karena
kesibukan maka lakukan penjadwalan. Buat konten di waktu luang tapi diposting
pada waktu yang sudah dijadwalkan. Sehingga kalaupun anda tidak sempat
memposting pada hari tertentu secara otomatis akan muncul sesuai jadwal yang
sudah dibuat. Ini tentunya akan membuat fans percaya dan menilai sebagai
fanspage yang profesional.
Ketiga, berinteraksi dengan fans. Bangun hubungan
pertemanan dengan fans secara langsung. Kalau tidak ada interaksi dengan fans maka
kita tidak akan memahami kebutuhannya dan tidak tahu apakah mereka merupakan
target pasar kita atau bukan. Tentu tidak tepat bila produk anda untuk ibu ibu
sementara fans anda bapak bapak semua.
Lalu bagaimana caranya berinteraksi dengan fans?
Diantaranya dengan memberikan like dan comment di postingan mereka. Ini menunjukkan
bahwa anda perhatian kepada mereka dan ingin berinteraksi lebih jauh.
Keempat, buat postingan dengan profesional. Artinya
postingan tidak asal-asalan, tidak asal comot dan copypaste dari postingan
orang lain. Tapi betul-betul terarah, terencana dan disesuaikan dengan karakter
produk anda. Tujuannya adalah untuk mengkondisikan fans dan mengarahkan
perhatian mereka kepada produk anda.
Buatlah konten yang menarik, judulnya
menimbulkan penasaran dan rasa ingin tahu, serta isu yang diangkat sedang
hangat-hangatnya. Bahkan keunikan temanya mendorong orang untuk berkomentar
atau share.
Tidak ada salahnya sekali-kali membuat
postingan yang lucu, tak terduga bahkan kontroversi sehingga membuat orang tergoda
untuk mengomentarinya. Tentu untuk membuat postingan yang berkualitas dan menarik
ini butuh latihan dan waktu. Kalau anda sudah sering maka akan terlatih dengan
sendirinya.
Kelima, evaluasi postingan anda. Buatlah penelitian
kecil kecilan untuk mengetahui postingan yang efektif seperti respon audiens,
postingan yang disukai, panjang artikelnya dan kapan mereka membukanya. Tentunya
hal ini bisa kita ketahui setelah mencobanya berkali-kali.
Akhirnya tidak perlu menjadi pakar facebook
untuk menggunkannya sebagai sarana berjualan. Dengan menerapkan cara-cara di atas
secara konsisten insyaallah hasilnya akan terasa.
No comments:
Post a Comment