22 April 2018

CARA BERJUALAN DENGAN HALAMAN FACEBOOK


Halaman facebook (fanspage) adalah fitur facebook yang banyak digunakan untuk berjualan.  Salah satu alasannya karena fitur ini bisa digunakan secara gratis. Bagi yang mempunyai anggaran yang memandai biasanya menggunakan facebook ads untuk beriklan karena lebih efektif. Tapi bagi pemula yang anggarannya terbatas bisa memanfaatkan halaman facebook untuk berjualan. Berikut akan dipapakan tips-tipsnya.

Pertama, posting konten yang bermanfaat dan berkualitas. Buat sendiri kontennya dan jangan hanya copy paste dati postingan orang lain. Bisanya orang senang dengan konten yang original dan unik. Salah satu tips membuat postingan adalah mengaitkannya dengan isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Jadi awali dengan sharing, bukan langsung menawarkan produk apalagi secara bom bardir terus-menerus. Karena pada dasarnya orang tidak suka dengan posting jualan. Facebook sendiri awalnya bukan sarana untuk jualan tapi untuk berinteraksi dan bersosialisasi.

Kedua, posting status pada waktu yang tepat. Kelola fanspage dengan serius dan profesional karena ini akan membuat konsumen percaya. Perlu diketahui modal utama bisnis di sosmed adalah kepercayaan. Kalau orang percaya maka dia akan membeli apapun dari anda.

Salah satu pendongkrak kepercayaan adalah bila fanspage dikelola secara profesional. Indikatornya antara lain banyaknya like, komentar, kontennya berkualitas, dan diposting secara konsisten. Karena lebih baik anda membuat postingan satu kali sehari tapi rutin, dari pada membuat lima postingan perhari tapi besoknya tidak ada postingan.

Kalau tidak bisa memposting setiap hari karena kesibukan maka lakukan penjadwalan. Buat konten di waktu luang tapi diposting pada waktu yang sudah dijadwalkan. Sehingga kalaupun anda tidak sempat memposting pada hari tertentu secara otomatis akan muncul sesuai jadwal yang sudah dibuat. Ini tentunya akan membuat fans percaya dan menilai sebagai fanspage yang profesional.

Ketiga, berinteraksi dengan fans. Bangun hubungan pertemanan dengan fans secara langsung. Kalau tidak ada interaksi dengan fans maka kita tidak akan memahami kebutuhannya dan tidak tahu apakah mereka merupakan target pasar kita atau bukan. Tentu tidak tepat bila produk anda untuk ibu ibu sementara fans anda bapak bapak semua. 

Lalu bagaimana caranya berinteraksi dengan fans? Diantaranya dengan memberikan like dan comment di postingan mereka. Ini menunjukkan bahwa anda perhatian kepada mereka dan ingin berinteraksi lebih jauh.

Keempat, buat postingan dengan profesional. Artinya postingan tidak asal-asalan, tidak asal comot dan copypaste dari postingan orang lain. Tapi betul-betul terarah, terencana dan disesuaikan dengan karakter produk anda. Tujuannya adalah untuk mengkondisikan fans dan mengarahkan perhatian mereka kepada produk anda.

Buatlah konten yang menarik, judulnya menimbulkan penasaran dan rasa ingin tahu, serta isu yang diangkat sedang hangat-hangatnya. Bahkan keunikan temanya mendorong orang untuk berkomentar atau share.

Tidak ada salahnya sekali-kali membuat postingan yang lucu, tak terduga bahkan kontroversi sehingga membuat orang tergoda untuk mengomentarinya. Tentu untuk membuat postingan yang berkualitas dan menarik ini butuh latihan dan waktu. Kalau anda sudah sering maka akan terlatih dengan sendirinya.

Kelima, evaluasi postingan anda. Buatlah penelitian kecil kecilan untuk mengetahui postingan yang efektif seperti respon audiens, postingan yang disukai, panjang artikelnya dan kapan mereka membukanya. Tentunya hal ini bisa kita ketahui setelah mencobanya berkali-kali.

Akhirnya tidak perlu menjadi pakar facebook untuk menggunkannya sebagai sarana berjualan. Dengan menerapkan cara-cara di atas secara konsisten insyaallah hasilnya akan terasa.
 (referensi : www.maxmanroe.com)

No comments:

Post a Comment