12 December 2011

Peluang Usaha Pendidikan Anak



Pendidikan yang tepat dan berkualitas tentu akan menjamin masa depan anak. Oleh karena itu, wajar bila orang tua berusaha untuk memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas kepada putra putrinya. Efeknya,  bermunculanlah berbagai kursus untuk meningkatkan kemampuan anak seperti: kursus matematika, bahasa inggris, dan membaca. Disamping itu bermunculan pula berbagai kursus keterampilan seperti menari, acting, musik, vokal, dll.
Bagi mereka yang berkecukupan tentu tidak terlalu berpikir masalah biaya. Berbeda halnya dengan keluarga yang tidak mampu, tentu akan sangat mempertimbangkan masalah ini. Oleh karena itu terbuka peluang bagi anda yang ingin membuka kursus buat anak dengan biaya yang terjangkau. Karena kursus untuk kalangan menengah ke atas sudah cukup banyak. Tentunya harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman anda.
Namun bagi sebagian orang tua yang penting anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sehingga orang tua yang kurang mampu pun tetap berusaha agar anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Dia rela pontang panting untuk mencarikan biayanya.Karena pendidikan dianggap merupakan investasi yang paling berharga untuk masa depan anaknya.  Oleh sebab itulah, peluang bisnis pendidikan anak akan terus meningkat dan memiliki masa depan yang cerah.
Bagi anda yang tertarik untuk terjun di bisnis pendidikan ini sebaiknya jangan hanya berpikir keuntungan semata. Berusahalah untuk mencintai pekerjaan anda, menyukai dunia anak-anak, dan mengelola dengan hati. Hal inilah yang akan membuat anda bertahan dalam bisnis ini.  
Persiapan
Untuk mendirikan lembaga pendidikan atau kursus ada beberapa hal yang perlu anda siapkan. Diantaranya tempat kursus, Pengurusan Izin usaha, dan berbagai perlengkapan seperti Whiteboard, Komputer, Meja kursi, dll. Semuanya ini seharusnya sudah anda siapkan jauh hari sebelum mulai menjalankan usaha.
Sistim belajar
Ada dua sistim belajar yang biasa diterapkan di lembaga kursus. Pertama private dan kedua kursus. Untuk private, waktu belajar dan tempatnya diatur berdasarkan kesepakatan. Sedangkan untuk kursus sudah ditentukan waktunya oleh pihak pengelola.
Bagi anda yang tinggal di komplek perumahan maka usaha pendidikan anak ini memiliki prospek yang cerah. Orang tua menginginkan anaknya sekolah di tempat yang dekat dari rumah agar mudah mengantar jemput dan tidak harus mengeluarkan biaya transportasi. Apalagi kalau di komplek itu belum ada TK atau Play Group maka terbuka peluang bagi anda untuk membukanya.
Kalau anda tidak berlatar belakang pendidikan yang dibutuhkan maka tidak jadi masalah. Yang penting anda tertarik untuk menekuni usaha ini. Toh Anda bisa bekerjasama dengan teman yang memang ahli dalam bidang pendidikan dan bisa mengajar.
Ada baiknya saat mendirikan sebuah lembaga pendidikan mengawali  dengan mendirikan yayasan. Untuk mendirikan yayasan dibutuhkan beberapa orang dan anda bisa mengajak teman atau keluarga. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pegurusan izin ke departemen pendidikan dan kebudayaan, tepatnya dirjen pendidikan dasar dan menengah. Biasanya perizinan bisa selesai dalam 6 bulan. Namun semuanya tergantung pada kelengkapan persyaratan yang anda siapkan. ***






No comments:

Post a Comment