25 November 2011

Sifat Pemimpin

 
Pemimpin berarti orang yang menuntun dan menunjukkan orang lain ke arah yang ingin dicapai. Pemimpin bukanlah sekedar jabatan atau status. Pemimpin yang sebenarnya adalah orang yang bisa menuntun kita ke jalan yang benar. Untuk itu seorang pemimpin yang baik bisa dikenal dari sifat-sifatnya, antara lain:
  1. Percaya diri. Tanpa kepercayaan diri sulit bagi seorang pemimpin untuk mengorganisir dan menggerakkan orang lain.
  2. Pemimpin adalah orang yang bijaksana, mampu mengendalikan diri dan memiliki kepribadian yang matang. Dengan kematangannya dia bisa mengendalikan situasi dan tidak panik bila suatu kejadian buruk menimpa.
  3. Seorang pemimpin memiliki kesabaran. Tanpa kesabaran sulit bagi orang untuk sukses. Setiap saat seorang pemimpin dihadapkan dengan berbagai karakter orang-orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi setiap orang. Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu.” (QS Ali Imran [3]:200)
  4. Pemimpin adalah orang yang ramah. Keramahan seorang pemimpin akan membuat dia disenangi oleh  bawahannya. Di samping itu juga akan membuat komunikasinya dengan oran lain berjalan dengan efektif.
  5. Seorang pemimpin memiliki kemampuan untuk menyampaikan maksud dan visinya dengan jelas. Kemampuan ini akan membuat kepemimpinannya  berjalan dengan efisien.
  6. Seorang pemimpin harus memiliki ketegasan dalam bertindak dan memiliki tekad yang kuat untuk meraih cita-citanya.
  7. Seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki daya imajinasi yang tinggi. Dia suka bermimpi, bermimpi tentang masa depan yang lebih baik untuk pengikutnya.
  8. Seorang pemimpin mencintai setiap orang terutama bawahannya. Pemimpin tidak akan bisa hidup sendiri. Dia bisa mewujudkan mimpi-mimpinya lewat orang lain dan atas bantuan orang lain. 
  9. Seorang pemimpin memiliki kepekaan. Dia sadar kondisi yang terjadi dalam lingkungannya dan dia tahu apa yang diinginkan oleh bawahannya.
  10. Seorang pemimpin adalah orang yang banyak berinisiatif dari pada bereaksi terhadap kejadian. Dia adalah pemain bukan penonton.
  11. Selalu mencocokkan kata-kata dengan perbuatanya. Dia tidak mau hanya sekedar bicara tapi justru action-lah yang lebih penting.
  12. Dia memimpin dengan memberikan suri tauladan. Bawahan biasanya menyesuaikan perilakunya dengan sikap pemimpinnya.
  13. Pemimpin memiliki empati. Dia bisa meraba perasaan orang lain, merasakan kesulitan, dan kebahagiaan yang dirasakan oleh bawahannya.
  14. Pemimpin memiliki keputusan yang mantap. Kalaupun keputusan yang diambilnya salah, dia siap bertanggungjawab.
  15. Seorang pemimpin memiliki selera humor. Pemimpin bekerja dengan manusia bukan dengan benda mati. Untuk itu dia harus mampu menghargai sisi kemanusian, salah satunya dengan memiliki selera humor.
  16. Memiliki rasa keadilan dan kejujuran. Hal ini merupakan syarat penting bagi seorang pemimpin. Dengan sifat ini dia akan disukai oleh bawahannya dan akan bertahan dalam memegang kepemimpinannya. ”Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berlaku adil.” (QS al-Hujuraat [49]:9) Wallahua’lam.***

No comments:

Post a Comment