30 November 2011

Busana Muslim



Pakaian sebagai salah satu kebutuhan pokok setiap orang merupakan peluang pasar yang sangat menggiurkan. Bagi anda yang tertarik berbisnis produk ini peluangnya masih terbuka lebar walaupun sudah banyak pemain di bisnis ini.
Sebagai bisnis fashion, model busana dan pakain terus berkembang dan berubah-rubah dari waktu ke waktu. Perkembangan ini tentu akan membuat bisnis pakaian semakin bergairah. Biasanya ibu-ibu tidak mau ketinggalan bila keluar model pakaian terbaru. Mereka berlomba-lomba untuk membelinya tanpa harus menunggu lebaran tiba.  
Memulai Usaha
Kalau anda benar-benar tertarik di usaha ini maka untuk mencari grosirnya pun tidak terlalu sulit. Pertama siapkan uang secukupnya sesuai kemampuan anda. Bisa 500 ribu, 1 juta, atau 2 juta, terserah anda. Kemudian datanglah ke pusat kulakan baju muslim yang ada di daerah anda.
Salah satu kulakan yang cukup terkenal di kota Bandung adalah di Pasar Baru. Kalau di Jakarta anda bisa berbelanja di Tanah Abang. Disana pilihan modelnya lebih lengkap lagi dengan harga yang sangat berfariasi. Lokasi lainnya ada di kawasan Kawalu, Tasikmalaya dan di Soreang kabupaten Bandung. Tempat ini merupakan salah satu sentra busana muslim yang cukup terkenal.
Di toko grosir biasanya kita bisa membeli minimal 1 kodi (20 potong) untuk satu jenis barang. Terkadang model dan warnanya sudah dicampur dalam satu kodi. Namun anda juga bisa memilih sendiri model dan pilihan warna yang diinginkan sesuai dengan segmen pasar anda.  Tentunya anda sudah memahami terlebih dahulu model yang sedang trend dan warna yang disukai khususnya oleh manula. Keuntungan dari bisnis ini bisa mencapai 30-100% atau bahkan lebih kalau anda serius menjalaninya.

Strategi usaha
Sebaiknya anda fokus untuk menjual baju muslim saja. Jangan terlalu banyak jenis produk tambahan seperti asesoris, kerudung, atau mukena. Tidak sedikit pedagang yang tergoda untuk melengkapi barang dagangannya karena memang ada beberapa konsumen yang menanyakan. Namun anda bisa memberi tahu toko lain yang menjualnya, sementara anda tetap fokus menjual  busana dan pakaian.  
Fokus ini penting karena di sinilah letak kunci kesuksesan usaha anda. Sebagaimana kita ketahui, di setiap jenis produk ada tantangan tersendiri. Kalau anda fokus di pakaian, maka anda akan terus mencari solusinya hingga berhasil. Tapi kalau produknya beragam terkadang kita  lebih memilih untuk beralih ke produk lain sehingga bisnis pakaiannya terbengkalai.
Disamping itu andapun harus tahu kapan bisnis pakaia mengalami booming. Untuk baju khususnya busana muslim biasanya mengalami lonjakan permintaan menjelang bulan puasa. Oleh sebab itu para produsen berlomba-lomba untuk memproduksinya menjelang bulan tersebut. Tentunya pedagang pun ikut kecipratan untungnya. Inilah momen-momen penting yang perlu anda catat sehingga tidak kehilangan kesempatan.

Analisa Usaha
Modal awal Rp. 5.000.000
Kulakan barang Rp. 4.000.000
Rak, meja, dan display Rp. 500.000
Biaya operasional per bulan 500.000
Pemasukan perbulan Rp. 2.000.000
Laba per bulan Rp. 1.500.000
Perhitungan balik modal Rp. 5.000.000: Rp. 1.500.000 =3,3 bulan


No comments:

Post a Comment