30 November 2011

Counter Sepatu



Sepatu merupakan salah satu kebutuhan primer setiap orang tidak terkecuali para orang tua. Biasanya mereka menggunakan sepatu untuk perjalanan jauh, acara resmi atau untuk berolah raga. Pada dasarnya sepatunya hampir sama dengan yang lain tapi bedanya pada pilihan model yang sederhana, warna yang tidak terlalu mencolok dan bahannya yang lembut.
Bisnis sepatu tetap memiliki prospek yang cerah. Potensi pasarnya cukup besar dan terus bertambah. Lihat saja berapa pasang sepatu yang ada di rumah kita. Satu orang bisa jadi memiliki beberapa pasang sepatu. Kalau dikalikan dengan jumah manula yang ada saat ini jelas angkanya sangat besar sekali.
Apalagi konsumen wanita yang pembeliannya bersifat emosional. Mereka biasanya membeli berdasarkan model yang sedang trend. Walaupun sepatunya masih ada dan masih bagus tapi karena ada model baru, apalagi teman-temannya sudah membeli maka para ibu jadi terdorong untuk membeli sepatu baru. Oleh karena itu, bisnis sepatu bisa anda jadikan alternatif peluang usaha yang menjanjikan.
Beberapa keuntungan berbisnis sepatu:
1.   Pemainnya masih sedikit dibanding dengan bisnis lainnya. Karena sebagian orang menganggap bisnis sepatu kurang menguntungkan karena orang tidak setiap saat membelinya. Apalagi laki-laki yang biasanya hanya sekali setahun membeli sepatu. Bahkan banyak diantara mereka yang tidak tahu dimana grosir sepatu di daerahnya.
2.   Karena pemain bisnis ini tidak sebanyak bisnis yang lain maka keuntunganya bisa lebih tinggi.  Karena persaingnnya tidak terlalu ketat dibanding bisnis fashion, misalnya.
3.   Pangsa pasarnya masih luas karena hampir setiap orang butuh sepatu sementara pemain di bisnis ini masih jarang sehingga terbuka peluang yang besar untuk anda.
(Sumber:Sepatu bandung.blogspot.com)

Memulai Usaha
Untuk menjalani bisnis ini anda bisa mulai dengan menjadi agen. Pilihlah model sepatu yang disukai manula. Tentunya sesudah anda melakukan sedikit penjajakan dan survey. Tujuannya agar produk anda benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen anda. Datanglah ke tempat-tempat dimana konsumen anda berada dan lihatlah jenis sepatu yang digunakannya.  Ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk menjual sepatu sejenis.
Kalau di Bandung kita mengenal Cibaduyut sebagai sentra industry sepatu. Anda bisa membeli di sana secara grosiran dengan harga yang murah, kemudian menjualnya secar eceran di tempat lain. Saya yakin di daerah anda juga ada sentra grosir sepatu. Anda bisa melakukan survey di daerah anda.  Kalau di Jakarta anda bisa belanja kulakan di pasar Jatinegara atau pasar Anyar di Bogor.

Strategi Usaha
Sebagaimana halnya dengan sandal, maka perputaran bisnis sepatu wanita lebih cepat dibanding sepatu pria. Sepatu wanita mengalami perkembangan mode yang cepat sehingga wanita lebih sering bergonta ganti sepatu. Mereka  membeli sepatu tidak hanya menjelang lebaran tapi setiap datang model baru dan ketika dia ingin mencocokkan sepatunya dengan bajunya.
Berbeda halnya dengan laki-laki yang biasanya membeli sepatu hanya sekali setahun ketika mau lebaran. Oleh sebab itu tidak aneh kalau kita lebih banyak menemukan pedagang sepatu wanita dibanding sepatu pria.
Hal ini tidak hanya terjadi di bisnis sepatu tapi hampir di setiap bisnis produk fashion seperti kerudung, baju, tas, dan sandal. Pedagang benar-benar memanfaatkan kecendrungan wanita untuk selalu mengikuti perkembangan mode fashion dengan menjual model-medel terbaru. Oleh karena itu anda harus rajin mengikuti perkembangan mode yang sedang diminati, khususnya oleh wanita.

Analisa Usaha
Modal awal Rp. 5.000.000
Sewa lapak/stand Rp.500.000
Kulakan sepatu Rp. 4.500.000
Biaya operasional per bulan Rp. 500.000
Pemasukan perbulan Rp. 2.500.000
Laba per bulan Rp. 2.000.000
Perhitungan balik modal Rp. 5.000.000: Rp. 2.000.000 =2.5 bulan

No comments:

Post a Comment