30 November 2011

Kosmetik Alami



Bisnis kosmetik tetap menjanjikan selama orang masih suka berdandan dan ingin tampil cantik. Bahkan orang yang sudah tua tetap saja orang ingin kelihatan cantik dan menarik. Apalagi dengan kondisi kulit yang sudah tidak kencang lagi, bisa jadi mereka membutuhkan kosmetik yang lebih dari orang muda. Cuma kosmetik yang dibeli oleh kebanyakan orang tua lebih bertujuan untuk perawatan tubuh agar  tetap sehat dan segar.
Namun saat ini kosmetik alami yang tidak mengandung zat kimia, lebih disukai oleh konsumen. Tidak sedikit produk kosmetik yang ada di pasaran justru menimbulkan efek sampingan pada penggunanya. Bahkan terkadang baru setelah tua kelihatan efeknya seperti timbulnya flek hitam di wajah dan permukaan kuli.
Bahkan ada beberapa kosmetik yang dibuat dari bahan yang tidak halal. Hal ini tentunya menimbulan kekhawatiran terutama bagi konsumen muslim. Oleh karena itu, kehadiran produk-produk kosmetik yang alami dan halal mendapat sambutan luar biasa dari konsumen.

Memulai Usaha
Untuk memulai usaha ini anda bisa langsung ke sentra kulakan kosmetik. Salah satunya ada di Pasar Pagi Jakarta. Di sana merupakan pusat grosir produk kosmetik khususnya produk impor dari Cina. Sebagian besar kosmetik yang beredar di pasaran dan mungkin anda pakai saat ini berasal didistribusikan dari Pasar pagi ini.
Tapi kalau anda tertarik untuk menjual kosmetik herbal alami, anda bisa membelinya di distributor produk herbal. Anda bisa mengunjungi grosir herbal di daerah anda atau belanja lewat internet. Salah satunya yang terkenal adaah www.Mahkotadewa.com. Kalau di Bandung anda bisa membelinya di “Bengkel sehat” di samping kampus Unpad, Dipatiukur.
Anda bisa mulai dengan menjadi agen di salah satu distributor di atas. Misalnya kalau anda menjadi agen di Bengkel Sehat, maka sebagaimana sudah dijelaskan pada bab sebelumnya, anda harus berbelanja dulu senilai Rp. 300.000  maka anda sudah resmi menjadi agen. Kemudian pembelian berikutnya minimal Rp. 100.000 anda akan mendapatkan diskon 30%. 
Kalau anda bergabung di mahkotadewa maka ada beberapa paket kemitraan yang ditawarkan khususnya untuk penjualan online. Dengan modal  Rp. 250.000-1.000.000 anda sudah bisa menjadi mitra mahkota dewa.

Strategi Usaha
Selain menjual kosmetik anda juga bisa melengkapi dagangan anda dengan alat-alat kecantikan dan asesoris kosmetik. Sebut saja seperti tas kosmetik, tempat bedak, gunting kuku, sisir, korek kuping, dan alat-alat pedicure lainnya. Karena produk ini berkaitan dengan produk kecantikan dan pusat grosirnya pun sama yaitu di Pasar pagi Jakarta.
Namun sebaiknya yang berjualan kosmetik ini adalah wanita karena wanita yang banyak menggunakan kosmetik sehingga bisa nyambung dengan konsumen. Kalau laki-laki terkadang tidak paham dunia kosmetik. Walaupun demikian tidak tertutup kemungkinan laki-laki berjualan kosmetik. Namun sebaiknya milikilah asisten wanita agar bisa berkomunikasi dengan konsumen.
Di tengah merebaknya kasus-kasus kosmetik palsu dan kosmetik berbahaya akhir-akhir ini, maka anda harus bisa meyakinkan konsumen bawa produk yang anda jual tidak mengandung mercuri atau zat-zat berbahaya lainnya. Kalau anda bisa memberikan jaminan dan meyakinkan konsumen, maka dia akan percaya dan membeli produk anda.
Bagi anda yang memang fokus menjual kosmetik alami yang tidak menggunakan zat kimia tentunya konsumen tidak akan bertanya-tanya lagi. Dengan melihat komposisi bahan pada kemasan saja dia sudah mengetahui apakah kosmetik itu aman atau tidak. Oleh sebab itu, menjual kosmetik alami akan mengurangi kekhawatiran konsumen akan dampak kosmetik berbahaya. 
Oleh karena itu, anda jangan tergiur untuk membeli kosmetik murah yang tidak jelas produsennya. Bisa-bisa produknya asli tapi palsu. Bentuk kemasannya mirip tapi isinya berbeda. Tidak sedikit produsen yang ilegal meniru kemasan kosmetik yang sudah terkenal sementara isinya dia buat sendiri dengan bahan-bahan yang tidak jelas dan berbahaya.
 Hal lain yang juga perlu anda perhatikan adalah penampilan karyawan. Jangan sampai ada menjual kosmetik tapi penampilan karyawan anda kurang menarik. Kalau perlu karyawan wanita anda didandani dengan kosmetik yang anda jual agar kelihatan hasilnya. Dengan ini  karyawan anda bisa menceritakan kelebihan produk yang anda jual kepada konsumen dengan meyakinkan.

Analisa usaha
Modal awal Rp. 3.000.000
Sewa lapak/stand Rp.500.000
Kulakan Rp. 2.500.000
Biaya operasional per bulan Rp. 500.000
Pemasukan perbulan Rp. 1.500.000
Laba per bulan Rp. 1.000.000
Perhitungan balik modal Rp. 3.000.000: Rp. 1.000.000 = 3 bulan





1 comment: