15 May 2018

PENYEBAB KENAKALAN REMAJA


Setiap manusia beriman memiliki fitrah dan kecenderungan untuk menjadi orang baik. Hati yang bersih tidak menyukai kejahatan. Bila dia melakukan sesuatu yang bertentangan dengan fitrah itu [kejahatan] hatinya akan resah, gelisah dan mengalami konflik batin. Karena hatinya menyuruh melakukan kebenaran, namun dia melakukan hal sebaliknya.

Namun kenapa masih banyak orang yang melakukan kejahatan, khususnya di kalangan pemuda? Ibrahim al Mahmud dalam bukunya waqafat ma’asy syabab menuliskan beberapa penyebab timbulnya kenakalan remaja.

1.       Menganggur.
2.       Hubungan yang kurang harmonis dengan orang tua [Broken home].
3.       Membaca buku yang merusak moral.
4.       Menonton film yang tidak baik.
5.       Pandangan bahwa islam menghambat kebebasan.
6.       Kurang menganggap penting ilmu dan pendidikan.
7.       Berteman dengan orang jahat.

Khusus untuk point terakhir akan kita bahas lebih mendalam. Karena inilah yang banyak menyebabkan orang tergelincir. Karena seseorang dibentuk oleh teman dan lingkungannya. Lalu Siapa sih orang yang jahat itu? Orang jahat adalah orang yang menginginkan anda hancur, sengsara dan tenggelam dalam kemaksiatan. Bila kita mengikuti mereka maka hal itu akan menjadi penyesalan bagi kita di akhirat nanti.

Allah berfirman dalam al Quran, “Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: "Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul" Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia [QS. 25:27].

Rasulpun pernah bersabda, “Sesungguhnya seseorang itu mengikuti agama temannya. Karena itu hendaklah kamu memperhatikan orang yang hendak kamu jadikan teman. [HR Abu Daud, Tirmidzi, Ahmad, dan Al Hakim]

Seorang penyair berkata, “Jangan kamu bertanya seseorang itu keturunan siapa karena pada umumnya seseorang itu mengikuti temannya.”

Oleh karena itu, cepatlah menjauh dari orang yang jahat sebelum kita mati dan menyesal di akhirat nanti.

No comments:

Post a Comment