02 May 2018

FUNGSI KEPEMIMPINAN


Seorang pemimpin harus berusaha agar anggota yang dipimpinnya bisa bekerjasama  untuk mewujudkan tujuannya. Untuk itu seseorang harus menjalankan fungsi-fungsinya sebagai pemimpin sebagaimana yang dirumuskan oleh  Sondang P Siagian [1999] berikut ini:

Pertama, sebagai penentu arah organisasi.
Organisasi adalah wadah untuk mencapai tujuan bersama. Untuk itu seorang pemimpin harus bisa mengoptimalkan segala sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan dan arah organisasi.

Kedua, sebagai wakil dan juru bicara organisasi.
Pemimpin berperan menyampaikan misi dan visi organisasi baik kepada pihak internal maupun eksternal organisasi. Oleh karena itu dia harus menjadi juru bicara dan orang yang paling paham tentang seluk beluk organisasinya.

Dismping itu pemimpin juga harus tahu keputusan-keputusan yang diambil oleh tim dan bawahannya serta mengetahui berbagai kegiatan yang sedang berlangsung dalam organisasinya.

Ketiga, sebagai komunikator yang efektif.
Pemimpin harus menjaga hubungan yang baik dengan pihak luar maupun intern organisasi. Hal itu hanya bisa tercapai dengan komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi efektif dia bisa menyampaikan keputusan organisasi, memberikan pengawasan, menggerakkan bawahan dan mengontrol anggotanya.

Keempat, sebagai mediator
Dalam kehidupan berorganisasi dimana berbagai orang berkumpul dalam satu wadah maka konflik tidak bisa dihindari. Disini pemimpin berperan sebagai mediator untuk menengahi konflik yang terjadi agar berakhir dengan win win solution.

Hakikatnya konflik adalah sebuah tantangan untuk menguji kualitas kepemimpinan seseorang. Kalau dia berhasil menyelesaikan maka dia akan semakin tangguh. Kalau dia tidak berhasil maka situasi organisasi akan semakin memburuk.

Kelima, sebagai integrator.
Di dalam organisasi terdapat berbagai bidang seperti sdm, pendanaan, dan berbagai bidang lainnya. Dalam hal ini pemimpin harus bisa mensinergikan semua bidang tersebut agar bisa bersinergi untuk mencapai tujuan. Sehingga tidak terjadi pengkotak-kotakan yang berujung pada perpecahan.

Begitujuga dalam hal pemikiran di lingkungan petinggi organisasi, pemimpin harus bisa menyatukan berbagai pemikiran yang berbeda sehingga menjadi satu kesatuan yang kompak.

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah kepemimpin akan berjalan dengan efektif apabila pemimpin bisa menjalanakan fungsi-fungsinya. Dengan berbagai fungsi itulah pemimpin bisa mempengaruhi dan menggerakkan bawahanya mencapai tujuan.

Dia harus menentukan arah organisasi, mengambil keputusan, sebagai juru bicara, wakil organisasi, membina hubungan yang baik dengan pihak luar dan dalam organisasi, sebagai komunikator yang efektif, sebagai mediator serta sebagai orator.
sumber : www.pendidikanekonomi.com

No comments:

Post a Comment