18 April 2018

STRATEGI PROMOSI BISNIS ONLINE



Tujuan utama dari promosi adalah memperkenalkan produk secara luas dan tepat sasaran. Jadi tidak cukup dikenal orang banyak saja, tapi yang lebih penting dikenal oleh konsumen yang tepat sasaran dan membutuhkan produk kita. Kalau begitu bagaimana cara berpromosi dalam bisnis online? Berikut tips-tipsnya:

Pertama, tampilkan foto produk yang asli bukan hasil editan.
Dengan kecanggihan aplikasi editing saat ini maka foto yang jelek bisa jadi bagus.  Namun ini sama saja dengan penipuan, sesuatu yang terlarang dalam bisnis online. Untuk itu tampilkan foto produk yang tanpa editan. Kalau ingin terlihat bagus maka gunakan pencahayaan yang cukup dan background foto yang menarik.  

Dalam bisnis online konsumen tidak melihat barangnya secara langsung. Satu-satunya yang bisa dilihat adalah foto produk. Jadi jangan sampai konsumen merasa tertipu karena produk yang sudah dikirim berbeda dengan fotonya. Seharusnya apa yang terlihat di foto seperti itu pula yang diterima oleh konsumen.

Kedua, gunakan facebook marketing.
Kenapa menggunakan facebook? Karena facebook merupakan sosmed terbanyak yang digunakan di indonesia. Lebih dari 111 juta penduduk indonesia adalah pengguna facebook aktif. Jadi sangat tepat bila digunakan untuk berpromosi.  

Ketiga, bergabung dengan market Place
Dengan maraknya bisnis online, tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan dan penipuan. Dia pura-pura menawarkan barang di sosmed, namun setelah dibayar oleh konsumen barangnya tidak kunjung dikirim. Karena niatnya memang untuk menipu.

Kekhawatiran ini direspon oleh beberapa pihak dengan membuat market place seperti shopee, tokopedia, bukalapak, kaskus, dan lain-lain. Disini konsumen mendapatkan jaminan berbelanja dan tidak takut ditipu. Karena kalau barang yang dipesan di market place tidak kunjung datang maka uangnya akan dikembalikan oleh pihak market place. Jadi penjual tidak akan bisa menipu konsumen.

Bagi penjual pun tentu sangat menguntungkan bila bergabung dengan market place. Karena produknya akan tampil di market place tempat dia berjualan. Apalagi market place-nya sudah memiliki reputasi yang bagus dan banyak dikunjungi oleh konsumen sehingga membuat produk lebih dikenal. Konsekwensinya jelas peluang penjualan pun semakin besar.

Keempat, beriklan di situs penyedia iklan.
Bila anda punya budget maka beriklanlah di situs penyedia iklan seperti facebook ads, instagram ads atau twitter ads. Ini jelas akan berdampak bagi promosi produk kita. Situs tersebut akan membantu meningkatkan traffic pengunjung ke situs web kita.

Situs penyedia iklan lainnya yang bisa digunakan adalah google adwords. Strategi promosinya adalah dengan menggunakan mesin pencarian google yang biasa disebut dengan search engine marketing. (pemasaran berbasis mesin pencari).

Anda bisa menargetkan calon konsumen yang spesifik berdasarkan keyword topik, lokasi dan waktu. Menariknya, anda bisa beriklan sesuai dengan kemampuan budget yang anda miliki.

Anda juga bisa melakukan promosi secara mandiri dengan seo (search engine optimization) yaitu strategi mempengaruhi tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian google. Dengan strategi ini situs web anda bisa tampi di halaman pertama google di baris atas, sehingga lebih mudah ditemukan konsumen.

Itulah beberapa strategi promosi yang bisa anda lakukan di bisnis online. Silakan pilih cara yang paling cocok buat anda. Tidak harus yang berbayar, cara-cara gratis pun bisa anda coba. Tapi kalau anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat dan nyata maka tidak ada salahnya berpromosi dengan budget tertentu.
(Referensi : www.jurnal.id)

No comments:

Post a Comment