25 April 2018

RAHASIA INSTAGRAM MARKETING

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk berbisnis online. Karena tampilannya yang mengutamakan foto sehingga produk bisa langsung terlihat. Karena orang labih tertarik melihat foto dibanding tulisan. Bagi anda yang ingin untuk menggunakan instagram sebagai sarana jualan online, berikut tips-tipsnya.
AKUN
Buat akun khusus jualan bukan akun pribadi. Kemudian lengkapi dengan nama toko [username] yang singkat, unik, dan mudah diingat. Di bagian bio tulis nama, jenis produk, tempat tinggal, tempat anda berjualan dan nomor telepon/wa. Intinya publikasikan informasi pribadi yang boleh untuk dipublikasikan. Jangan menyembunyikan identitas asli anda.
PROFIL
Buatlah bio yang menarik agar orang percaya dengan bisnis Anda. Bio berguna untuk memberikan informasi tentang brand, bisnis Anda, apa keunggulannya, alamat dan kontak. Buat indentitas sejelas mungkin dan jangan digembok [jangan mengaktifkan fitur ‘private account’.]
NICHE
fokus jualan di satu niche. [ceruk pasar yg spesifik]. Untuk itu buat akun Instagram yang spesifik sesuai dengan produk anda. Kalau bisnis anda boneka maka promosikan dan jual hanya boneka di akun tersebut.
POSTING
Tujuan orang membuka instagram bukan untuk melihat penawaran dari suatu brand. Tapi melihat update-an terkini, melihat foto idola, mencari hiburan, dan menyegarkan pikiran mereka dengan foto-foto yang mengikat emosi. Untuk itu sesuaikan brand Anda dengan tujuan di atas. Relasikan emosi dan suasana hati calon pelanggan dengan produk yang kita tawarkan.
Usahakan Instagram Anda mempunyai aktivitas yang konsisten setiap hari. Bila anda tidak mempunyai foto produk untuk dibagikan, maka posting foto yang menarik atau quote populer. Postinglah di waktu yang efektif seperti  pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, atau 22.00 malam. Namun jangan berlebihan, maksimal 9 foto per-hari.
Tambahkan deskripsi (caption) yang lengkap mengenai produk. Tulis Produk knowledge yang detil seperti bahan yang digunakan, ukuran, warna, harga, cara pemesanan. Caranya bisa tulis langsung di foto atau di bagian kolom foto yang anda posting.
Tidak ada salahnya anda selingi dengan meng-upload foto-foto yang tidak berkaitan secara langsung dengan penawaran barang, tapi masih berhubungan dengan barang yang dijual. Misalnya Anda menjual boneka, maka dapat meng-upload foto tips merawat boneka. Dengan demikian, follower tetap mendapat manfaat dari akun Anda.  
Sebelum posting persiapkan minimal 3 – 9 foto. Untuk mempermudah bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti Instagrid atau geulgram. Berikan konten yang menyentuh emosi audiens. Untuk penjadwalan postingan anda bisa menggunakan aplikasi Hootsuite atau Buffer, sehingga dalam sehari anda bisa upload foto 20-100.
Untuk meyakinkan konsumen ada baiknya anda upload bukti transaksi, foto saat barang dikirim atau testimoni pelanggan. Disamping itu usahakan postingan tidak terlalu kaku. Sekali-kali selipkan humor ringan saat anda upload foto agar orang senang dan tersenyum.  
Untuk meningkatkan popularitas akun anda maka carilah inspirasi dan strategi dimanapun, termasuk dari kompetitor anda. Caranya buka akun kompetitor, analisis foto yang memiliki engagement paling tinggi. Kemudian buatlah konten dengan standar foto tersebut dan lakukan modifikasi.
Setiap kali posting di instagram jangan lupa untuk membagikan ke sosial media lain seperti Facebook. Kemudian cari teman yang menggunakan instagram di facebook kemudian follow mereka. Yang perlu diingat, kurangi strategi hard selling(penjualan langsung) dalam Instagram. Untuk itu gunakan copywriting dalam menulis naskah iklan.
GAMBAR/DESAIN
Kunci sukses di instagram terletak pada pemilihan gambar dan kualitas fotonya. Semakin menarik gambar yang Anda bagikan, interaksi (like dan komentar) akan semakin banyak pula. Tampilkan foto produk dengan desain yang kreatif. Salah satunya dengan menggunakan Photoshop agar hasil lebih maksimal. Perbaiki kualitas foto dan usahakan agar menarik, jelas, fotogenik dan terlihat profesional.
Kemudian jangan rusak profile Instagram Anda dengan foto-foto berkualitas rendah. Hindari foto yang “pecah” dan blur. Sekali lagi tidak ada salahnya mengamati dan meniru akun-akun profesional dalam memposting foto.
Disamping itu setiap foto yang Anda upload sebaiknya senada dan sesuai dengan karakter brand Anda agar mudah dikenali. Dan dibagian akhir lengkapi dengan tulisan yang menarik di atas foto seperti quotes, call-to-action, promosi atau diskon.
HASTAG
Hashtag adalah kata kunci sebuah produk. Hastag harus disertakan setiap meng-upload foto produk. Hastag sendiri berfungsi untuk mengelompokan sebuah topik, memudahkan audiens menemukan apa yang mereka cari, memudahkan orang untuk melihat produk Anda dan membuat produk Anda semakin dikenal.
Buatlah hastag dengan kata yang bervariasi, minimal 3-5 hashtag. Kalau mau menggunakan lebih banyak hashtag, sembunyikan di kolom komentar. Kategorikan semua posting Anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). Kalau anda menjual boneka bikin hastag #bonekabarbie, misalnya. Tambahkan dengan beberapa Hashtag yang berkaitan seperti #Bonekamuslim, #bonekalucu, dll. Jangan lupa untuk mencantumkan hashtag yang paling populer dan sesuai dengan konten postingan kita.
IKLAN
Ketika akun Instagram Anda sudah siap untuk naik level maka lakukan advertising [iklan berbayar]. Diantaranya dengan teknik SFS yaitu saling mempromosikan sesama online shop. Namun SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online shop yang memiliki produk berbeda.
Cara lain adalah dengan endorse produk yaitu berpromosi dengan memberikan produk secara gratis ke selebriti, pejabat dan orang terkenal. Syaratnya mereka harus memposting status yang mempromosikan produk tersebut. Untuk itu cari akun selebriti yang menerima endorse. Tawarkan secara langsung ke para selebriti tadi. Postingnya bisa berupa foto, tulisan rekomendasi, video, dan lain-lain.
KERJASAMA
Jalin kerjasama untuk memperluas jaringan. Caranya kenali siapa yang akan Anda ajak kerjasama. Cari akun-akun Instagram yang punya jumlah followers tinggi.
Kerjasama ini ada dua jenis. Pertama dengan berbayar. Yaitu membayar akun Instagram partner untuk mempromosikan produk kita.[endorsement]. Mintalah mereka untuk mempromosikan akun Instagram Anda ke followers-nya. Sertakan call-to-action kepada pelanggan, Seperti “follow akun Instagram kita” atau “buka link website”. 
Kedua, gratis. Yaitu memberikan produk secara gratis kepada akun Instagram yang akan melakukan promosi. Caranya hubungi calon partner terlebih dahulu kemudian lakukan negosiasi. Setelah ada kesepakatan mintalah dia mempromosikan akun anda.  
Cara lainnya adalah dengan metode ‘shared for shared’. Saling mempromosikan konten masing-masing dengan partner tersebut. Tentunya Anda harus punya followers yang sebanding dengan akun partner tersebut.
PROMO
Promo adalah teknik yang sering digunkan dalam bisnis online. Seperti potongan harga, hadiah atau gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. Caranya minta customer berbagi foto produk Anda dengan menggunakan hastag.
Tingkatkan Engagement dengan Kampanye.  Buatlah sesuatu yang mengajak audiens Anda untuk mengambil action dengan cara yang kreatif. Seperti mengajak audience membuat double tap alias love foto kita. Yang beruntung bakal dapat hadiah.
Tips lainnya tambahkan tulisan harga yang dicoret. berikan harga yang lebih murah di foto produk yang anda upload. Pastikan harga diskon yang anda berikan lebih murah dari kompetitor.
Terakhir lakukan promosi secara halus. Buat foto yang anda upload tidak terlihat seperti foto promosi. Caranya dengan tidak fokus ke produknya.
FOLLOWER
Perbanyak Followers Instagram Anda. Kalau sulit dapat Followers! anda saja yang follow mereka. Tekniknya : Cari – Follow – Interaksi – FollowBack – Unfollow .Kemudian follow pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk Anda. [kompetitor]. follower di toko tersebut merupakan pangsa potensial Anda. 
Follow sebanyak mungkin akun yang sesuai dan lakukanlah secara bertahap. Usahakan cari yang folowersnya banyak dan juga tingkat komen serta likenya tinggi. Lakukan  hingga follower mencapai angka puluhan ribu. Kalau ingin praktis Gunakan tool : Celebgramme. Tool ini membuat akun anda berinteraksi secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target anda.
Lakukan interaksi dengan mereka yang sudah Anda follow. Berikan Love atau  komentar di foto mereka. Komentar tersebut tidak boleh bersifat promosi, penawaran atau jualan. Puji foto mereka karena orang senang dengan pujian, tapi jangan berlebihan. Berikan kesan yang positif kepada brand Anda sendiri.
Setelah followers kita meningkat, lakukan unfollow untuk memperkecil jumlah following kita. Dari pada timeline Instagram Anda dipenuhi oleh update-an dari calon pelanggan, lebih baik penuhi timeline dengan akun Instagram kompetitor atau akun yang bisa menginspirasi.
RESPON
Respon secara cepat dan sabar bila ada chatting atau komentar. Follow dan komentari orang yang menggunakan hashtag yang sama. Like dan komentari foto teman (Followers) dan foto di setiap hashtag yang anda target. Pastikan anda aktif dengan mereka agar akun anda terlihat di publik.
Disamping itu hindari spam [promosi di sembarangan tempat] dan komentar sembarangan. Jalinlah hubungan dengan audiens secara natural, selayaknya kita melakukan pertemanan.
EMAIL LIST
Kumpulkan email list dari Instagram. Caranya buat call-to-action singkat dan menarik di bio beserta link menuju lead page. Post konten yang isinya promosi sesuatu yang bisa ditukar dengan email. Beri perintah di konten yang baru Anda posting, agar audiens klik link yang ada di bio. Bila Audience klik link, Anda akan mendapatkan email list dari Instagram.

No comments:

Post a Comment