28 April 2018

MEMBANGKITKAN KEPEMIMPINAN DALAM DIRI


Berbicara tetang kepemimpinan adalah berbicara tentang kehidupan. Karena hidup kita tidak lepas dari yang namanya pemimpin. Bahkan bila ada tiga orang saja berkumpul kemudian melakukan perjalanan atau aktifitas tertentu maka sudah harus dipilih salah seorang menjadi pemimpin.

Begitupun dalam dunia bisnis, kepemimpinan merupakan masalah yang vital. Sebuah perusahaan bisa hancur gara–gara pemimpinnya tidak bisa dipercaya dan tidak bertanggungjawab.

Begitu banyak cerita-cerita tragis tentang bangkrutnya sebuah perusahaan besar karena pemimpinya tidak menjalankan fungsinya sebagai pemimpin. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas kiat-kiat mengenai kepemimpinan secara praktis dan sederhana sehingga bisa menuntun kita untuk menjalankan kepemimpinan kita dengan baik.  

Apa yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin
Saat ini banyak sekali orang yang ingin menjadi pemimpin, baik menjadi pemimpin partai politik, pemimpin daerah atau pemimpin organisasi kemasyarakatan. Namun kenyataannya banyak yang lupa dengan janji yang harus ditunaikan setelah menjadi pemimpin. Akibatnya tidak sedikit pemimpin yang berakhir degan kegagalan. Bahkan diturunkan oleh orang yang memilihnya dahulunya. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita mengetahui apa saja tugas seorang pemimpin agar berujung dengan keberhasilan.
  1. Berpikirlah tentang visi masa depan. Visi yang terus dibayangkan akan  mempercepat sampai pada tujuan dan akan memandu langkah kita sehingga tidak kehilangan arah.
  2. Luangkan waktu untuk merenung dan berpikir. Tetapkan apa yang akan dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan. Karena berpikir sejenak akan membuat pekerjaan kita lebih terarah.
  3. Seorang pemimpin harus menetapkan target. Tetapkan target yang akan dicapai pada awal kepemimpinan. Kemudian sampaikan secara berkala agar tidak kehilangan arah.
  4. Pemimpin harus terus melalukan perbaikan, baik terhadap diri maupun organisasinya. 
  5. Pemimpin mengharapkan kritik dan masukan dari orang lain. Karena tanpa kritikan yang membangun, sulit bagi seorang pemimpin untuk mengukur tingkat keberhasilannya.
  6. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mensinergikan potensi bawahannya sehingga melahirkan sebuah tim yang solid.

No comments:

Post a Comment